Sony Siapkan Program Early Access ala Steam untuk PS4?

Sony rupanya tertarik untuk mengimplementasikan sistem Early Access yang diterapkan oleh Valve di Steam untuk developer yang ingin memasarkan game-nya di PS4. Benarkah?

Sony Siapkan Program Early Access ala Steam untuk PS4?

Sony Siapkan Program Early Access ala Steam untuk PS4?

Sony terus melakukan inovasi untuk program developer di PS4. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Sony kini tengah mempertimbangkan adanya sebuah model Early Access ala Steam yang akan diimplementasikan untuk para developer yang mengembangkan game di PS4. Bagi yang belum tahu, program Early Access yang diimplementasikan di Steam memungkinkan para developer untuk menjual game mereka yang belum jadi, lantas mengajak para pembeli game tersebut untuk ikut serta dalam pengembangan game dengan memberikan saran dan kritik, serta terus mendapatkan update game tersebut. Biasanya, para pembeli versi Early Access ini mendapatkan berbagai kesempatan eksklusif, seperti memainkan game yang sudah jadi lebih awal dibandingkan yang lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh VP of Developer Relations, Adam Boyes dalam sebuah kesempatan. Kepada Gamasutra, Adam mengungkapkan bahwa rencana Early Access ini tengah menjadi perbincangan yang serius di kalangan internal mereka. "Kami tengah bekerja untuk itu saat ini," yakin Boyes. "Kami masih mencari tahu cara mana yang oke. Kami juga mendiskusikan seperti apa daftar tersebut nantinya dan apa saja halangannya. Kami berada di suatu titik dimana kami memastikan apa yang menjadi perhatian konsumen," jelasnya panjang lebar.

Sony Siapkan Program Early Access ala Steam untuk PS4?

"Kami tidak ingin seseorang nantinya berekspektasi terhadap suatu produk, namun mendapatkan pengalaman negatif dari sistem ini. Jadi, ini masih menjadi proyek yang masih kami pertimbangkan. Tidak ada detail resmi sampai saat ini, tetapi ini menjadi prioritas pikiran saya setiap hari," lanjutnya. Ini bukanlah kali pertama Sony mendiskusikan sistem Early Access ini. Sebelumnya dalam E3 2014 lalu, Worlwide Studio Boss dari Sony, Shuhei Yoshida sempat mengungkapkan ketertarikannya terhadap hal ini, dan menyebutnya sebagai salah satu opsi yang bisa diterapkan di waktu-waktu yang akan datang.

Valve sendiri pertama kali meluncurkan Early Access tahun lalu dengan 12 judul, dan sampai satu tahun ini tercatat sudah ada sekitar 226 judul yang dirilis menggunakan metode ini. Salah satunya adalah game yang dikembangkan oleh developer Indonesia, Toge Productions yang sudah merilis versi Early Access dari Infectonator Survivors pada bulan April lalu. Jika benar Sony akan mengimplementasikan sistem ala Early Access milik Steam ini, tentunya akan menjadi kabar bagus bagi developer indie yang berencana mengembangkan game untuk PS4 dan semakin mengukuhkan dukungan Sony terhadap developer indie yang selama ini sering mereka dengungkan.

[Sumber: Gamasutra]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU