“Cyber Cafe Solution”, Solusi Warnet Hemat dari Digital Eight

Cyber Cafe Solution

Permintaan masyarakat atas kebutuhan teknologi dan internet belakangan ini semakin meninggi. Terutama untuk kalangan gamers yang membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Ini merupakan sebuah tantangan bagi para pemilik Cyber Cafe atau warnet jika ingin terus dikunjungi konsumen.

Dari press release yang diterima duniaku, hal ini coba dibahas oleh Digital Eight lewat acara yang mereka buat dengan tajuk “Cyber Cafe Solution” merupakan acara sharing dari para pakar untuk para pemilik maupun pengelola Cyber Cafe atau Warnet. Bersama AMD dan Western Digital (WD) acara ini menberikan solusi bagi warnet agar dapat menghemat biaya operasional mereka sehari-hari.

Cyber Cafe Solution (2)

Pertama, Bapak Frankie Widjaja selaku Channel Division Manager dari AMD, memperkenalkan produk AMD hemat listrik, Accelerated Processing Unit (APU). APU merupakan gabungan dari prosesor dan graphic card (GPU) ini menjadi salah satu solusi hemat daya dan hemat biaya. Selain konsumsi listriknya lebih rendah ketimbang menggunakan PC konvensional (prosesor dan GPU), harga barangnya pun lebih murah dibanding dengan komponen sejenis yang memberikan kekuatan yang sama.

Sementara Bapak Romi Hidayat selaku Lab Coordinator dari majalah CHIP Indonesia, mendemokan unit yang menggunakan APU tersebut. Hasilnya, game yang dicoba tampil impresif, karena dengan unit yang memiliki harga terjangkau masih dapat menjalankan game ‘berat’ seperti Tomb Raider maupun Grid 2.

Cyber Cafe Solution (3)

Dari perwakilan Western Digital (WD), Bapak Rahmat S. Dino dan Bapak Alvin Wong memperkenalkan Network Attached Storage (NAS) sebagai salah satu solusi untuk tempat penyimpanan data di warnet. NAS bisa menjadi pusat data yang bisa diakses oleh para pengguna warnet bersama-sama. Lalu, ditambah dengan Synology maka penggunaan NAS akan menjadi lebih optimal. Seperti kemudahan share foto langsung dari perangkat mobile dan sebagainya.

Cyber Cafe Solution (4)

Terakhir dari Digital Eight selaku game publisher, Bapak RH. Blantran de Rozari, Sales & Promotion Manager di Digital Eight, menjelaskan tentang event Warnet Reward Program (WRP) dari Digital Eight yang intinya adalah sebuah program win-win solution antara Digital Eight dengan pemilik Cyber cafe atau warnet. Program berhadiah untuk mencari user atau gamer bersama ini rencananya akan digelar mulai dari bulan Agustus 2014 ini.

Acara yang turut dihadiri Asosiasi Pengusaha Warnet Indonesia (APWI) dan Komunitas Warnet Indonesia (KWI) berlangsung pada 12 Juli 2014 lalu, sebagai awal dari acara serupa yang rencananya akan dibuat rutin di kota-kota lain.

 


SHARE
Previous articlePasukan Ultron Menampakkan Diri di Cover Terbaru Majalah EW
Next articlePara Bidadari yang Menghiasi Pertandingan Piala Dunia 2014
Lulusan Politeknik Negeri Jakarta yang belum puas kuliah, tapi udah sering nulis di media online. Suka game dari kecil, tapi gak pernah fokus. Alhasil, cuma bisa nge-PES doang. Namun, dunia jurnalistik membawanya ingin mengetahui semua hal di dunia, terutama Game dan Sepak Bola. Dan sekarang, Ia coba mewujudkannya!