Kinect v2 untuk Windows Siap Diluncurkan Seharga Dua Jutaan!

Setelah membantu developer aplikasi di PC dengan merilis Kinect untuk Windows PC versi pertama lalu, kali ini Microsoft kembali siap merilis penerusnya. Apa lagi kalau bukan Kinect v2 untuk Windows PC, yang memiliki bentuk mirip dengan Kinect milik Xbox One yang mereka rilis tahun lalu. Kinect v2 ini pun menurut rencana juga akan dirilis untuk Windows PC, dimana Microsoft sudah memastikan tanggal rilisnya, 15 Juli 2014 yang akan datang.

Bukan hanya mengkonfirmasikan jadwal rilisnya, di halaman resmi produk ini di Microsoft Store, Microsoft juga memasang banderol harga untuk Kinect v2 ini. Harganya lebih mahal dibandingkan versi pertam lalu, yaitu US $199 atau sekitar Rp 2.4 juta. Tentu saja, dengan harga yang lebih mahal ini, Microsoft menawarkan lebih banyak fitur lagi yang bisa dimanfaatkan oleh developer untuk mengeksploitasi kemampuan Kinect v2 ini. Kinect ini dikembankan menggunakan teknologi yang sama dengan Kinect Xbox One, termasuk beberapa fitur di dalamnya seperti kamera HD berwarna dan Multi-Microphone Array yang bisa menyaring noise yang muncul saat merekam suara.

Beberapa fitur juga diimprovisasi oleh Microsoft dalam Kinect v2 untuk PC ini, salah satunya skeletal tracking (untuk merekam pergerakan hingga ke level susunan tulang) dan juga infra merah aktif yang diperbarui. Meskipun menggunakan desain yang sama dengan Kinect Xbox One, namun Kinect ini membutuhkan sumber daya dan sebuah hub agar bisa beroperasi. Hub ini sendiri digunakan untuk menyambungkan tiga bagian utama Kinect, yaitu sensor, output USB 3.0 ke PC dan sebuah kabel daya.

Kinect v2 untuk PC ini memang baru dirilis pada 15 Juli 2014 yang akan datang, namun kamu sudah bisa melakukan melakukan pre order melalui Microsoft Store. Banderol harga ini tidak termasuk dengan software Kinect for Windows SDK 2.0 yang dijual secara terpisah. Kamu membutuhkan SDK ini untuk membuat game dan aplikasi menggunakan beberapa bahasa pemrograman seperti C++, C# atau Visual Studio Basic.

[Sumber: Polygon/Windows Store]


SHARE
Previous articleKemunculan Pertama Yondu dalam Extended Trailer Guardians of the Galaxy
Next articleLost Toys Dirilis Untuk Android, Puzzle ala Kubus Rubik Dengan Gaya Mainan Kayu
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.