Wayward Souls, Random Dungeon Action RPG Dengan “Permanent Death!”

Wayward-Souls-1

RocketCat Games (Punch QuestMage Gauntlet) merilis game terbaru mereka, Wayward Souls, yang dianggap sebagai sekuel Mage Gauntlet. Pertama kali hadir di iOS 24 April 2014 lalu, dan versi Android menyusul akhir pekan kemarin melalui publisher Noodlecake Studios Inc.

Wayward-Souls-2

Game tersebut mengangkat gameplay dungeon crawler dengan level yang random (juga mengingatkan kami pada Diablo) dan kematian karakter yang permanen. Game yang dikembangkan selama 2 tahun ini pun langsung dipandang sebagai game yang menantang berkat gameplay yang cepat, dimana pertarungannya yang bergantung pada usaha kalian yang pas dalam menyentuh touchscreen serta menyapukan jari akan sangat berperan besar, selain taktik, posisi karakter ketika akan menyerang, dan juga timingnya, akan mempengaruhi seberapa lama karakter akan selamat dari kematian.

Wayward-Souls-3

Wayward Souls menjadi salah satu game yang meninggalkan kebiasaan menyertakan d-pad atau tombol pada layar, dan memaksa kita mengendalikannya dengan sentuhan. Layar sentuh smartphone atau tablet dibagi dua sisi, yang kiri untuk pergerakan karakter (sentuh dan tahan, lalu arahkan ke 4 arah dimana karakter kalian minta untuk berjalan). Sayangnya, pergerakan hanya 4 arah, bukan 8 arah, yang pasti akan mempermudah kita selama menyerang musuh. Kemudian untuk sisi kanan layar sentuh, digunakan untuk menyerang. Cukup sentuh untuk satu ayunan pedang, tambahkan beberapa kali sentuhan untuk comco, dan sapukan jari ke bawah atau atas untuk serangan spesial.

Wayward-Souls-4

Kontrolnya mudah? Ya, mudah. Namun tetap perlu kecepatan dan timing. Terutama ketika musuh yang munculnya bisa bergerombol banyaknya mengepungmu. Kalian perlu mencari posisi yang tepat agar tidak terperangkap, karena mereka dibuat cukup kuat, dan serangannya tidak kalah mematikan. Seandainya tanpa kematian permanen dan musuh yang sangat menantang itu tadi, penulis jadi teringat game klasik Seiken Densetsu (Secret of Mana) dari Squaresoft selama memainkannya. Mulai dari visual berbasis sprite, pergerakan karakternya, dan cara mereka bertarung. 

Wayward-Souls-15

Wayward-Souls-12

Pertama kali memainkannya, kalian langsung mengendalikan salah satu class, Warrior. Awalnya sekadar sebagai tutorial saja, dan kami yakin, dalam selama pertarungan boss, kalian pasti tewas. Saat itulah kalian menyadari, kematian dalam game ini adalah permanen, dan kita dipaksa untuk memulai dari awal. Dua kelas lain akan terbuka, yaitu Mage dan Rogue. Total ada enam class, namun sisanya terbuka seiring berjalannya permainan dan kalian menyelesaikan dungeon lainnya. Jika pertarungan di tutorial tadi kalian anggap sudah sudah susah, maka jangan kaget, musuh yang aslinya lebih agresif dan dijamin akan membuatmu putus asa.

Wayward-Souls-11

Selama mejelajahi dungeon, kalian bakal menemukan item, sebagian besar untuk melancarkan serangan spesial atau ability karakter, selain coin, yang bisa kalian gunakan untuk membeli upgrade untuk memperkuat karakter. Salah satu itemnya, adalah healing potion, yang akan sangat dibutuhkan untuk memulihkan health. Selain itu, kalian juga bisa pulihkan health karakter dengan turun berpindah ke lantai selanjutnya. Kemudian untuk musuhnya yang begitu menyusahkan, sebenarnya mereka memiliki pola serangan yang sama. Pelajari saja, dan selalu pancing menjauh agar mereka tidak mengepung karakter. Terkadang kalian menemukan juga semacam kuil yang memberikan efek buff sementara, jadi tidak perlu kuatir beberapa serangan musuh bersarang di tubuh karakter. Selain shrine, juga ada ruangan forge yang memberi opsi dua upgrade untuk equipment.

Wayward-Souls-10

Wayward-Souls-16

Keseluruhan, Wayward Souls menjual tantangan bermainnya, dan juga kematian permanen yang akan memaksamu bertarung taktis. Ada sedikit cerita dalam game, dan berbeda untuk setial class. Namun kami sendiri juga tidak terlalu memperhatikannya karena lebih larut pada gameplay. Dan jika kalian tidak masalah dengan kematian permanen dan labyrinth yang random, bisa menebus game ini yang dijual seharga Rp. 54,346 di Play Store, dan Rp. 69 ribu di App Store. RocketCat juga berencana menaikkan harga game ini sebesar $1 setiap kali ada update besar, jadi makin awal kalian membelinya, maka kalian akan mendapatkannya lebih terjangkau.

  • Dapatkan Wayward Souls versi iOS melalui Apple App Store. Membutuhkan minimal iOS versi 5.0 dan jatah storahe 38.7 MB.
  • Dapatkan Wayward Souls versi Android melalui Google Play Store. Membutuhkan minimal Android versi 2.3 dan jatah storahe 44 MB.

Wayward Souls – Android Trailer

Wayward Souls, Random Dungeon Action RPG Dengan “Permanent Death!”

RocketCat Games merilis game terbaru mereka, Wayward Souls, yang dianggap sebagai sekuel Mage Gauntlet. Pertama kali hadir di iOS 24 April 2014 lalu, dan versi Android menyusul akhir pekan kemarin. Berikut impresi Duniaku!

Abaikan

Sumber: Official Site


SHARE
Previous articleWhat If : Final Piala Dunia 2014 Mengulang Final di Manga Shoot! Legend of a New Age
Next articleBulan Juli Penuh Berkah di Knight Age Indonesia
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.