What If : Final Piala Dunia 2014 Mengulang Final di Manga Shoot! Legend of a New Age

shoot 02

Final Piala Dunia 2014 telah berlalu. Pertandingan yang menghadirkan aksi antara timnas “Panser” Jerman dengan tim “Tango” Argentina ini sebelumnya diprediksi akan berlangsung ketat. Sebagai penghangat suasana, banyak pakar sepakbola yang memperkirakan bahwa final ini adalah pembuktian Messi di timnas Argentina sebagai bintang andalan tim Tango. Sebaliknya, para pakar menganggap kemampuan para punggawa di timnas Jerman bisa dibilang merata. Jerman kali ini tidak mengandalkan kemampuan seorang bintang seperti Ronaldo di timnas Portugal, Neymar di Brasil, ataupun Messi diArgentina, tapi mereka mengandalkan kemampuan yang merata di segala lini.

Profil finalis di Piala Dunia 2014 ini mengingatkan penulis akan cerita di sebuah manga. Mungkin di antara citizen ada yang masih ingat dengan manga Shoot!? Ya, menurut penulis, final Piala Dunia kali ini seperti final ulangan di manga Shoot! Legend of a New Age, dimana kesebelasan Kakegawa, klub sepakbola SMA yang menjadi fokus cerita di manga ini, melawan Kurihama, klub sepakbola SMA yang baru saja menjalani debut mengikuti kompetisi di kejuaraan sepakbola antar SMA di Jepang.Kemiripan final di manga ini dengan final Piala Dunia adalah bahwa Kakegawa dan Kurihama memiliki karakter yang mirip dengan timnas Jerman dan timnas Argentina. Kakegawa sebagai juara bertahan memiliki pasukan yang tiap posisinya diisi pemain yang matang. Kakegawa dengan bermodalkan pemain seperti Toshi, Kazuhiro, Kenji, Kamiya, Nitta, Akahori, dan lainnya membuat tim ini memiliki pasukan yang komplit. Andaikata tim ini adalah sebuah negara, mereka bisa dibilang sebagai REPUBLIC FOOTBALL.

shoot 00

Karakter tim Kakegawa ini menurut penulis mirip dengan timnas Jerman. Tanpa mengandalkan orang tertentu, Jerman memiliki pasukan yang merata di segala lini, sebut saja Müller, Khedira, Götze, Neuer, Lahm, dan lainnya.

Jerman

Di sisi lain, Kurihama sebagai tim debutan di kompetisi SMA Jepang memiliki pemain andalan mereka yaitu Hiro Ito. Layaknya sang raja, Hiro Ito sang “Miracle Lefty” memimpin Kurihama sebagai FOOTBALL KINGDOM.

Hal ini mirip dengan timnas Argentina saat ini, dimana orang-orang berharap Lionel Messi dapat bermain bagus dalam memimpin timnas Argentina.

Maka dari itu dilihat dari betapa kontrasnya kedua tim yang berlaga, penulis menjadi teringat kembali dengan adegan final di Shoot! Legend of a New Age. Walaupun jalan pertandingannya agak berbeda, dimana pertandingan antara Kakegawa dan Kurihama diwarnai kejar-mengejar gol. Sedangkan seperti yang kita saksikan di final Piala Dunia, Jerman dan Argentina bertanding dengan ketat hingga perpanjangan waktu babak kedua dimana Mario  Götze mencetak gol penentu dan akhirnya Jerman menjadi juara Piala Dunia untuk yang ke-4 kalinya. Walaupun tidak sama persis, tidak ada salahnya kita mengenang kembali kisah-kisah seru di masa lalu, seperti pada manga Shoot! ini.

shoot 01

Shoot! merupakan manga shonen bertema sepakbola karya Ooshima Tsukasa. Shoot! pertama kali diterbitkan Kodansha dan Shounen Magazine pada tahun 1990 dan berakhir 1996 sebelum dilanjutkan ceritanya lewat prequel (kisah masa SMP) dan sequelnya hingga tahun 2003. Manga Shoot! mendapatkan penghargaan sebagai manga terbaik dalam Kodansha Manga Award untuk kategori Shonen pada tahun 1994. Di Indonesia sendiri, Shoot! diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

shoot


SHARE
Previous articleGame Ini Tidak Sepenuhnya FREE FREE FREE FREE FREE 2 PLAY!
Next articleWayward Souls, Random Dungeon Action RPG Dengan “Permanent Death!”
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.