Review Debut Doraemon Versi US

Doraemon (1)

Doraemon, robot kucing  dari masa depan kesayangan kita, telah melakukan debut animasi versi Amerika Serikat. Walt Disney Co. telah mengambil lisensi Doraemon untuk pembuatan seri animasi versi Amerika Serikat dengan kualitas gambar HD dan semua karakter berdialog dengan bahasa Inggris.

Beberapa penyesuaian desain dilakukan agar sesuai dengan penonton Amerika Serikat. Contohnya adalah penamaan karakter seperti : Nobita menjadi  Noby, Gian menjadi Big G​​, Shizuka menjadi Sue, dan Suneo menjadi Sneech.

Doraemon (1)

Sedangkan untuk menyesuaikan dengan budaya, mata uang yen menjadi dolar, pemakaian sumpit menjadi sendok, dan lain-lainnya. Beberapa penambahan teknologi juga diberikan agar sesuai dengan zaman ini, seperti penggunaan telepon touch screen dan televisi layar datar. Sayangnya ada beberapa trend yang terpaksa tidak diubah walaupun tidak cocok dengan zaman sekarang agar tidak merusak cerita yang ada. Maksud penulis, Noby dan kawan-kawan sepertinya keranjingan main remote control di episode pertama ini. Nah, siapa sih hari gini yang masih suka mainan remote control, dimana smartphone dengan app nya membanjiri hiburan anak masa kini? Tentu hal seperti ini akan tetap terlihat ganjil, kan?

Doraemon (4)Doraemon (2)

Episode yang ditayangkan benar-benar episode pertama yang pernah ditayangkan di Jepang pada tahun 1973. Namun Doraemon ini tentunya tampil dengan grafis yang lebih jernih dengan beberapa penyesuaian seperti yang diungkapkan di atas.

Walt Disney Co. berencana untuk menyiarkan 26 episode Doraemon di Disney XD, saluran yang mencapai sekitar 78 juta rumah tangga di Amerika Serikat. Doraemon telah disiarkan di 35 negara dan wilayah di Asia, Eropa dan tempat lain, tapi versi Jepang digunakan dengan dialog dijuluki dalam bahasa lokal. Ayo kita bernostalgia kembali bersama Doraemon, robot kucing dari masa depan kesayangan kita!

Doraemon_LG

 


SHARE
Previous articleMerambahnya Tren Developer Indie, Tanda Ketidakpuasan Terhadap Publisher Besar?
Next articleSambut 30 Tahun Ghost Buster dengan Rencana Perilisan Film Versi HD!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.