BenQ Kembali Dengan Dua Android Baru, Dukung Koneksi 4G dan Jalankan KitKat

BenQ-T3-BenQ-F5

Nama BenQ memang lebih familiar di ranah komputer. Namun mereka juga pernah mengisi pasar ponsel dalam negeri melalui beberapa tipe smartphone Windows pada tahun 2007 lalu, setelah sebelumnya berhasil mengakuisisi divisi mobile dari Siemens Mobile pada tahun 2005, meskipun tidak lama kemudian akhirnya juga menghilang. Namun perusahaan Taiwan ini tidak berhenti begitu saja menggarap pasar smartphone. Tahun lalu mereka menawarkan smartphone Android BenQ F3 dan A3, dan kini setahun kemudian mengkonfirmasikan dua tipe lainnya yang lebih advance karena sudah mendukung koneksi data 4G LTE di Taiwan.

BenQ-T3-1

Tahun ini BenQ menawarkan BenQ F5 dan BenQ T3. Untuk BenQ T3, diposisikan di kelas yang lebih rendah, terlihat dengan pemilihan warna-warna casing yang cerah — kuning mejadi pilihan warna image utamanya, selain hitam dan putih. Spesifikasinya tidak terlalu istimewa, hanya chipset Qualcomm MSM8926 Snapdragon 400 (yang memang mendukung 4G LTE) dengan prosesor quad-core yang kecepatannya 1.2 GHz, didukung 1 GB RAM, dan 4 GB internal storage plus micro SD. Layarnya 4.5-inchi dengan resolusi qHD 540 x 960-pixel, serta ada kamera itama 8-megapixel di belakang, dan hanya 0.3-megapixel di depan.

BenQ-T3-2

Sekilas memang hanya koneksi 4G saja yang diandalkan, karena spesifikasinya yang mirip Motorola Moto G tersebut sudah terlewat di bawah smartphone tahun 2013 lalu. Namun kita tidak perlu ter-PHP dengan janji update software, karena langsung menjalankan Android 4.4.2, dibalik ionterface custom BenQ yang dikenal sebagai Q Home.

BenQ-F5-1

Sedangkan yang sedikit lebih baik, BenQ F5 juga mengajukan konfigurasi hardware yang hampir sama, dan juga langsung menjalankan Android KitKat. Namun layarnya meningkat menjadi 5-inchi, dengan resolusi HD 720 x 1280 – pixel, ada kamera utama 13-megapixel dengan sensor Sony Exmor, sedangkan di depan ada kamera 2-megapixel shooter. Untuk internal storagenya disediakan varian 8 dan 16 GB, yang masih bisa diperbesar dengan slot microSD. Khusus yang satu ini, tersedia warna hitam dan putih. Untuk baterainya juga lebih besar dari T3, yaitu  2,520mAh, dibandingkan 1,840mAh pada T3.

BenQ-F5-2

Keduanya mulai ditawarkan di Taiwan dengan harga 6,990 TWD atau sekitar 2.8 jutaan untuk T3, dan untuk F5 harganya 7,990 TWD, atau sekitar 3.2 jutaan. Tidak ada kabar apakah bakal keluar Taiwan. Namun dengan harga yang ditawarkan, sepertinya BenQ akan kesulitan jika memaksakan diri bersaing dengan brand komputer lain yang juga bergerak di ranah smartphone seperti Asus (ya, desainnya mirip dengan seri ZenFone-nya Asus) dan Acer yang sudah beberapa langkah di depannya.

Sumber: ChineseVRZone


SHARE
Previous articlenVidia Diduga Siapkan Shield Tablet, Fokus Untuk Nge-game Dengan Gamepad Terpisah
Next articleSuperhero Hidayah: Ketika Iman Lebih Kuat daripada Kekuatan Super
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.