Meneladani Kisah Nabi dengan Cara Menarik Lewat Aplikasi KABI!

Sudah sekian lama Educa Studio dikenal sebagai salah satu spesialis dalam hal game edukasi. Sebut saja dua brand yang sudah mereka rilis dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, antara lain MARBEL (Mari Belajar) dan CERI (Cerita Anak Interaktif). Menyambut bulan Ramadhan tahun ini, studio yang berbasis di Salatiga ini kembali menelurkan satu seri game edukasi lain khusus anak-anak muslim yang mereka beri nama dengan KABI. KABI sendiri merupakan singkatan dari Kisah Teladan Nabi, dan sesuai dengan namanya dalam buku digital interaktif ini pengguna akan diajak untuk meneladani beberapa kisah Nabi yang tertulis dalam Al-Qur’an.

Karena didesain untuk anak-anak, KABI dilengkapi dengan ilustrasi menarik sekaligus membantu penceritaan. Meskipun penuh dengan ilustrasi menarik, tentu saja khusus untuk para Nabi di sini tidak digambarkan dalam bentuk manusia. Bukan hanya menyajikan cerita bergambar saja, aplikasi ini juga menyediakan beberapa bagian yang penuh animasi dan interaktif, sehingga membantu anak-anak untuk memahami isi cerita. Bahasa yang digunakan juga cukup ringan, sehingga mudah dipahami oleh anak-anak yang baru memasuki bangku sekolah dasar.

Bagi anak-anak yang masih belum bisa membaca dengan lancar, KABI juga menyediakan satu fitur Baca Otomatis sehingga anak-anak hanya perlu mendengarkan sambil menikmati animasi maupun berinteraksi dengan aplikasi tersebut. Selain itu, elemen edukasi lain yang ditawarkan oleh KABI adalah di setiap akhir cerita, pembaca juga akan disuguhi dengan ayat-ayat Al-Qur’an yang menjadi dasar dari kisah Nabi yang bersangkutan.

Contoh Mini Game Pukul Iblis

Fitur lain yang disediakan oleh KABI adalah adanya beberapa mini game yang bisa mengasah ketangkasan dan kreativitas anak. Terdapat beberapa mini game yang disediakan, mulai dari Pukul Iblis (memukul iblis-iblis yang bermunculan untuk mendapatkan skor), Puzzle Benda (mencocokkan gambar yang muncul dengan bayangannya), Tangkap Buah (melatih ketangkasan anak dalam menangkap buah-buahan yang jatuh), hingga belajar mengenai huruf dan angka.

Mini Game Tangkap Buah

Saat ini KABI baru merilis lima kisah Nabi, antara lain Nabi Adam, Nabi Idris, Nabi Nuh, Nabi Hud, dan Nabi Shaleh. Nantinya, KABI juga akan merilis kisah-kisah Nabi lainnya, sehingga lengkap mencapai 25 Nabi. Untuk sementara, KABI baru tersedia untuk Android, dan versi iOS-nya sendiri akan menyusul dalam waktu dekat.

Tertarik untuk mencicipi KABI? KABI dirilis dalam beberapa aplikasi, masing-masing mewakili kisah Nabi yang bersangkutan. Kamu bisa men-download-nya secara gratis (sementara untuk platform Android) lewat beberapa link berikut ini.


SHARE
Previous articleKini Kamu Bisa Ikut Mendesain Karakter untuk Assassin’s Creed: Unity!
Next articleWorld of Tanks: Xbox 360 Edition akan Menghadirkan Premium Panzer 38h Tier II German Light Tank
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.