Respon Atas Galaxy S5 LTE-A, LG Tawarkan Rival Sepadan Melalui LG G3 Cat. 6

LG-G3-Cat.6

LG G3 merupakan tipe tertinggi yang diajukan LG untuk kelas smartphone. Secara hardware, Android pertama dengan kamera berfokus laser tersebut juga mengajukan salah satu mesin terkuat saat ini, Snapdragon 801. Namun agaknya itu belum cukup bagi LG, karena di Korea sana mereka mengkonfirmasikan satu varian baru yang menjadi sekadar upgrade hardware saja. Melalui LG G3 Cat. 6, LG berusaha menawarkan pilihan smartphone yang sudah mendukung koneksi data LTE-Advance. Basisnya sama seperti LG G3 yang sudah beredar belum lama ini, namun dengan upgrade di beberapa bagian.

Melalui LG G3 Cat. 6, siapa pun penggunyanya bisa mengakses kanal data berkecepatan tinggi Category 6 LTE, dengan klaim kecepatan unduh hingga 225 Mbps. Di Korea sendiri, operator selular di sana sudah mengadopsi teknologi tersebut, dan tinggal pilihan gadgetnya saja yang bisa memaksimalkannya. Dalam press release-nya, menggunakan LG G3 Cat. 6 kalian bisa mengunduh file musik berukuran 80 MB hanya dalam waktu 2.8 detik saja, dan film sebesar 1 GB hanya dalam 36.4 detik. Sekali lagi, itu sekadar teori saja.

Untuk mendukung jaringan LTE dengan bandwidth tinggi tersebut, LG pun harus mengganti chipset LG G3 dari Qualcomm Snapdragon 801 menjadi Snapdragon 805 yang lebih baru, dan juga memiliki fitur multimedia yang lebih baik. Selain dukungan Cat 6, prosesor barunya juga meningkat kecepatannya menjadi hingga maksimal 2.7 GHz pada setiap intinya. Bandingkan dengan Snapdragon 801 yang hanya mencapai maksimal 2.5 GHz saja. Kemudian untuk makin mengakomodir kebutuhan merender resolusi 2K, GPU-nya kini menggunakan Adreno 420, didukung 3 GB RAM, dan internal storage 32 GB + slot micro SD hingga 128 GB.

LG belum mengungkapkan berapa harganya (pasti mahal, karena rivalnya saja mematok harga lebih dari Rp. 10 jutaan), namun bakal dirilis hanya di Korea mulai 25 Juli, dengan pilihan warna Metallic Black, Silk White, dan Shine Gold.

[cb type=”company”]LG[/cb]

Samsung Galaxy S5 LTE-A

Samsung-Galaxy-S5-LTE-A-2

Sebelumnya, rekan senegaranya, Samsung, sudah lebih awal mengenalkan smartphone flagship dengan dukungan koneksi LTE-A melalui Samsung Galaxy S5 LTE-A (sempat diduga sebgai Galaxy S5 Prime). Berbeda dengan LG G3 yang sebenarnya sama, Samsung lebih sudah menawarkannya sebagai model yang berbeda dibandingkan Galaxy S5.

Spesifikasinya jelas juga serupa dengan apa yang ditawarkan LG. Ada chipset Snapdragon 805, 3GB RAM, 32GB internal storage, slot micro SD hingga 128GB, kamera 16-megapixel, kamera depan 2-megapixel, menjalankan Android 4.4 KitKat, resolusi layar 2K alias WQHD dengan resolusi 1440×2560-pixel dari bahan Super AMOLED, yang dihitung memberikan layar 5.1 inch-nya kerapatan 577-ppi. Bukan hanya itu saja, Galaxy S5 LTE-A juga tidak kehilangan fasilitas anti air dan debu.

Samsung-Galaxy-S5-LTE-A-1

Samsung hanya menjualnya di Korea saja, dan tersedia sejak akhir Juni 2014 kemarin dengan harga 940,500 won, atau sekitar Rp. 11 jutaan, dengan pilihan Charcoal Black, Shimmer White, Electric Blue, Copper Gold, Sweet Pink, dan Glam Red.

Sumber: LG, Samsung


SHARE
Previous articleNewbee Menangkan Turnament Dota 2 The International 2014
Next articleSambut Kemeriahan Indonesia Game Show 2014!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.