Bintang Piala Dunia Muslim yang Masih Beraksi di Bulan Ramadhan

FIFA-World-Cup-2014-Cover

Piala Dunia 2014 telah menyelesaikan fase group nya. Dari 32 tim yang terbagi dalam 8 group, 16 tim peringkat 1 dan 2 lolos ke babak berikutnya, yaitu babak perdelapan-final . Pertandingan perdelapan-final dilaksanakan pada 28 Juni 2014 dimana saat itu merupakan awal bulan Ramadhan 1435 Hijriah. DI bulan suci ini, umat muslim melakukan ibadah puasa selama sebulan lamanya. Hal ini juga mencakup para bintang Piala Dunia yang saat ini berada di Brasil.

Ini untuk pertama kalinya sejak 1986, bulan Ramadhan jatuh bertepatan dengan dilangsungkannya ajang Piala Dunia. Memasuki babak perdelapan-final, ternyata tidak sedikit negara peserta perdelapan-final yang skuatnya diisi oleh pemain Muslim. Tim yang memiiki anggota muslim di babak perdelapan-final antara lain adalah Aljazair, Belgia, Nigeria, Jerman, Prancis, dan Swiss.

FIFA sebagai penyelenggara turnamen sudah bertindak sejak jauh hari untuk menyambut momen ini. Otoritas terbesar sepakbola dunia itu langsung menetapkan kebijakan yang membebaskan para pemain Muslim peserta Piala Dunia, untuk memantapkan pilihan hati berpuasa atau tidak. Hal ini membuat beberapa pemain tetap berpuasa selama bulan Ramadhan, seperti kebijakan timnas Aljazair. Mengingat lawan mereka selanjutnya adalah timnas Jerman, tentunya hal ini menjadi keputusan yang berani.

Beberapa pemain juga memutuskan untuk tidak berpuasa dulu, dan ini bisa digantikan di hari lain. Apapun keputusan pemain sepak bola musli di bulan Ramadhan ini, menjadi hal yang ikut meramaikan pesta sepak bola dunia ini.

Berikut beberapa tim beserta pemain sepak bola muslim yang masih akan berlaga di bulan Ramadhan ini.

Aljazair

muslim aljazair

Aljazair memiliki tim yang hampir seluruh staf dan pemainnya adalah Muslim. Ofisial Aljazair memutuskan agar seluruh anggota tim yang beragama Islam tetap berpuasa. Pemain sepak bola yang Muslim di timnas Aljazair antara lain Cedric Si Mohamed, Rais Mbohi, Mohamed lamine Zemmamouche, Essaid Belkalem, Madjid Boughera, Faozi Ghoulam, Rafik Halliche, Aissa Mandi, Djemal Mesbah, Mehdi Mostefa, Nabil Bentaleb, Yasine Brahimi, Medhi Lacen, Saphir Taider, Hassan Yebda, Abdelmoumene Djabou, Sofiane Feghouli, Nabil Ghilas, Islam Slimani, dan Hilal Soudani.

Belgia

BRUSSELS, BELGIUM - NOVEMBER 19: Axel Witsel  of FC Zenit St-Petersburg - Marouane Fellaini  of Manchester United - Moussa Dembele  of Tottenham Hotspur FC  pictured during the international friendly match before the World Cup in Brasil between Belgium and Japan on November 19, 2013 in Brussels, Belgium (Photo by Jimmy Bolcina - Peter De Voech - Philippe Crochet and Vincent Kalut/Photonews via Getty Images)

Beberapa pemain Muslim di timnas Belgia antara lain Adnan Januzaj, Nacer Chadli, Mousa Dembele, dan Maroune Fellaini. Ofisial Belgia membebaskan para pemain Muslim ini untuk berpuasa atau tidak sesuai kehendak masing-masing.

Jerman

muslim jerman

Beberapa pemain Muslim di timnas Jerman antara lain Sami Khedira, Mesut Ozil, Shkodran Mustafi. Ofisial Jerman membebaskan para pemain Muslim ini untuk berpuasa atau tidak sesuai kehendak masing-masing, seperti Mesut Ozil yang telah menyatakan tidak berpuasa dulu saat berjuang di Piala Dunia 2014.

Nigeria

muslim nigeria

Beberapa pemain Muslim di timnas Nigeria antara lain  Ahmed Musa dan Ramon Azeez. Ofisial Nigeria membebaskan para pemain Muslim ini untuk berpuasa atau tidak sesuai kehendak masing-masing.

Perancis

muslim Perancis

 Ofisial Perancis membebaskan para pemain Muslim ini untuk berpuasa atau tidak sesuai kehendak masing-masing. Mamadou Sakho, Moussa Sissoko, dan Karim Benzema sepakat untuk menjalankan puasa di tengah Piala Dunia. Sementara Bacary Sagna memilih untuk tak berpuasa.

Swiss

muslim swiss

Timnas Swiss melalui pelatihnya, Ottmar Hitzfeld, dengan tegas menyatakan bila para pemain Muslim yang ada dalam skuatnya tidak diperbolehkan berpuasa hingga perjuangan mereka selesai di Piala Dunia 2014. Pemain Swiss yang Muslim antara lain Granit Xhaka, Valon Behrami, Philippe Senderos, Blerim Dzemaili, Gokhan Inler, Damir Mehmedi, Haris Seferovic, dan Xherdan Shaqiri

Sumber : Goal.com


SHARE
Previous articleAksi Bintang Piala Dunia dengan Setelan Jas yang Berkelas
Next articleJokowi Go! Kampanye Kreatif dari Generasi Optimis Berhasil Tembus Top Rank Google Play Store
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.