Developer Ini Habiskan Waktu 13 Tahun Hanya untuk Membuat Sebuah Game

Mungkin kamu seringkali mendengar kisah satu developer yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan game-nya. Sebut saja Silicon Knights yang mengembangkan Too Human bahkan dimulai sejak 1999, sedangkan game-nya sendiri baru dirilis pada tahun 2008. Yang menyedihkan lagi, budget besar dan waktu sembilan tahun yang digunakan untuk mengembangkan game ini menuai hasil yang mengecewakan, dimana Too Human kurang disukai di pasaran. Ujung-ujungnya, Silicon Knights pun dikabarkan bangkrut yang menyebabkan dibatalkannya pengembangan beberapa game lainnya.

Too Human membutuhkan waktu sembilan tahun untuk mengembangkannya. Namun, apa yang dilakukan oleh Adam Butcher ini saat mengembangkan game-nya, Tobias and the Dark Sceptres ini ternyata membutuhkan waktu lebih lama: 13 tahun! Ya, Adam memulai pengembangan game ini sejak dirinya masih berumur 14 tahun, dan tahun ini saat usianya menginjak 27 tahun, dia sudah merampungkan game ini.

Tobias and the Dark Sceptres ini adalah sebuah game platformer yang dipenuhi banyaknya unsur puzzle di dalamnya. Selama mengembangkan game ini, Adam mengaku bahwa dirinya mengalami banyak masalah, yang menyebabkan pengembangannya tertunda hingga sekian lama. Salah satunya adalah kehabisan ide saat mengembangkan beberapa bagian tertentu. Namun, karena keinginannya yang sangat kuat untuk mengembangkan game sendiri dan ia ingin semuanya berjalan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat, dia pun dengan sabar mengembangkannya hingga benar-benar jadi dan bisa dimainkan tahun ini.

Developer Ini Habiskan Waktu 13 Tahun Hanya untuk Membuat Sebuah Game

Seorang developer game, Adam Butcher membutuhkan waktu 13 belas tahun untuk mengembangkan game-nya, Tobias and the Dark Sceptres. Seperti apa game yang bisa dimainkan secara gratis ini?

Abaikan

Dalam video yang diunggahnya, Adam menceritakan bagaimana proses pengembangan game ini, dan memberikan tips kepada para developer untuk menghindari beberapa hal yang sudah membuat pengembangan game-nya menjadi sedemikian lama. Game ini pun sudah dirilis dan kamu bisa memainkannya dengan gratis. Ternyata Adam mengembangkan game karena sesuai dengan passion-nya, bukan untuk dijual dan mencari uang. Tetapi apabila kamu ingin mendukung Adam dan juga passion-nya dalam membuat game, kamu bisa membantunya dengan membeli Soundtrack game-nya. Harganya? Kamu bebas menentukannya, tidak ada nominal minimum untuk harganya.

Tertarik untuk mencoba game yang dibuat selama 13 tahun ini? Kamu bisa men-download installer-nya di alamat ini. Dan apabila kamu ingin mendukung Adam dengan membeli Soundtrack game-nya, kamu bisa membelinya melalui alamat ini.

[Sumber: GameInformer/Official Site]


SHARE
Previous articleLG G3, Smartphone Pertama Dengan Fokus Laser, Dijual di Indonesia Mulai 27 Juni
Next articleFORMI Resmikan IeSPA Sebagai Wadah Para Gamer untuk Berprestasi
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.