Freedom Wars, Ketika Para Kriminal Bersaing Untuk Mencari Kebebasan

Freedom-Wars-1

  • Developer: SCE Japan Studio, Shift, Dimps
  • Publisher: Sony Computer Entertainment
  • Platform: PlayStation Vita
  • Release Date: 26 Juni 2014 (Jepang)
  • Genre: Action RPG

Tahun lalu Sony menggoda kita dengan sebuah game yang sedang mereka kembangkan, dan disebut sebagai “Panopticon.” Dan akhirnya mereka mengkonfirmasikan jika game tersebut ternyata eksklusif untuk PS Vita dengan judul Freedom Wars.Freedom Wars merupakan sebuah game ‘Multiplayer Action’, dan sudah dirilis di Jepang 26 Juni 2014 kemarin, disusul kemudian di Amerika Utara dan Eropa dengan tanggal rilis yang belum dipastikan.

Freedom-Wars-15

Game ini berpusat di “Panopticon,” yang ternyata menjadi region di mana Freedom Wars mengambil setting, sebuah kota di masa depan dengan keadaan yang sudah kacau dengan kekerasan terjadi dimana-mana. Dunia juga digam-barkan dalam kondisi hancur karena sumber daya alam yang habis, dan pertumbuhan populasi manusia yang terhenti, bisa jadi karena banyak yang sudah tewas di tengah perang.

Freedom-Wars-2

Mengambil setting 102013, atau 100,000 tahun di masa depan. Saat itu periode waktu dikenal sebagai PT Era. Kita juga bakal mendapat gambaran perbedaan antara tahun AD2013, yang masih fresh dalam ingatan kita bagaimana keadaan Bumi tahun lalu, dan ternyata begitu kontras perbedaannya dengan tahun 102013 yang menjadi fokus dalam game. Misalnya, pada tahun 2013 populasi dunia diperkirakan berjumlah 7 trilyun, namun di masa depan jumlah tersebut secara signifikan berkurang (tidak disebutkan jumlahnya). Keadaan lain, pada tahun 2013 di London ada 4,200,000 kamera di tempat umum, namun di PT Era 102013 angka tersebut membengkak menjadi 12,984,450,000 di Panopticon. Peningkatan lain juga terjadi di jumlah kriminal, rasio antara pria dan wanita di masa depan menjadi setara, angka kematian dan juga rasio kepemilikan senjata meningkat pesat.

Freedom-Wars-8

Game ini mengangkat tema masalah ledakan penduduk, sehingga sebuah solusi ekstrim dilakukan untuk menekannya: setiap orang yang ditemukan melakukan tindak kriminal langsung dianggap bersalah, tidak peduli apakah mereka memang bersalah atau tidak, dan dipaksa bertarung dengan monster raksasa sebagai hukumani. Monster yang dikenal sebgaai “Abductors” (disebut demikian karena mereka menangkap penduduk), akan mengurangi tingkat kriminal orang yang dianggap bersalah tadi. Panopticon memiliki Abductor buatannya sendiri, yang nanti digunakan sebagai senjata melawan Abductor yang lain.

Freedom-Wars-3

Para Abductor ini memiliki kekuatan penghancuran yang luar biasa, bahkan sanggup membunuh seseorang hanya dalam sekali serang!

Karena itulah, dari awal permainan karakter utamamu sudah mendapat label status Criminal penjara jutaan tahun dari lahir, dan diharuskan melawan Abductor. Ketika kamu bermain multiplayer, kamu juga bisa melihat berapa tahun status kriminal karakter pemain lain. Makin sedikit tahunnya, maka mereka dipastikan karakter kuat yang sudah berhasil membantai banyak Abductor.
Freedom Wars yang merupakan sebuah “multi-player action”, dan mekanis gameplay seperti squad-based dengan peta yang menunjukkan wilayah Jepang. Selama permainan, kamu bakal mendapati tampilan Yahoo Maps dari region Shibuya, namun dengan ikon yang menandai seperti pemain game yang berada di daerah tersebut. ini tidak salah, karena memang game ini menerapkan fungsi GPS dalam Vita, near.

Freedom-Wars-24

Mode multiplayer di Freedom Wars menjadi salah satu fitur terbesarnya. SCEJ selaku publisher menghadirkan mode kooperatif dan kompetitif, dengan maksimal delapan orang pemain yang bisa bermain bersama secara bersamaan! Wow, rasanya mode multiplayer di sini jauh lebih besar dibanding daripada seri Monster Hunter, God Eater, atau game-game berburu lainnya. Dengan kehadiran Freedom Wars, Vita sepertinya mulai merengkuh pola permainan multiplayer bagi para pemainnya, yang memang asyik jika dimainkan beramai-ramai. Sebelumnya para pemilik Vita pasti sudah terlena dengan kehebohan Ragnarok Odyssey, Soul Sacrifice, hingga Toukiden. Bagaimana dengan-mu, siap untuk bermain bersama melawan para Abductor dan menyelamatkan warga Panopticon?

Freedom Wars – Announce Trailer

Freedom Wars, Ketika Para Kriminal Bersaing Untuk Mencari Kebebasan

PS Vita mendapatkan satu game keren dari Sony, yaitu Freedom Wars. Game ‘Multiplayer Action’ ini mengangkat tema keadaan Bumi ratusan ribu tahun di masa depan, dan bagaimana manusia harus berusaha keras untuk bertahan hidup.

Abaikan

Freedom Wars – Cinematic Trailer

Freedom Wars, Ketika Para Kriminal Bersaing Untuk Mencari Kebebasan

PS Vita mendapatkan satu game keren dari Sony, yaitu Freedom Wars. Game ‘Multiplayer Action’ ini mengangkat tema keadaan Bumi ratusan ribu tahun di masa depan, dan bagaimana manusia harus berusaha keras untuk bertahan hidup.

Abaikan

Dedikasikan Dirimu Untuk Satu Dari 47 Panopticon

Ada 47 Panopticon di dalamnya (di mana tiap Panopticon mewakili 47 prefektur di Jepang). Tiap Panopticon di sini akan saling bersaing dan kamu bisa berpartisipasi di dalamnya melalui City-State War Mode. Kamu mewakili Panopticon tempat tinggalmu dan keluar untuk mencari sumber daya dan tentu saja menginvasi Panopticon lainnya.

Freedom-Wars-17

Panopticon yang sudah berkembang bisa jadi menguasai Panopticon lain, dan ada leaderboard khusus yang membandingkan status tiap Panopticon dalam City-State War Mode ini. Jadi para tahanan akan saling bertarung dan bersaing demi Panopticon tempat tinggalnya.Selain bertarung satu sama lain, tiap tahanan bisa mengumpulkan beragam sumber daya, salah satunya adalah bagian-bagian atau suku cadang Abductor yang berkeliaran. Tidak diketahui apakah suku cadang Abductor tersebut benar-benar bisa digunakan. Tapi ada juga Abductor buatan yang bisa dikembangkan, salah satunya bernama Kabuto. Abductor buatan ini berjalan dengan dua kaki rampingnya, dan memiliki landasan dengan tembak raksasa di badannya. Dia benar-benar lincah dan cocok untuk bertarung dalam jarak dekat.

Freedom-Wars-10

Para tahanan yang berkontribusi untuk Panopticon-nya akan mendapatkan imbalan menarik, salah satunya adalah kustomisasi Accessory (android yang menjadi partner-mu saat menjalankan misi). Kustomisasi ini termasuk kustomisasi suara yang bisa dilakukan pada saat permainan berlangsung.

Freedom-Wars-9

Menariknya, dengan menggunakan aplikasi near PS Vita yang mengaplikasikan langsung untuk City-State War Mode, pemain di Asia bisa juga bermain untuk membela wilayah mereka secara nyata. Dengan membela wilayah mereka, kota tersebut akan berkembang. Hal itu cukup bisa dilakukan dengan log-in dan melakukan misi Volunteer dalam keseharian selama memainkannya. Jadi pastikan untuk selalu berkontribusi dalam pertarungan Panopticon.

Accessory, Android yang Setia Menemani Semua Misimu

Kamu tidak akan bertarung sendirian, karena akan ada android pembantu yang dikenal dengan nama “Accessory”. Para Accessory ini dibuat oleh penghuni Panop-ticon, sebagai cara untuk mengawasi para Criminal dan akan selalu mengikuti mereka ke manapun, untuk memastikan mereka tidak melanggar peraturan.

Freedom-Wars-12

Kamu dapat mengkustomisasi Accessory-mu dengan bebas, termasuk penampilan, AI, dan gaya berbicaranya. Sebagai tambahan, kamu bisa saling bertukar data Accessory yang telah dikustomisasi dengan pemain lain. Mereka juga akan membantumu bertarung melawan Abductor. Tapi hati-hati, mereka juga bisa ditangkap oleh Abductor seperti yang lainnya, jadi kamu harus mengawasi mereka agar tidak tertangkap.

Freedom-Wars-11

Kustomisasi Accessory ini juga sampai ke suaranya, di mana kamu bisa mengganti-ganti aksen, tinggi suara, volume, intonasi, hingga kecepatan berbicaranya. Hal ini diperjelas oleh tiga orang pengembang Freedom Wars, di mana mereka membi-carakan tentang partner yang bisa menjadi tsundere dengan Speech Synthesis. Mereka antara lain desainer game Shift (sekaligus pengembang seri God Eater) Toshiyuki Yasuki, sutradara Dimps (pengembang Sonic the Hedgehog 4) Takashi Tsukamoto, dan Junichi Yoshizawa dari SCE World Wide Studio.

Freedom-Wars-5

“Freedom Wars memungkinkan hingga delapan pemain untuk bermain bersama, dan tiap pemain dapat membawa satu partner androidnya yang disebut “Accessories”. Jadi ketika kamu bermain dengan tujuh pemain lainnya, maka akan ada 16 karakter yang bergerak secara bersamaan,” ungkap Yoshizawa.

“Awalnya, kita juga berpikir “apakah kamu bisa benar-benar melakukannya di PS Vita?”,” ucap Tsukamoto sambil tertawa. “Tapi, sebagai tambahan untuk karakter utama, Yasui dan yang lainnya menginginkan Accessories, senjata, kostum, dan wajah karakter bisa dikustomisasi juga.”

Freedom-Wars-6

“Kamu tidak hanya bisa mengkustomisasi penampilan Accessories-mu, tapi kamu juga bisa memasukkan kata-katamu sendiri, dan mengatur agar Accessoris mengatakannya menggunakan Speech Synthesis,” tambah Yasui. “Bagi kita, ini seperti sebuah fitur yang hanya berlaku di Jepang, karena bahasa Jepang sebagian besar terdiri dari suku kata, jadi kecil kemungkinan untuk salah pengucapan.”

Freedom-Wars-25

“Kamu bisa membuat mereka memanggilmu “Master” atau “No” dalam gaya berbicara ala karakter tsundere, jadi semua pemain bebas untuk mengatur kata-kata Accessories-nya sesuka hati,” ucap Tsukamoto. “Beragam hal seperti senjata juga bisa dikustomisasi, jadi membawa senjata untuk permainan multiplayer kompetitif atau kooperatif juga sangat menyenangkan.” Dengan demikian dapat disimpulkan, menggunakan fitur Speech Synthesis di Freedom Wars benar-benar membuatmu bebas untuk mengatur gaya berbicara Accessories-mu. Tentunya ini adalah fitur yang benar-benar menjanjikan terutama bagi pemain yang sangat memperhatikan suara-suara khas seiyuu karakternya.

Berikut video khusus yang menjelaskan mengenai fitur Accessories tersebut.

Freedom Wars, Ketika Para Kriminal Bersaing Untuk Mencari Kebebasan

PS Vita mendapatkan satu game keren dari Sony, yaitu Freedom Wars. Game ‘Multiplayer Action’ ini mengangkat tema keadaan Bumi ratusan ribu tahun di masa depan, dan bagaimana manusia harus berusaha keras untuk bertahan hidup.

Abaikan

Freedom-Wars-27 Freedom-Wars-26

Enam Jenis Senjata Siap Dipilih Untuk Menghancurkan Abductor

Kamu akan melawan para Abductor dengan beragam jenis senjata, yang terbagi menjadi enam kategori (baik senjata jarak dekat yang menggunakan mata pisau, dan senjata jarak jauh). Senjata-senjata tersebut bisa memotong atau menghancurkan bagian-bagian tertentu dari Abductor yang kamu lawan. Serta tidak ketinggalan kemampuan spesial masing-masing senjata, dan bisa dipadukan dengan penggunaan Thorn Whip.

Freedom-Wars-4

Thorn Whip atau cambuk duri ini adalah perlengkapan spesial yang digunakan oleh para Criminal untuk mobilitas. Akan ada banyak jenis Thorn Whip yang bisa di-upgrade dengan kekuatan dan kemampuan baru.

Cambuk multifungsi ini bisa digunakan untuk mengambil item, membantu selama aktivitas platforming, menarik musuh, atau memulihkan rekan setimmu yang terkapar. Kemudian untuk navigasi senjata, kamu bisa men-switch selama permainan dengan tombol atas dan bawah. Seperti senjata jarak dekat yang idel untuk pemain yang sudah ahli karena resiko penggunaannya lebih besar, sedangkan senjata jarak jauh seperti assault rifle dan rocket launcher yang selain lebih mudah digunakan, juga aman karena membuat karakter menjaga jarak.

Freedom-Wars-23

Tiap senjata memiliki tingkat kelangkaan masing-masing, dan akan ada perbedaan performa untuk senjata dalam tingkat kelangkaan yang sama. Ada juga senjata yang memiliki efek spesial Modular. Di sini kamu bisa memasang dan memakai dua senjata, sedangkan Accessory hanya bisa menggunakan satu senjata saja. Bahkan kedua senjata tersebut bisa berasal dari jenis yang sama. Tak hanya itu, kamu juga dapat menggunakan senjata-senjata yang dijatuhkan oleh musuh!

Freedom-Wars-7

Berikut adalah keenam jenis senjata yang bisa kamu pilih di sini. Pertama adalah Small Sword, pedang kecil yang ringan dan bisa digunakan untuk menyerang terus menerus sehingga musuh tak berkutik. Senjata ini memiliki fungsi yang dapat menghancurkan persendian Abductor. Kedua adalah Large Sword, pedang besar yang berat dan bisa kamu charge untuk tiap serangannya. Ketiga adalah Spear, dapat menyerang baik dari depan maupun belakang. Ketika berada dalam kondisi kritis, semua seranganmu akan meningkat. Keempat adalah Personal Carrying Firearm, pistol kecil yang cukup kuat dengan tembakan beruntun. Kamu bisa menggunakannya ketika bergelantungan dengan Thorn Whip. Kelima adalah Multipurpose Firearm, senjata api yang lebih kuat namun dengan kapasitas peluru yang kecil. Dan terakhir adalah Squad Support Firearm, serangannya kuat dan memiliki kemampuan bertahan, hanya saja berat dan kapasitas pelurunya kecil.

Freedom-Wars-22

Memilih senjata yang tepat dengan gaya bermainmu akan memudahkanmu melawan para Abductor.

Mengenal Lebih Dekat Senjata dan Thorn Whip

Kendali senjata dan Thorn Whip dalam Freedom Wars ternyata mudah dilakukan. Thorn Whip secara mudah dapat dikeluarkan dengan menekan tombol X setelah mengarahkan kamera, dan kemudian tekan tombol R untuk membuat karaktermu melesat ke arah Thorn Whip tersebut melekat. Thorn Whip memiliki bar energi yang akan berkurang ketika digunakan, namun akan pulih sendiri seiring dengan berjalannya waktu. Cambuk duri tersebut juga bisa digunakan untuk mengambil item ataupun memulihkan temanmu yang sedang terkapar di pertempuran. Tak hanya itu, kamu bahkan dapat menembakkan Thorn Whip dan melekatkannya ke Abductor, kemudian menariknya sehingga terjatuh. Melakukan hal tersebut dengan pemain lain atau temanmu akan membuatnya jauh lebih efektif dibanding melakukannya sendirian.

Freedom-Wars-19

Untuk mengganti senjata, tinggal tekan tombol atas atau bawah pada D-pad. Kamu bisa saja melakukan combo dengan salah satu senjata, kemudian berganti ke senjata lainnya untuk menyambung combo tersebut. Senjata jarak dekat direkomendasikan untuk pemain yang sudah terbiasa memainkan game action karena beresiko tinggi. Tapi senjata jarak dekat bisa sangat mematikan utamanya ketika melawan para Abductor. Sedangkan senjata api cenderung lebih mudah digunakan, kamu dapat menahan tombol L untuk membidik lebih pas.

Freedom-Wars-18

Tombol kiri dan kanan pada D-pad digunakan untuk menggunakan beragam item seperti bom atau granat. Setelah memilih item, tekan tombol lingkaran untuk menggunakannya.

Freedom Wars, Ketika Para Kriminal Bersaing Untuk Mencari Kebebasan

PS Vita mendapatkan satu game keren dari Sony, yaitu Freedom Wars. Game ‘Multiplayer Action’ ini mengangkat tema keadaan Bumi ratusan ribu tahun di masa depan, dan bagaimana manusia harus berusaha keras untuk bertahan hidup.

Abaikan


SHARE
Previous articleJump Jump Dzigh, Game Simpel nan Adiktif Pertama dari Own Games di Android
Next articleSukses di Kickstarter, Pale Blue Juga Berhasil Menembus Steam Greenlight!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.