Galaxy S5 mini Pertahankan Fitur Terbaik Galaxy S5, Tetap Dengan Spesifikasi yang “Minimalis”

Galaxy-S5-mini-3

Tidak perlu gosip berkepanjangan, kita sudah yakin pasti akan muncul versi mini dari smartphone flagship. Terakhir kita mendapatkan Galaxy S4 mini, HTC One mini 2, LG G2 mini, serta Oppo N1 mini (selain juga ada Oppo Find 5 mini). Kemudian yang juga lagi hangat dibicarakan, LG dikabarkan sudah ancang-ancang menyiapkan versi mini dari LG G3. Namun seperti tahun-tahun sebelumnya, Samsung yang memang memulai tren ini akan muncul lebih awal, karena kemarin mereka sudah mengumumkan Galaxy S5 mini.

Galaxy-S5-mini-1

Langkah mini flagship mereka ini kembali sekadar memampatkan tubuh Galaxy S5, dengan dimensi layar yang lebih kompak, yaitu 4.5-inchi pada resolusi 720 x 1280-pixel, sedikit meningkat dibandingkan 4.3-inchi pada Galaxy S4 mini yang sudah dijual tahun lalu. Pola yang sama juga, desain luarnya identik. Kemudian spesifikasi yang di dalam juga masih belum layak diapresiasi, karena prosesornya hanya sedikit meningkat dari sebelumnya, kini menjadi 1.4 GHz quad-core Cortex-A7 (dari dual-core 1.7 GHz), dan jatah RAM-nya pun masih tetap sama, 1.5 GB. Masih jauh dari kemampuan Galaxy S5 yang sebenarnya. Bahkan Samsung mengubah kualitas kamera 16-megapixel dari Galaxy S5 menjadi hanya 8-megapixel saja.

Galaxy-S5-mini-2

Meskipun sebagian besar fitur hardware “disunat” cukup banyak, namun keseluruhan gimmick software unik dari Galaxy S5 dipertahankan. Samsung tetap menyertakan sensor detak jantung, sensor sidik jari, dan juga kemampuan anti debu dan air untuk Galaxy S5 mini ini, selain langsung menjalankan Android 4.4 KitKat. Dengan rating IP67, kalian bisa merendam Galaxy S5 mini di air sedalam maksimal 1 meter selama setengah jam. Menariknya, berbeda dengan kakaknya yang lebih besar, tidak ada penutup di bagian port microUSB 2.0 di bawah smartphone ini.

Galaxy-S5-mini-4

Samsung nantinya akan menyediakan si mini dengan empat pilihan warna, Charcoal Black, Shimmery White, Electric Blue dan Copper Gold, serta seperti beberapa Galaxy lainya pasca dikenalkannya Note 3 dengan panel belakang bermotif mirip kulit, si mini ini juga mengajukan lapisan finishing kulit — sebenarnya membuat kami bosan, ketika semua Galaxy kelas menengah dan atas menggunakan bahan yang sama.

Galaxy-S5-mini-6

Sejauh ini Samsung belum mengungkapkan berapa harga Galaxy S5 mini ini di pasaran (ada yang menyebutkan €479, atau sekitar Rp. 7 jutaan, namun sepertinya terlalu “berlebihan”). Namun akan mulai tersedia di Rusia awal Juli 2014 ini, yang memang dipercepat kehadirannya di Eropa untuk menghalau kehadiran HTC One mini 2, serta LG G3 mini yang juga sedang dipersiapkan LG. Untuk penjualan di wilayah lainnya, akan menyusul pertengahan Juli 2014, atau sama seperti ketika Galasy S4 mini juga mulai diluncurkan tahun lalu.

Galaxy-S5-mini-5

Samsung Galaxy S5 mini Product Specification

  • Network: LTE Category4 : 150 Mbps DL, 50 Mbps UL HSDPA 42.2Mbps, HSUPA 5.76 Mbps
  • Display: 4.5” HD (720 x 1280) Super AMOLED (kerapatan pixelnya meningkat dari  256ppi ke 326ppi)
  • Processor: Exynos 3470 atau Exynos 3 Quad, quad-core Cortex-A7 1.4 GHz, dipadikan dengan GPU Mali-400MP4 empat core pada kecepatan 450 MHz (meningkat dari Snapdragon 400 dual-core 1.7 GHz dan GPU Adreno 305)
  • OS: Android 4.4 (KitKat)
  • Camera: Main (Rear): 8.0 MP AF with LED Flash; Sub (Front): 2.1MP (FHD)
  • Camera Features: Shot & More, Virtual Tour Shot, S Studio
  • Video: FHD@30fps
  • Video Codec: H.263, H264(AVC), MPEG4, VC-1, Sorenson Spark, MP43, WMV7, WMV8, VP8
  • Video Format: MP4, M4V, 3GP, 3G2, WMV, ASF, AVI, FLV, MKV, WEBM
  • Audio Codec: MP3, AMR-NB/WB, AAC/ AAC+/ eAAC+, WMA, Vorbis, FLAC
  • Audio Format: MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, WMA, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA
  • Value-Added Features: IP67 Dust and Water Resistant, Ultra Power Saving mode, S Health, Private Mode/Kids Mode
  • Connectivity: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, NFC (LTE ver. only), Bluetooth® v4.0 LE, USB 2.0, A-GPS + GLONASS, IR Remote
  • Sensor: Accelerometer, Digital compass, Gyro, Proximity, Hall, Ambient light, Fingerprint, Heart rate sensor
  • Memory: 1.5 GB RAM + 16GB Internal memory (meningkat dari 8 GB), microSD Slot (up to 64 GB)
  • Dimension: 131.1 x 64.8 x 9.1mm, 120g
  • Battery: 2,100mAh (meningkat dari 1,900 mAh)

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: Samsung Mobile


SHARE
Previous articleEvent Terbaru Menyambut Ulang Tahun Angel Love Online
Next articleXiaomi Menjual 10 Ribu Smartphone Octa-Core Redmi Note Hanya Dalam Waktu 1 Detik!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.