Di Masa Depan, Menyetir Mobil akan Semudah Bermain Game Racing

duniaku-jaguar-2

Bagi kamu yang merupakan penggemar game-game racing seperti Forza Motorsport maupun Gran Turismo pastinya mengenal teknologi seperti Ghost Car dan Driving Line. Ya, fitur-fitur tersebut sangat membantu dalam game untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam sebuah balapan, seperti misalnya dengan menggunakan Driving Line, kita bisa mengambil tikungan dengan benar, dan mengerem di saat yang tepat. Lantas, bagaimana jadinya jika fitur-fitur tersebut nantinya juga bisa kita manfaatkan di mobil masa depan?

Produsen mobil yang berbasis di Inggris, Jaguar kini tengah mempelajari bagaimana nantinya fitur-fitur tersebut diterapkan dalam sebuah mobil sungguhan, sehingga membuat pengalaman mengendarai mobil di masa yang akan datang akan semudah bermain game racing. Semua fitur tersebut akan diimplementasikan dalam sebuah teknologi Virtual Windscreen yang ditanamkan Jaguar untuk mobil Land Rover baru mereka.  Ide awalnya, Virtual Windscreen nantinya akan bertindak ala Head up Display (HUD) dalam game, dimana apa pun yang akan kamu temui di jalan akan diproyeksikan secara langsung ke sebuah layar. Bukan hanya itu, dalam Virtual Windscreen ini kamu juga bisa melihat Driving Line (menentukan jalur yang aman untuk dilewati, serta waktu yang tepat untuk mengerem dan tancap gas), serta Ghost Car seperti dalam balapan di Forza maupun Gran Turismo, yang ditampilkan berdasarkan data-data yang didapat sepanjang perjalanan.

Selain membantu pengendara mobil konvensional, teknologi ini nantinya diharapkan juga membantu para pembalap untuk mencapai performa yang lebih baik di trek. Pembalap bisa melihat sendiri komparasi waktu antara lap satu dengan lap lainnya, bahkan saling balapan dengan Ghost Car yang direkam berdasarkan performa lap sebelumnya atau dari pembalap lain. Sama seperti dalam game racing, kamu juga bahkan bisa menandingkan waktu lap yang kamu dapatkan dengan teman-temanmu!

Di Masa Depan, Menyetir Mobil akan Semudah Bermain Game Racing

Dengan teknologi baru yang tengah digodok di markas Jaguar ini, nantinya di masa depan menyetir mobil akan semudah memainkan game-game racing seperti Gran Turismo atau Forza Motorsport. Penasaran?

Abaikan

“Kami tengah bekerja dalam sebuah proyek penelitian yang bisa memberi informasi yang lebih baik kepada pengendara untuk meningkatkan pengalaman berkendaranya,” ungkap Dr. Wolfgang Epple, Director of Research and Technology dari Jaguar dalam pernyataan resminya. “Dengan menampilkan pencitraan berkualitas tinggi, pengendara hanya perlu melihat ke diplay sesekali saja. Display akan menampilkan gambar virtual yang bisa membantu pengendara untuk menentukan kecepatan dan keputusan-keputusan lain yang bisa menguntungkan baik digunakan untuk sehari-hari maupun untuk balapan di trek,” lanjutnya.

Teknologi lain yang tengah dikembangkan Jaguar untuk Land Rover baru mereka ini adalah implementasi sensor gerakan yang terinspirasi dari smartphone dan konsol. “Kendali gerakan tubuh sudah menjadi bentuk baru dalam mengendalikan sesuatu mulai dari TV hingga konsol game. Langkah logis selanjutnya adalah penggunaan gerakan tubuh untuk mengendalikan fitur-fitur di dalam mobil. Kami tengah mengidentifikasikan fitur mana yang masih harus dikendalikan dengan tombol fisik, dan fitur mana yang bisa dikendalikan dengan gerakan tubuh,” lanjut Epple. “Beberapa sistem yang tengah kami coba antara lain wiper belakang dan peta navigasi satelit,” pungkasnya.

duniaku-jaguar-1

Tentunya teknologi ini semakin menambah panjang daftar teknologi yang akan mempermudah pengendara mobil. Sebelumnya, Google dan nVidia juga sempat memperkenalkan teknologi Android Auto, yang memasukkan teknologi-teknologi di Android ke dalam sebuah mobil sungguhan.

[Sumber: Polygon]


SHARE
Previous articleClosed Beta Game Racing Online Open World The Crew Dibuka 21 Juli, Khusus Untuk PC!
Next articleComic-Con 2014: Agent Carter dan Agents of S.H.I.E.L.D. Crossover di Poster Terbaru
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.