Jokowi Go! Kampanye Kreatif dari Generasi Optimis Berhasil Tembus Top Rank Google Play Store

Banyak cara yang dilakukan oleh relawan masing-masing Calon Presiden (Capres) untuk mengkampanyekan Capres mereka menyambut Pemilu Presiden 9 Juli 2014 yang akan datang. Salah satunya dilakukan oleh kelompok relawan Capres nomor urut 2, Joko Widodo atau Jokowi yang mereka beri nama dengan Generasi Optimis. Kampanye yang dilakukan Generasi Optimis sangat kreatif, dimana mereka mengkampanyekan Capres mereka dan menebarkan semangat-semangat positif kepada masyarakat lewat sebuah game untuk platform mobile berjudul Jokowi Go!

Game ini mengangkat salah satu kebiasaan Jokowi selama ini yaitu blusukan yang dikemas lewat sebuah game endless runner. Generasi Optimis sendiri merupakan sekelompok relawan Jokowi yang terdiri dari beberapa pelaku industri kreatif Indonesia, seperti Arief Widhiyasa (CEO Agate Studio), Sweta Kartika (kreator komik Nusantaranger), dan Alfi Zachkyelle (founder studio animasi Kampong Monster). Selain dikembangkan untuk menyambut pesta demokrasi dengan cara yang positif dan kreatif, game ini juga dipersembahkan sebagai kado ulang tahun ke-53 untuk Jokowi yang jatuh tepat pada tanggal 21 Juni 2014 lalu.

Game yang dirilis sejak tanggal 20 Juni ini pun mendapatkan sambutan yang positif dari para penggunanya. Tercatat saat artikel ini ditulis (30 Juni 2014) game ini sudah mendapatkan total download lebih dari 50.000 kali, dan mendapatkan lebih dari 2.000 pengguna yang memberikan bintang lima di Google Play Store. Bahkan game ini juga masuk dalam jajaran Top New Free Game, Top New Free Game Arcade dan Top Free Game Arcade (posisi #5) di pasar aplikasi Android tersebut. Peringkat ini kemudian melebihi peringkat beberapa game populer seperti Angry Birds Rio, Cut the Rope 2, Angry Birds Space, Temple Run, atau Jetpack Joyride.

Beberapa testimoni dari para pengguna Jokowi Go!

Dave, salah satu Relawan GO Indonesia, menuturkan penyebab game Jokowi GO! berperingkat tinggi, “Fanpage GO di Facebook sudah memiliki fanbase yang berjumlah lebih dari 50.000 user, kita sosialisasikan game tersebut melalui fanpage kami, kita kasih lihat trailer video game nya, dan ternyata respon dari fanbase GO sangatlah positif. Pada hari Sabtu ketika kita umumkan di fanpage, jumlah download gamenya langsung melonjak, dan dalam melalui game ini para pemain bisa sharing foto mereka bersama Pak Jokowi yang ada di dalam game ke dalam timeline FB mereka, hal ini memberi efek viral kepada para pengguna FB lainnya,” ungkap Dave seperti dikutip dari pernyataan resmi yang dikirimkan ke Duniaku.net.

Selain Facebook, Relawan GO Indonesia juga melakukan promosi di twitter. Twitter dengan followers baru mencapai 3.542 user ini tetap mendatangkan organic download yang tinggi. Organic download adalah download dari user yang mempunyai ketertarikan sendiri pada aplikasi tertentu diantara aplikasi-aplikasi lainnya. Pada organic download, Developer tidak mengeluarkan biaya tertentu. Hal ini disebabkan followers melakukan tweet pada aktifitas mereka dalam bermain Jokowi GO! sehingga menarik followers lainnya untuk mencoba.

Selain pada media sosial, Jokowi GO! juga mendapat dukungan besar dari para pendukung Jokowi. Apresiasi besar diberikan para pendukung Jokowi karena karya kreatif dari GO Indonesia ini menjadi angin segar di tengah-tengah black/negative campaign yang sedang ramai menjelang semakin dekatnya pemilihan presiden pada 9 Juli 2014. Kampanye positif berupa game ini juga berhasil menarik perhatian dari salah satu stasiun TV Nasional. Relawan GO Indonesia beberapa kali sempat diwawancara hingga juga berhasil menarik user baru untuk men-download game ini.

Mari sekilas menyimak gameplay dari Jokowi Go! Dalam game ini, kamu akan diajak untuk blusukan dalam gameplay endless runner bersama Jokowi. Saat berlari, kamu akan menemukan banyak pesan menarik dalam bentuk rintangan-rintangan yang harus kamu hadapi seperti stop penebangan hutan, atau blusukan ke pasar-pasar tradisional. Saat berlari, kamu bisa menyebarkan semangat optimisme kepada para masyarakat yang ada di pinggir jalan dengan cara mendekatinya. Dengan menyebarkan semangat optimisme ini, kamu bisa mengisi bar multiplier yang ada di kiri atas, yang bisa melipat gandakan perolehan skormu dengan lebih cepat.

Selain menyebarkan semangat optimisme, kamu juga bisa mengumpulkan koin “semangat optimisme” yang berserakan sepanjang perjalanan untuk mengisi bar optimisme yang ada di bagian atas. Saat bar ini penuh, maka kamu akan mendapatkan “kekuatan super” dengan berlari bersama Jokowi, yang membuatmu melibas semua rintangan yang ada untuk mendapatkan lebih banyak skor dengan cepat. Fitur lain yang disediakan oleh game ini adalah sharing skor yang kamu dapatkan di berbagai media sosial. Jangan lupa, di setiap akhir larimu kamu juga akan mendapatkan berbagai pesan dari Jokowi untuk memajukan Indonesia.

Jokowi Go! Kampanye Kreatif dari Generasi Optimis Berhasil Tembus Top Rank Google Play Store

Kampanye kreatif relawan Jokowi yang dilakukan oleh Generasi Optimis dalam bentuk game Jokowi Go! mendapatkan apresiasi yang tinggi dari para penggunanya. Game ini berhasil menembus Top Rank di beberapa kategori Google Play Store.

Abaikan

Game ini awalnya dirilis untuk platform Android saja. Namun sejak beberapa hari lalu, game ini pun akhirnya juga tersedia untuk platform iOS. Kamu bisa mendapatkan game ini secara gratis via link berikut ini.

Stop kampanye hitam dan kampanye negatif. Ayo mulai dengan kampanye kreatif demi Indonesia yang lebih baik. :)


SHARE
Previous articleBintang Piala Dunia Muslim yang Masih Beraksi di Bulan Ramadhan
Next articleBig Update Yulgang Online: “Antara Cahaya dan Kegelapan”
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.