Android One Adalah Smartphone Google Nexus Dengan Harga Hanya Rp. 1 jutaan!

Android-One-2

Selama Google I/O 2014, Google mengatakan jika saat ini OS Android mereka sudah digunakan oleh hampir 1 milyar pengguna di seluruh dunia. Namun Google tidak ingin berhenti begitu saja, dan dengan harapan bisa makin memperluas jumlah pengguna Android di negara-negara berkembang, mereka mengenalkan program Android One, yang singkatnya adalah, Nexus dengan harga yang sangat murah, di bawah US $100, atau sekitar Rp. 1 jutaan.

Android One ditujukan untuk negara di luar Amerika Serikat, dimana smartphone juga sangat dibutukan konsumen, namun mereka masih mempertimbangkan harga. Untuk itu, Google bakal terfokus membuat smartphone dengan budget rendah dan juga spesifikasi rendah yang diharapkan bisa menjadi solusi masalah komunikasi di negara tersebut.

Seperti yang mereka lakukan untuk jajaran Nexus-nya, Google menentukan spesifikasi standar smartphone-nya, dan kemudian OEM lokal negara tersebut yang bakal memproduksinya. Smartphone Google tersebut dijual dengan harga yang lebih rendah dari banyak perangkat Android dari vendor besar lainnya, sehingga diharapkan mengatasi rendahnya penetrasi smartphone di negara tersebut, yang lebih kecil dibandingkan dengan negara-negara maju.

Android-One-3

Untuk menjalankan program ini, Google bakal bekerjasama dengan operator dan produsen lokal, untuk memastikan mereka mencapai standar kualitas yang diharapkan. Dan operator atau produsen smartphone lokal tersebut juga sudah harus disetujui oleh Google sebelum mereka bisa menjadi partner Android One. Software yang dimasukkan ke dalam smatrtphone tersebut sama seperti yang kita dapatkan dalam tipikal Nexus, yaitu stock android, dan juga mendapatkan perlakuan update software yang sama langsung dari Google.

Pasar pertama yang menjadi tujuan diterapkannya program Android One adalah India, negara dengan populasi terbesar kedua dunia setelah Tiongkok. Di sana, untuk Android One Google bekerjasama dengan operator lokal seperti Karbonn, Cromax, and Spice dan Micromax. Dan spesifikasi standar yang ditetapkan Google adalah layar 4.5-inchi, dua slot kartu SIM (masih dibutuhkan pada tipikal negera berkembang), slot kartu micro SD (karena internalnya dibuat sangat kecil), dan juga radio FM (aktivitas streaming radio melalui internet masih jarang dilakukan di India. Harganya nanti di bawah $100, atau sekitar Rp. 1 jutaan, sehingga diharapkan mampu dijangkau oleh lebih banyak kalangan.

Kemungkinan besar program Android One bakal menyebar ke wilayah lain, dan semoga saja juga masuk ke Indonesia, mengingat di sini banyak yang menyukai tampilan stock Android yang sangat ringan, khususnya untuk dioprek lebih lanjut. Selain itu, dengan dukungan software langsung dari Google, kita bisa merasakan bagaimana mengoperasikan Android L melalui smartphone yang terjangkau harganya.