Mighty No. 9 Dapatkan Serial Animasi, Kembali Membuka Kampanye Crowfunding Baru

Mighty-No.-9-1

Mighty No. 9 menjadi salah satu wujud kekuatan massa yang berhasil dalam dunia game. Game action-platformer ini dikembangkan oleh Comcept yang bekerjasama dengan Inti Creates, dan produsernya Keiji Inafune. Nama tersebut, dan juga melihat seperti apa penampilan Mighty No. 9, wajar jika banyak yang menyimpulkan game yang mendapatkan biaya pengembangan dari jalur pendanaan patungan atau crowfunding melalui Kickstarter itu adalah penerus spiritual serial Rockman / Mega Man.

Selain dana dari pihak luar, proses pengembangannya pun banyak mendapat masukan dari mereka yang juga ikut menyumbang (disebut para backer), mengarahkan Mighty No. 9 menjadi sebuah game yang benar-benar diinginkan gamer atau publik yang membantu pendanaannya. Target minimal dana yang dibutuhkan untuk membiayai pengembangan game ini langsung terpenuhi 2 September 2013 lalu, hanya berselang dua hari setelah kampanyenya dibuka di Kickstarter, menunjukkan antusias yang hebat dari publik gamer akan Mighty No. 9. Namun dengan beberapa fitur lain dimasukkan, seperti stage tambahan, mode spesial, dan port ke beberapa platform game yang diungkapkan pasca target tersebut dicapai, mengundang makin banyak penyandang dana yang masuk, dan meningkatkan dana terkumpul menjadi lebih dari 400% dari target awalnya.

Mighty-No.-9-3

Oktober 2013 lalu, game yang akan dirilis untuk OC Windows, Mac OS X, Linux, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo 3DS dan PlayStation Vita dengan rencana rilis April 2015 mendatang ini berhasil mengumpulkan uang senilai US $3,845,170, atau sekitar Rp. 45 miliar, dari 67,226 backer. Jumlah yang sangat besar, dan menjadikan Mighty No. 9 sebagai kampanye crowfunding Kickstarter terbesar keempat setelah game space combat Star Citizen yang meraih US $44,5 juta, konsol micro Ouya dengan pencapaian US $8,5 juta, serta game RPG Torment: Tides of Numenera yang menapatkan US $4,1 juta dari Kickstarter.

Mighty-No.-9-5

Dengan uang segar sebanyak itu, jelas Keiji Inafune dan timnya tidak ingin Mighty No. 9 berakhir mengecewakan, atau biasa saja di tangan para backer dan pasar video game dunia. Dan sepertinya, mereka juga memiliki rencana yang lebih besar, yang bisa saja memperbesar jumlah dana yang akan mereka dapatkan. Terakhir, pihak developer menggelar kampanye baru untuk mendanai beberapa target baru Mighty No. 9, mulai dengan kebutuhan dana US $100,000 untuk memasukkan fitur voice acting Inggris.

Mighty-No.-9-2

Melalui post update di Kickstarter, developer menjelaskan jika kampanye baru mereka ini hanya untuk membiayai fitur baru yang akan mereka terapkan. Apa yang sudah dicapai dalam kampanye sebelumnya hanya untuk gamenya saja, dan juga beberapa fitur dan goal yang mereka tawarkan sebelumnya. Selain itu juga memberi kesempatan mereka yang kelewatan, agar medapatkan kesempatan kedua untuk ikut menyumbang di proyek ini.

Kemudian yang tidak ingin menjadi backer, bisa langsung memesan awal Mighty No. 9. Harganya mulai US $23 untuk mendapatkan kopi digital game ini nantinya, kemudian ada dua rentang harga lainnya lainnya, $50 yang memberi bonus buku manual yang bertema retro, digital art book/strategy guide dan soundtrack, dan yang harganya US $80 menambahkan akses dini atau Early Access untuk mendapatkan Mighty No. 9 melalui Steam.

Mighty-No.-9-4

Dan bersamaan dengan update kampanye baru saat ini, kalian juga masih bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk tim Inafune tersebut dengan membantu pendanaan serial animasinya yang digarap oleh Digital Frontier, studio animasi CD dari Jepang, dengan karya mereka seperti live action Death Note, animasi CG Resident Evil: Degeneration dan Damnation, serta yang juga menangani animasi CG dalam game seperti Metal Gear Rising Revengeance, Ryu ga Gotoku 5 hingga RPG Lost Odyssey. Mighty No.9: The Animated TV Series berbentuk animasi CG tersebut sudah digambarkan sebagai komedi action yang menarget penonton anak-anak usia 6-11 tahun, dan rencananya terdiri dari 26 episode, dengan setiap episode ditayangkan selama 22 menit. Sejauh ini voice actor, director, dan editornya belum diungkapkan. Dan untuk animasi ini, tidak akan dibuka keran crowdfunding-nya melalui Kickstarter seperti versi gamenya.

“Mighty No.9: The Animated Series” Official Teaser

Mighty No. 9 Dapatkan Serial Animasi, Kembali Membuka Kampanye Crowfunding Baru

Mighty No. 9 menjadi salah satu wujud kekuatan massa yang berhasil dalam dunia game. Game action-platformer yang dikembangkan Keiji Inafune ini pun menarget sasaran lain, dengan mengumumkan serial animasinya.

Abaikan

Mighty No. 9 mengisahkan petualangan Beck, nomer ke-9 dari jajaran robot super kuat dan satu-satunya yang tidak terpengaruh oleh sebuah virus komputer, sehingga semua makhluk mekanik berubah menjadi brutal. Kamu di sini akan memerankan Beck untuk berlari, melompat, menembak, dan berubah mengarungi delapan stage yang ada. Kamu bisa menggunakan beragam senjata dan kemampuan yang dicuri dari para musuh terutama dari para boss, dan tentunya akan mengubah bentuk Beck untuk mengalahkan mereka semua.

Mighty-No.-9-6

Gameplay dalam game yang dibangun dengan engine grafis Unreal Engine 3 ini terfokus pada 2D platforming, namun menyatukannya dengan artwork serta animasi 2D dan 3D. Kamu bisa membuat Beck berlari, melompat, dan menembakkan proyektil ke arah musuh, dan senjata serta ability musuh yang dikalahkan bisa dikuasai oleh Beck. Berdasarkan target pencapaian Kickstarter Oktober 2013 lalu, kita akan mendapatkan intro level yang diikuti dengan delapan stage utama, yang seperti dalam tipikal Rockman bisa bebas dipilih mana yang ingin diselesaikan terlebih dahulu. Di akhir stage, Beck harus behadapan dengan salah satu dari delapan unit “Mighty Number” lainnya yang terkena virus dalam sebuah pertarungan boss. Mengalahkan para robot super tersebut juga memberi Beck opsi berubah ke bentuk lain, dengan kemampuan sama seperti Mighty Number yang sudah dia kalahkan.

Sumber: Kickstarter, Official Site FAQ, Anime Series FAQ


SHARE
Previous articleSunset Overdrive Juga Memiliki Gameplay Tower Defense Melalui Fitur Co-Op Chaos Mode
Next articlePerkenalkan TOUCH! Game 3D Dance Bernuansa K-Pop
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.