nVidia Benar Siapkan Shield Tablet, Sarana Bermain Mobile Game Berkekuatan Konsol

Shield-Tablet-4

Kembali satu rumor akan berakhir dengan senyuman. Sebelumnya kita pernah menuliskan, jika nVidia berencana untuk meluaskan seri Shield mereka dengan sebuah tablet, yang sama seperti handheld Shield, terfokus pada kemampuan mobile gaming. Dan sekarang, walaupun belum resmi dikonfirmasikan, namun kita mendapatkan bocoran seperti apa Shield Tablet yang sebelumnya dirumorkan sedang disiapkan oleh nVidia.

Sumber kami memuntahkan semua isi Shield Tablet tersebut, mulai dari seperti apa desainnya, yang juga sempat dibocorkan oleh sebuah akun Twitter spesialis membocorkan gadget yang belum resmi dikonfirmasikan, Evleaks. Melalui beberapa file slide yang sepertinya berupa presentasi seperti apa dan bagaimana Shield Tablet tersebut, kita mendapatkan gambaran yang sangat jelas.

Shield-Tablet-2

Shield Tablet menggunakan layar 8-inchi dengan resolusi full HD 1920×1200-pixel, menggunakan mesin terkuat nVidia, taitu Tegra K1 yang memiliki empat core prosesor berbasis inti ARM Cortex-A15 (masih yang berteknologi 32-bit), memory 2GB RAM, ditawarkan dalam dua pilihan model (Wi-Fi 16GB dan LTE 32GB), dengan harga penawaran yang sangat-sangat terjangkau untuk sebuah “monster” berkekuatan Tegra K1, yaitu US $299 dan $399, atau sekitar Rp. 3,5 jutaan dan 4,7 jutaan. Di Amerika Serikat, Vidia berencana mulai menjualnya pada 29 Juli 2014, disusul Eropa mendapatkannya pada 14 Agustus, dan juga wilayah lainnya akhir tahun ini. Untuk sebuah tablet berspesifikasi tinggi, ukuran yang masih masuk akal digenggam dengan sebelah tangan, serta harga yang terjangkau, mari sama-sama berharap juga bakal masuk ke Indonesia.

Shield-Tablet-5

  • Harga: $299 untuk Wi-Fi 16GB, $399 untuk LTE 32GB (Shield Controller dijual terpisah dengan harga US $59, sekitar Rp. 700 ribuan)
  • Tegra K1 (quad-core A15) dengan kecepatan 2.2GHz
  • 2GB RAM
  • Dua varian Wi-Fi dan LTE (Wi-Fi is A/B/G/N yang mendukung koneksi 2×2 MIMO untuk kestabilan sinyal)
  • Model LTE (untuk pasar US): bands 2, 4, 5, 7, 17 (di-bundling bersama paket operator AT&T dan T-Mobile) – juga ada varian LTE internasional (bands 1, 3, 7, 20)
  • Internal storage 32GB (LTE model) / 16GB storage hanya untuk varian Wi-Fi
  • Layar 8-inchi 1920×1200 IPS LCD
  • Disediakan nVidia DirectStylus 2 dalam paket pembelian
  • Dua corong speaker stereo yang menghadap depan dengan dua port bass reflex
  • Slot MicroSD hingga 128 GB
  • Kamera depan 5-megapixel, kamera belakang 5-megapixel
  • Bluetooth 4.0 LE
  • GPS
  • Mini HDMI 1.4a port
  • Baterai berkapasitas 19.75 Watt-hour battery, atau sekitar 3950-mAh, dengan estimasi 10 jam waktu playback video
  • Mendukung update secara OTA langsung dari nVidia

Shield-Tablet-7

Shield Controller akan terhubung dengan tabletnya melalui Wi-Fi Direct, dan menjanjikan respon yang lebih cepat dibandingkan koneksi melalui Bluetooth (sekitar 10ms) dan juga mendukung lebih “data throughput” yang lebih besar, yang bisa jadi dibutuhkan karena kontroler nirkabel tersebut juga memiliki headphone jack built-in yang juga mendukung voice chat. Dengan harga $59 (tidak termasuk dalam paket tabletnya), memang lebih mahal dibandingkan tipikal kontroler gamepad mobile gaming standar lainnya. Namun melihat kualitas build nVidia, seperti melalui handheld Shield mereka yang di atas standar juga, kita bisa berharap kontroler ini tidak terlihat murahan dalam genggaman tangan.

Shield-Tablet-1

Sumber kami juga menjelaskan beberapa hal lain berhubungan tablet tersebut, seperti adanya cover Shield Tablet denga harga $40, yang berfungsi membuat tablet ini bisa berdiri di atas bidang datar, dan kita bebas meletakkannya dengan nyaman ketika memainkan game menggunakan kontroler Shield. Kemudian juga dijelaskan, jika tablet ini dibangun dengan material “magnesium thermal shield,” yang berfungsi untuk mengurangi efek panas dari hardware-nya. Wajar, dengan GPU berbasis GPU desktop Kepler dengan 192-core, pasti akan lebih cepat menghangat. Semoga saja pemilihan material ini benar-benar mampu meredam panas GPU dan prosesornya, dan membuat pengguna Shield Tablet tetap nyaman dan tidak merasa kuatir dengan perubahan suhu tablet mereka.

Sumber: VideoCardz, Evleaks


SHARE
Previous articleMenjadi Patriot Dalam DLC Sniper Elite 3. Misi Pertamanya, Melindungi Winston Churchill
Next articleKetika Emosi dan Kepribadian Pemain Mempengaruhi Pertandingan dalam FIFA 15
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.