Nexus 6 Dibatalkan Untuk Android Silver, Kini Google Juga Siapkan Nexus 9?

Android-Silver-2

Awal April 2014 lalu, mulai berkembang rumor jika Google saat ini tengah menyiapkan program Android Silver. Program tersebut menempatkan Google dan perusahaan hardware bekerjasama dalam menghadirkan standarisasi kualitas hardware, serta dijadwalkan baru akan muncul efeknya tahun depan. Program ini semacam seri Nexus, namun sejauh ini belum jelas apakah bakal menggantikan lini smartphone dan tablet Nexus, walaupun rumor yang berkembang Nexus 6 dibatalkan pengembangannya. Selain itu, juga banyak yang menyebutkan jika Android Silver disiapkan Google untuk menandingi Apple dengan iOS-nya, dengan melahirkan jajaran produk baru yang lebih premium, serta prioritas utama update software dari Google. Satu nama yang dipastikan masuk terlibat adalah LG, yang kabarnya Android Silver pertama mereka akan langsung menggunakan chipset kelas wahid dari Qualcomm, yaitu Qualcomm MSM8994 dengan delapan core prosesor 2.0 GHz serta GPU Adreno 430.

Android Silver masih tahun depan, dan untuk saat ini Nexus masih menjadi penawaran utama smartphone / tablet dari Google. Menjelang berlangsungnya Google I / O pada 25 dan 26 Juni besok, ada satu nama yang juga mulai muncul awal Mei lalu, yaitu HTC Volantis (dengan kode Flounder), sebuah tablet Nexus dengan dimensi layar 8.9-inchi. Tablet yang sementara ini disebut sebabagi Nexus 9 (karena dimensi layarnya) tersebut menggunakan layar dengan ukuran 8.9-inchi pada resolusi 2048 x 1440-pixel dan 281ppi, chipset nVidia Logan 64-bit processor (familiar dengan nama Tegra K1), 2GB RAM, 16/32GB internal storage, kamera 8MP dengan OIS, kamera depan 3MP, casing dengan konstruksi aluminium zero-gap, speaker stereo yang menghadap depan, dimensi 22.63 x 15.19 x 0.79-cm dan berat 418-gram. Dari dimensinya, sepertinya Volantis ini jika benar eksis lebih besar dan berat (namun lebih premium berkat casing aluminium) dibandingkan tablet lain sekelasnya.

HTC-Volantis-Nexus-9

HTC-Volantis-Nexus-9-1

Untuk perkiraan harganya, Volantis juga sudah meninggalkan bayangan “terjangkau” dari sebuah tablet Nexus, karena rencananya bakal dijual mulai dengan harga US $399 untuk varian 16GB, dan yang 32GB + 4G LTE meningkat menjadi US $499. Nexus tablet berlayar 8.9-inchi ini pun juga dikabarkan akan mulai hadir akhir tahun ini, dan kehadirannya dalam event Google I / O 2014 ini sepertinya juga tidak bisa dipastikan. Kita tunggu saja kabar selanjutnya, apakah benar Android Silver nantinya balal menggantikan seri Nexus.

Sumber: Evleaks, AndroidPolice


SHARE
Previous articleEye Candy: Kumpulan Concept Art Menarik dari Maleficent
Next articleEA: Battlefield Tidak Akan Menjadi Franchise Tahunan
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.