Mainkan Game of Thrones Ascent di Android dan iOS. Cara Baru Nikmati Cerita A Song of Ice and Fire

Game-of-Thrones-Ascent-9

Mereka yang mengikuti novel A Song of Ice and Fire atau serial TV Game of Thrones, pasti sama seperti kami berpikir game yang cocok untuknya berjenis action adventure atau RPG, apalagi jika berharap mendapatkan gameplay yang seru. Pada kenyataannya, beberapa versi game dari Game of Thrones, yang lebih banyak mengambil referensi dari novelnya, tidak mendapatkan respon yang baik.

Game-of-Thrones-Ascent-1

Seperti A Game of Thrones: Genesis yang berjenis real-time strategi untuk PC dan dirilis akhir 2011 lalu, kemudian juga Action RPG berjudul Game of Thrones yang dirilis Atlus pertengahan 2012 lalu untuk PC, X360 dan PS3. Jika game strateginya banyak dikritik karena grafis yang tidak sebanding dengan teknologi tahun 2011, serta gameplay-nya keseluruhan yang lambat (ditambah ceritanya pun juga berbeda dari sumber adaptasinya), maka Action RPG-nya masih mendapat pujian berkat plotnya yang menarik (walaupun berada di dunia paralel), namun tetap saja dinilai tidak memuaskan di sisi grafis dan gameplay.

Game-of-Thrones-Ascent-2

Baru melalui Game of Thrones Ascent yang dikembangkan oleh Disruptor Beam (developer indie yang juga baru mengkonfirmasikan sebuah strategi RPG Star Trek Timelines), dan dirilis sebagai game sosial berbasis konsep freemium dengan sokongan in-app purchase di Facebook dan portal game flash Kongregate, Game of Thrones dinilai mendapatkan sebuah game yang sangat pantas. Game yang dikembangkan secara kolaborasi dengan HBO dan George R.R. Martin tersebut menggabungkan unsur penyampaian cerita (berbasis teks) dan strategi.

Game-of-Thrones-Ascent-3

Melalui game tersebut, kalian bisa memimpin hidup seorang bangsawan selama masa kekacauan yang digambarkan dalam novel dan serial TV-nya. Menurut kami, yang menarik dari Game of Thrones Ascent, kalian bebas memilih akan bekerjasama dengan keluarga yang mana dalam game (mulai House Baratheon, House Greyjoy, House Lannister, House Stark, House Targaryen,House Tully, House Martell hingga House Tyrell), dan tiap keluarga memiliki kekuatannya sendiri. Ceritanya sendiri diadaptasi dari versi novelnya, namun ada skenario orisinal (yang sama sekali tidak melenceng dari versi novelnya), mengingat kita mengendalikan karakter kita sendiri. Selain itu, kita akan bertemu dengam banyak karakter dari novelnya, dan akan mendapat banyak opsi menentukan pendapat selama permainan, dengan respon yang kita ambil bisa menentukan apakah karakter bisa menjadi lord yang baik, jahat atau netral di Westeros.

Game-of-Thrones-Ascent-4

Game yang dirilis Februari 013 ini sempat mendapat penghargaan 2013 Facebook Game of the Year dalam kategori Staff Picks, dan juga memenangkan 2013 Friendie Award. Sebulah setelah dirilis, Disruptor Beam juga sempat menyebutkan jika mereka bakal mengembangkan juga versi mobile-nya, dengan rencana rilis kuartal kedua 2014. Saat itu disebutkan jika pihaknya bakal merubah semua antar muka permainannya, agar sesuai dengan tampilan layar sentuh.

Game-of-Thrones-Ascent-5

Berlanjut akhir pekan kemarin, akhirnya versi mobilenya dirilis. Sama seperti versi game Flash-nya, game ini masih sama digratiskan dengan banyak in-app purchase mengancam, serta digambarkan sebagai sebuah role playing game dengan gameplay yang terfokus pada penyampaian narasi melalui tulisan.

Game-of-Thrones-Ascent-6

Kalian memulai permainan dengan membuat karakter yang bertanggung jawab atas House-nya sendiri, dan berjanji mendukung keluarga lainnya di kerajaan fiksi di Westeros. Secara teknis memang kalian tunduk di bawah lord yang didukung, namun tujuan utamamu di sini adalah mengumpulkan kekayaan dan kekuatan sebanyak-banyaknya and sembari mengikut jalan ceritanya. Untuk itu, kalian bisa berdagang, berperang, melihat skenario pengkhianatan, berinteraksi dengan beragam karakter dan skutu dari versi novelnya, seiring cerita berkembang sepanjang season pertamanya. Apa yang diberikan developer begitu mendetail dan tidak melenceng jauh dari referensi aslinya. Penggemar novel atau serial filmnya bisa jadi terhibur, namun senadainya berharap ada aksi yang seru, lebih baik mencari di game lain saja, karena di sini kalian akan lebih banyak membaca dan membuat keputusan yang tepat. Selain itu, elemen RPG seperti crafting, merekruit hero, serta keberadaan guild juga bisa ditemui sepanjang permainan.

Game-of-Thrones-Ascent-7

Sebagai game freemium yang free-to-play, in-app purchasenya bisa kalian pandang sanagt membantu, atau justru menjadi ancaman. Yang jelas mata uang untuk mempercepat proses membangun kota atau mempercepat kembalinya pasukanmu dari perang, dibutuhkan Silver dan Gold, yang ditawarkan dengan harga mulai 60 ribu hingga 1,2 juta. Untuk Silver mungkin lebih mudah didapatkan dalam game, sedangkan yang Gold, jika ingin lebih cepat, tidak ada jalan selain memburu IAP-nya.

  • Dapatkan Game of Thrones Ascent versi iOS melalui Apple App Store. Membutuhkan iOS minimal versi 6.0 dengan jatah storage 90.7 MB.
  • Dapatkan Game of Thrones Ascent versi iOS melalui Apple App Store. Membutuhkan iOS minimal versi 6.0 dengan jatah storage 90.7 MB.

Mainkan Game of Thrones Ascent di Android dan iOS. Cara Baru Nikmati Cerita A Song of Ice and Fire

Mereka yang mengikuti novel A Song of Ice and Fire atau serial TV Game of Thrones, kini bisa membawa ceritanya secara mobile, karena Kongregate merilis game mobile terpopulernya untuk Android dan iOS.

Abaikan


SHARE
Previous articleEA Ingin Rilis Battlefront Mendekati Jadwal Rilis Star Wars Episode VII
Next articleComic-Con 2014: Tampilan Pertama The Hobbit: The Battle of The Five Armies
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.