FORMI Resmikan IeSPA Sebagai Wadah Para Gamer untuk Berprestasi

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bertempat di Gedung Serba Guna Senayan, Asosiasi Olahraga Elektronik Indonesia secara resmi dikukuhkan oleh Pengurus Nasional Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) atau Indonesia Sport For All Federation. Peresmian ini ditandai dengan Bapak Hayono Isman sebagai ketua FORMI menyerahkan bendera IeSPA kepada Bapak Eddy Lim, yang ditunjuk menjadi ketuanya untuk periode 2014-2019 dan dilanjutkan dengan penandatangganan serah terima jabatan. Sesuai UU Sistem Keolahragaan Nasional (UU Nomor 3 tahun 2005), FORMI merupakan institusi resmi yang mendapat amanat membina olahraga rekreasi di Indonesia.Acara pengukuhan ini juga disaksikan oleh KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Pusat, KONI DKI Jakarta, dan DISPORA (Dinas Pemuda olahraga). Serta official partner mereka seperti Lyto, Garena, Megaxus dan Tecno Solution.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

IeSPA1

Asosiasi Olahraga Elektronik Indonesia atau yang dikenal dengan IeSPA secara resmi berdiri pada tanggal 1 April 2013 dan bertugas menjadi wadah bagi para pemain dan penggiat e-Sports di Indonesia untuk menyalurkan aspirasi, apresiasi dan prestasi mereka. E-Sports jika didefinisikan merupakan istilah lain bagi permainan video games kompetitif (competitive video gaming).

IeSPA adalah sebuah wadah dalam bentuk asosiasi, jadi dalam hal ini sebenarnya semua orang yang ingin memajukan e-Sport di Indonesia, berhak mendapat kesempatan untuk menjadi anggota. Tentunya ada syarat serta ketentuan yang harus dipatuhi. Tidak hanya itu anggota juga harus mengerti tentang visi, misi dan tujuan awal dari IeSPA.

Di Indonesia IeSPA akan menaungi bagi mereka para gamer yang berprestasi, ini sesuai dengan visi yang dimiliki oleh IeSPA yaitu “terwujudnya Indonesia sebagai Negara yang berprestasi dan disegani di bidang e-Sports,” sedangkan diluar negeri atau dikancah Internasional IeSPA merupakan anggota resmi bagian dari International e-Sports Federation (IeSF).

Rencana kedepannya IeSPA telah mengagendakan untuk menyelenggarakan secara rutin kegiatan kejuaraan-kejuaraan resmi yang tentunya diakui dan didukung oleh pemerintah Republik Indonesia, sekaligus juga bercita-cita untuk memperbaiki sikap dan perilaku para gamer yang selama ini dipersepsikan dan diberitakan negatif.

Tentu ini merupakan berita yang sangat bagus dan dinanti-nanti bagi seluruh penggila e-Sports di Indonesia yang selama ini mereka dambakan adanya sebuah wadah agar prestasi mereka dalam bermain video games bisa diakui dan diapresiasi oleh Negara. Bahwa para gamer sekarang memiliki wadah resmi untuk menyalurkan prestasi mereka. Diharapkan dengan adanya wadah seperti ini dapat mengubah paradigma negatif terhadap para gamer. Semoga kedepannya para pelaku gamer di Indonesia bisa diakui dan disegani di kancah Internasional.


SHARE
Previous articleDeveloper Ini Habiskan Waktu 13 Tahun Hanya untuk Membuat Sebuah Game
Next article2nd FGT Crazy Shooter Sambangi 5 Kota Besar
Dunia game adalah dunianya, terutama dengan game PC Action War merupakan favoritnya. Perangkat gadget, bermain mobile games adalah hobi sampingan, dia juga suka merakit computer biar bisa ngerasain performance yang maksimal waktu main game.