intel SSD 730 Series 5x Lebih Kencang Daripada Hard Disk Konvensional untuk Kalangan Antusias

Intel-SSD-730-Dua-Varian-Versi-Untuk-Para-Gamer

Intel tidak hanya identik membuat chip processor saja, melainkan juga membuat berbagai prodak lain yang salah satunya Solid State Drive (SSD) adalah media penyimpanan data yang menggunakan nonvolatile memory sebagai media dan tidak menggunakan cakram magnetis seperti cakram keras konvensional. Pada bulan Juni ini Intel mengumumkan produk keluaran terbaru mereka untuk SSD yaitu 730 series.

intel_rilis_ssd_730_series_ssd_pertama_dengan_controller_intel_140627_0

SSD dengan fitur enterprise ini hadir untuk mengisi segmen end consumer, khususnya untuk pada pengguna enthusiast para pecinta game dan juga editing baik itu video ataupun foto agar dapat lebih merasakan antusias mereka sesuai dengan kebutuhan dan passionnya masing-masing. SSD ini dapat digunakan tidak hanya untuk dekstop pada PC saja, melainkan juga dapat digunakan pada perangkat seperti Notebook, Ultrabook bahkan All in One PC.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, SSD 730 series ini ditenagai oleh controller buatannya sendiri. Berbekal controller yang digunakan, performa SSD ini pun mampu menembus angka 550 MB/s untuk kecepatan membaca dan 470 MB/s untuk kecepatan menulis. Dengan memiliki kecepatan 5x lebih cepat dari pada hard disk konvensional biasa, waktu booting windows maupun waktu loading pada saat bermain game atau membuka aplikasi pun menjadi lebih singkat jika dibandingkan dengan hard disk konvensional.

SSD-intel-730-performance

Selain itu pada SSD ini terdapat sistem Trim yang berfungsi  memastikan saat sistem operasi mau menulis di sektor yang sama, data yang lama akan terhapus total tanpa ada sampah lagi. Selain itu, fungsi TRIM juga akan membuat semua sektor yang dihapus dan diformat menjadi bersih. Hal ini akan membuat sebuah SSD menjadi kencang sama seperti yang baru.

Dalam kerjanya SSD ini lebih hening dibandingkan dengan HDD biasa, selain itu juga tahan terhadap guncangan, getaran, dan temperatur yang tinggi, serta lebih ringan karena hanya memiliki bobot sekitar 77 gr saja.

Sebagai SSD kelas enthusiast, controller pada SSD 730 series ini sudah dalam keadaan ter-overclock pada kecepatan 600 MHz. Awalnya, controller yang digunakan hanya memiliki kecepatan 400 MHz. Tidak hanya pada controller, NAND bus pun turut ter-overclock dari kecepatan 83 MHz menjadi 100 MHz.

Fitur power loss protection pun tersedia sehingga Anda tidak perlu khawatir rusaknya data pada saat listrik tidak stabil bahkan saat mati listrik sekalipun. Untuk fitur tersebut, di dalam SSD 730 series ini terdapat dua buah kapasitor yang berada di ujung PCB. Intel SSD 730 series hadir dengan dua pilihan kapasitas, yakni 240 GB dan 480 GB. Dan dibandrol dengan harga sekitar 240$ atau 1$ untuk 1 Gb-nya. Dengan performance yang mumpuni Intel menjamin SSD 730 series ini dengan garansi selama lima tahun.


SHARE
Previous article“Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa Tahun 2014” Ditujukan Untuk Para Pelaku Industri Kreatif
Next articleAksi Bintang Piala Dunia dengan Setelan Jas yang Berkelas
Dunia game adalah dunianya, terutama dengan game PC Action War merupakan favoritnya. Perangkat gadget, bermain mobile games adalah hobi sampingan, dia juga suka merakit computer biar bisa ngerasain performance yang maksimal waktu main game.