Sid Meier’s Civilization Revolution 2 Dirilis Pertama Kali Untuk iOS, Kini Makin Cantik Dengan Grafis 3D

Civilization-Revolution-2-2

Akhir Juni lalu 2K Games mengumumkan game terbaru dari serial Sid Meier’s Civilization, yaitu Civilization Revolution 2. Seperti pada Civilization Revolution, di sini kalian bakal memimpin peradaban manusia dari jaman sejarah hingga modern. Namun yang membedakan, jika prekuelnya masih dirilis untuk konsol, maka untuk Revolution 2, Firaxis Games selaku developernya hanya terfokus pada platform mobil saja, sehingga hanya tersedia untuk Android dan iOS. Dan kini, sekuel tersebut sudah dirilis, namun baru versi iOS-nya saja.

Civilization-Revolution-2-5

Menjadi yang pertama dikembangkan khusus mobile, Firaxis bakal mengoptimalkan kontrolnya sehingga terasa intuitif untuk pengendalian melalui touch-screen, serta nterface yang minimal agar mampu memanfaatkan space layar perangkat mobile. Namun mereka juga mengaku tidak akan membatasi grafisnya, dengan tetap menghadirkan kualitas terbauk Sid Meier’s Civilization untuk platform mobile.

Civilization-Revolution-2-4

Seperti Sid Meier’s Civilization, kalian akan melihat langsung bagaimana pemimpin besar dunia merangkai sejarahnya melalui perang, diplomasi, penemuan teknologi baru, dan membangun kerajaan terkuat dalam usahanya mendapatkan pengakuan kekuasaan. Dan untuk para pemimpin dunia tersebut, dalam Civilization Revolution 2 kalian bisa melihat bagaimana sejarah dibentuk melalui mata Abraham Lincoln, Mahatma Gandhi, Napoleon Bonaparte, dan lainnya (total 16 leader dari game sebelumnya kembali di sini), dan yang lebih modern, serta dibuka melalui achievement adalah Winston Churchill serta John F. Kennedy.

Civilization-Revolution-2-3

Sebelumnya 2K Games selaku publisher hanya mengatakan game ini bakal dirilis 22 Juli untuk iOS App Store (iPhone, iPad, iPad mini dan iPod Touch). Sedangkan untuk Android-nya belum diungkapkan, hanya disebutkan akhir tahun ini. Namun ternyata perilisannya dipercepat, dan mulai kemarin Civilization Revolution 2 sudah bisa diunduh melalui Apple App Store, dengan harga yang cukup tinggi, Rp. 169 ribu (tanpa in-app purchase). Melegakan memang, kita tidak perlu membayar lebih melalui IAP.

Civilization-Revolution-2-6

Bagi gamer Android yang juga menunggu game ini, sudah bisa mendapatkan gambaran seperti apa Revolution 2, mengingat seri pertamanya juga tidak dirilis untuk Android. Satu yang sangat mengecewakan, seperti tidak adanya opsi bermain multiplayer, sehingga tidak mungkin bagi kalian mau menguji peradaban yang dibangun dengan milik pemain lain (apalagi ternyata AI dalam game ini juga tidak terlalu cerdas sebagaimana gamer manusia yang asli). Namun tetap dimaklumi, karena Revolution pertama juga tidak memasukkan opsi multiplayer di awal perilisan versi iOS, namun hadir dalam sebuah update.

Civilization-Revolution-211

Selain itu, versi iOS ini juga belum mendukung Cloud Saves, jadi kalian akan kerepotan jika berganti-ganti gadget iOS untuk memainkannya. Kemudian kendalinya memang cukup bersahabat dengan layar sentuh, bahkan kita tidak akan mendapati ketidaksengajaan mengakhiri giliran hanya karena salah menyentuh. Kini untuk mengakhiri round, kamu perlu memasukkan command dalam bentuk slider yang digeser melalui jari.

Civilization-Revolution-210

Beberapa hal baru yang bisa kami temui melalui sekuel ini seperti adanya unit baru (Aircraft Carrier, Jet Fighter, SpecOps Infantry), beberapa teknologi baru  (Laser, Medicine, Information Tech), gedung dan keajaiban dunia baru (Nuclear Power Plant, The Red Cross, Silicon Valley), kenudian seperti terlihat jelas pada screenshot-nya, grafisnya 3D (prekuelnya masih 2D, dan di sini terlihat lebih cantik) serta challenge berbasis sejarah yang asli.

Civilization-Revolution-2-9

Keseluruhan, mekanisnya juga sama seperti Revolution yang pertama. Mulai menjelajah dan membangun pemukiman, kemudian menjadi kota, lalu membentuk pasukan, membangun jalanan antar kota, caravan juga masih ada di sana, hingga artifact yang berserakan di peta. Namun ada aspek yang lebih dalam, seperti tech akan membuka lebih banyak gedung dan unit, dan membangun bangunan yang tepat pada waktu yang sesuai juga akan memberimu keuntungan. Pada tingkat kesulitan yang tinggi, permainan akan menjadi lebih kompleks.

Civilization-Revolution-2-8

Sid Meier’s Civilization Revolution 2: Launch Trailer

Sid Meier’s Civilization Revolution 2 Dirilis Pertama Kali Untuk iOS, Kini Makin Cantik Dengan Grafis 3D

Akhir Juni lalu 2K Games mengumumkan game terbaru dari serial Sid Meier's Civilization, yaitu Civilization Revolution 2. Game tersebut akhirnya dirilis, pertama kali untuk iOS, dan Android akan menyusul akhir tahun ini.

Abaikan

Sid Meier’s Civilization Revolution pertama dirilis untuk konsol tahun 2008 lalu, dan langsung mendapatkan tanggapan hangat karena berhasil memadukan core strategi serial ini dengan desain yang lebih lembut dan bisa diterima oleh banyak platform serta kalangan gamer sekaligus. Versi DS-nya juga dirilis dengan tampilan 2D yang sudut pandangnya dari atas, kontras dengan grafis 3D pada versi konsolnya, dan kemudian tampilan sederhana tersebut dibawa juga untuk port versi iOS dan Windows Phone-nya, yang dirilis pada tahun 2009 dan 2012 kemarin.

Civilization-Revolution-1

Game tersesebut akhirnya berhasil mengenalkan franchise Civilization untuk platform mobile.

Sumber: Official Website


SHARE
Previous articleFox Luncurkan Tiga Film Pendek dari Dawn of the Planet of the Apes
Next articleReuni Bersama Pemeran Game Mortal Kombat Klasik!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.