Transformers: Age of Extinction, Dinobots Membuka Awal Trilogi Baru

Transformers-Age-of-Extinct

Kilas balik beberapa tahun lalu saat mengembangkan Transformers: Revenge of The Fallen, Michael Bay pernah mengungkapkan bahwa dirinya ingin menghadirkan Dinobots di tengah-tengah pepe-rangan antara Autobots dan Decepticons di bumi. Sayang, rencana tersebut harus ditunda beberapa tahun dan hasilnya Dinobots pun urung muncul dalam Revenge of The Fallen maupun Dark of The Moon. Setelah tiga film menghadirkan pertempuran Autobots dan Decepticons, akhirnya kesempatan tersebut datang juga. Dinobots akhirnya muncul dalam film keempat, Age of Extinction yang sekaligus menandai trilogi baru Transformers, yang mulai tayang di bioskop Indonesia hari ini, 25 Juni 2014.

Transformers-Age-of-Extin-5

Trilogi baru? Ya, Michael Bay sudah mengkonfirmasikan bahwa film kali ini merupakan awal dari trilogi baru yang disiapkan untuk Transformers meskipun ber-setting empat tahun setelah event dalam Dark of The Moon selesai. Karena menghadirkan trilogi baru, tidak ada nama Sam Witwicky dan Kolonel William Lennox yang ikonik dalam judul keempat ini, melainkan beberapa karakter baru seperti pasangan ayah dan anak, Cade Yeager (Mark Wahlberg) dan Tessa Yeager (Nicola Peltz), dan juga seorang pembalap Shane Dyson (Jack Reynor). Pertanyaannya, jika ber-setting empat tahun setelah event Dark of The Moon, kemana Sam, William, dan karakter-karakter yang lainnya?

Transformers-Age-of-Extin-6

Sebelumnya kita simak dulu sinopsis dalam film ini. Dikisahkan empat tahun setelah event invasi di Chicago (event dalam Dark of The Moon) lalu, seorang mekanik dan putrinya secara tidak sengaja mengaktifkan Optimus Prime kembali. Siapa sangka, kebangkitan Optimus Prime kembali menghadirkan pertempuran Autobots dan Decepticons di bumi. Keadaan semakin diperparah dengan kehadiran agen rahasia pemerintah, yang rupanya masih mengalami paranoid kehadiran mereka akan kembali membawa bumi terancam kehancuran. Bagaimana nasib bumi selanjutnya?

Transformers-Age-of-Extin-7

Banyak penggemar Transformers (termasuk penulis) penasaran, bagaimana Michael Bay nantinya mengemas cerita Transformers dengan menghilang-kan karakter-karakter ikonik sebelumnya, padahal film ini mengambil setting waktu hanya empat tahun setelah event dalam film sebelumnya. Michael Bay sendiri tidak mau berkomentar terlebih dahulu mengenai nasib dari Sam dan kawan-kawan, dan semoga saja Michael Bay bisa membuat sebuah kisah yang logis dengan hilangnya semua karakter manusia dari film sebelumnya ini.

Kehadiran Dinobots diyakini akan menambah keseruan dari film ini, dan membuka kemungkinan bahwa Dinobots akan memegang peranan penting bukan hanya di film ini saja, melainkan juga dua film trilogi baru ini selanjutnya.

Transformers-Age-of-Extin-9

Saat proses produksi Dark of The Moon dulu ber-langsung, Michael Bay dan Shia LaBeouf sang pemeran Sam Witwicky sempat mengkonfirmasikan bahwa film tersebut adalah aksi terakhir mereka dalam film Transformers. Padahal, pada saat itu pihak rumah produksi sudah mempunyai keputusan yang bulat, bahwa akan ada film keempat dari franchise ini. Beberapa nama pun dirumorkan bakal menjadi pengganti Bay, antara lain Roland Emmerich, David Yates, dan Joe Johnston. Untuk pengganti Shia sendiri, nama Jason Statham dirumorkan bakal mengisinya, bahkan dikabarkan Statham akan melakukan syuting dua film Transformers langsung secara berkelanjutan.

Transformers-Age-of-Extin-8

CEO dari Hasbro, Brian Goldner sendiri hanya mau mengerjakan film keempat jika Steven Spielberg, Bay dan Paramount kembali bekerja sama. Spielberg sendiri secara pribadi menginginkan Bay kembali untuk membesut film keempat ini. Akhirnya setelah melalui negosiasi yang cukup alot, Paramount dan Bay mengkonfirmasikan kembalinya mereka dalam film keempat ini. Film kelima dan keenam sendiri rumornya sudah siap dikembangkan, namun Bay masih belum yakin apakah dirinya akan kembali terlibat atau tidak.

Transformers-4-Human

Cade Yeager (Mark Wahlberg)

Seorang penemu yang secara tidak sengaja menemukan dan mengaktifkan sebuah bangkai Transformers. Ternyata, apa yang dilakukannya tersebut menjadi penyebab rangkaian kejadian yang akan kita temui di dalam film.

Shane Dyson (Jack Reynor)

Pembalap mobil yang juga merupakan kekasih dari Tessa. Untuk mendapatkan peran menjadi Shane Dyson ini, Jack Reynor berhasil menyisihkan beberapa kandidat lain, seperti Luke Grimes, Landon Liboiron, Brenton Thwaites, dan Hunter Parish.

Tessa Yeager (Nicola Peltz)

Putri dari Cade, yang akhirnya terlibat dalam pertempuran bersama dengan kekasihnya yang juga merupakan seorang pembalap, Shane Dyson. Shane sendiri merupakan sosok yang misterius, namun dalam sebuah trailer dia ditampilkan muncul bersama dengan Tessa dan Cade.

Transformers-Age-of-Exti-11

Joshua Joyce (Stanley Tucci)

Seorang desainer yang sombong dan ingin membuat robot sendiri. Untuk membuat robot, dia dibantu oleh asistennya Darcy yang diperankan oleh Sophia Myles.

Trivia

  • Wujud mobil dari Bumblebee dalam film ini ada dua macam. Pertama 1967 Chevrolet Camaro SS dan yang kedua lebih modern, 2014 Chevrolet Camaro Concept. Bumblebee juga tampak lebih kekar dalam film ini.
  • Awalnya, peran Cade Yeager ini ditawarkan kepada Dwayne Johnson alias The Rock. Namun karena jadwal syuting yang bentrok dengan filmnya yang lain, Hercules, akhirnya The Rock menolak tawaran ini.
  • Mark Wahlberg meminta rumah produksi untuk mengikutsertakan keempat putra putrinya, Ella Rae, Michael Robert, Brendan Joseph dan Grace Margaret ke dalam film. Alasannya, karena keempat anaknya tersebut merupakan penggemar berat dari Transformers. Akhirnya pihak rumah produksi menyetujui hal tersebut, dan keempatnya akan muncul sebagai cameo dalam film ini!
  • Rumah produksi melakukan pengambilan gambar salah satu adegan penuh aksi di sebuah museum kereta api. Selama di sana, Michael Bay mengajak seluruh pemeran dan kru untuk menjajal kereta di sana. Selain itu, Mark Wahlberg juga memberikan donasi sebesar US $40.000 kepada museum. Michael Bay juga tidak ketinggalan membeli sebuah Derek antik buatan tahun 1930 yang memiliki tulisan “Bay City” di tubuhnya. Rencananya, Bay akan memperbarui Derek tersebut, dan meletak-kannya di salah satu peternakannya yang ada di Montana.

Transformers-Age-of-Exti-12

  • Dinobots dalam film ini dibuat berdasarkan Predacons dari serial animasi Transormers Prime. Dikisah-kan, Dinobots adalah sekelompok Trans-formers kuno yang mengambil bentuk makhluk ganas di bumi.
  • Menurut Michael Bay, film ini adalah film Transformers dengan durasi terpendek yang pernah ia buat.
  • Untuk memuluskan proses syuting di Tiongkok, Paramount Pictures bekerja sama dengan dua perusahaan film di sana, yaitu China Movie Channel dan Jiaflix Enterprises.
  • Galvatron dalam film ini terinspirasi dari Nemesis Prime yang muncul dalam Transformers Prime. Nemesis Prime adalah sebuah robot yang dibuat oleh manusia yang merupakan duplikat dari Optimus Prime.

SHARE
Previous articleAyo Memilih! Program Capres Prabowo Mengenai Ekonomi Kreatif
Next articleMengarungi Laut, Harta Karun, dan Ordo Rahasia bersama Novel Assassin’s Creed Black Flag
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.