Tips dan Trik Bermain Clumsy Ninja

Clumsy-Ninja-7

  • Dev./Pub.: Natural Motion Games Ltd.
  • Minimum Spec: Android 2.3, iOS 5.0
  • Dapatkan Clumsy Ninja versi iOS melalui Apple App Store. Membutuhkan iOS minimal versi 5.0 dengan kebutuhan storage 94 MB.
  • Dapatkan Clumsy Ninja versi Android melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 2.3 dengan kebutuhan storage 91 MB.

Virtual Pet Dengan Bentuk Ninja

Bila kamu bertanya sebenarnya apa sih “virtual ninja” itu? Maka jawaban yang paling mudah dimengerti adalah “game tentang peliharaan yang harus kamu latih agar ia berkembang menjadi peliharaan yang lebih baik dengan menguasai trik-trik menarik.” Tentu saja, kata-kata “peliharaan” di sini tidak berarti sebenarnya, melainkan dibentuk dalam seorang Ninja dalam garapan Natura Motion yang berjudul Clumsy Ninja. Game ini mendapatkan respon yang cukup baik dari berbagai kalangan, terutama pada saat kamu pertama kali bermain, kamu pasti akan merasa sangat tertarik untuk terus memainkannya

Nah, ninja ini adalah ninja yang tidak bisa apa-apa, dan ceroboh alias “clumsy,” karena itu dalam game ini kamu diberi tugas untuk terus melatihnya hingga ia menjadi ninja yang lebih baik. Animasi pergerakan dari ninja ini pun cukup baik dan kegiatan-kegiatan yang ia lakukan juga cukup menarik. Namun, game ini lama-kelamaan serasa lebih kepada “PR” daripada sebuah game.

Clumsy-Ninja-8

Grafis Ok Namun Gameplay Kurang Menarik

Game ini memiliki animasi yang cukup baik dan karakter yang menarik. Hal ini ditambah dengan grafis yang cukup ok dan hal-hal menarik yang bisa kamu lakukan dengan mengetuk layar sentuhmu untuk menggerak-gerakkan ninja milikmu sesuka hati. Ia bisa kamu putar ke atas atau geser ke kanan dan ke kiri. Hal ini cukup menyenangkan untuk dilakukan di saat kamu sedang bosan dengan berlatih.

Bosan berlatih? Yap, di dalam game ini kamu harus terus-terusan melatih ninjamu dan, yah, hal ini bisa membosankan. Tidak hanya kamu harus terus melakukan hal yang sama berulang-ulang untuk dapat membuka pelatihan baru. Tempat latihan milik ninjamu ternyata juga memiliki masa pakainya sendiri dan kamu harus memperbaikinya. Bila kamu membeli in-app purchase (IAP), maka hal ini akan menjadi mudah, namun bila tidak, kamu bisa menunggu sampai berjam-jam agar tempat pelatihan ini selesai direparasi. Bahkan beberapa barang IAP yang kamu dapat tidak sepenuhnya bisa membuatmu merasa lebih fun ketika memainkan game ini.

Game ini mungkin akan sangat cocok bila dimainkan oleh penggemar game casual yang memang tidak terlalu masalah dengan hal-hal yang repetitif selama permainan berlangsung, namun bagi kamu yang menyukai game yang lebih kompleks dan tidak monoton, kami rasa game ini bukanlah game yang cocok untukmu. Namun game ini terbukti menjadi game gratisan yang dimainkan oleh sangat banyak orang dan cukup populer, dan agar tidak ketinggalan tren, kalian bisa mencobanya. Namun sebelum memainkannya, berikut beberapa tips dari kami.

1. Teruslah Berlatih!

Clumsy-Ninja-5

Hal yang paling sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan experience / XP di dalam game ini adalah dengan terus berlatih. Dengan terus berlatih, kamu akan terus mendapatkan XP dan bisa membuka training item baru. Meski terasa membosankan namun, practice makes perfect!

2. Jangan Membayar Untuk Reparasi

Clumsy-Ninja-4

Setiap kali kamu menggunakan satu item untuk berlatih, maka suatu saat kamu akan diharuskan untuk mereparasi item tersebut. Kamu bisa menunggu alat-alat tersebut untuk diperbaiki dengan sendirinya, atau kamu bisa membayar dengan IAP untuk menyelesaikan perbaikan secara instan. Kami sarankan untuk terus menunggu saja, karena alat-alat ini tidak sekali dua kali saja rusaknya.

3. Selalu Gunakan Koin 

Clumsy-Ninja-3

Meskipun kamu memiliki gem, sebaiknya urungkan niatmu untuk terus-terusan memakainya, karena gem sangat susah untuk didapat dan sebaiknya kamu menggunakan koin untuk menyelesaikan masalah pembayaran di dalam game ini. Gem sebenarnya juga bisa kamu beli melalui IAP, dan memang bila kamu mengalokasikan dana ingin membeli IAP, gunakanlah sepenuhnya untuk gem saja.

4. Jangan Membuka Item Dengan Gem, Gunakan Koin

Clumsy-Ninja-2

Kamu memiliki dua pilihan untuk membuka item, yaitu dengan menaikkan level, atau membukanya dengan gem. Namun sebaiknya, kamu tidak membuang gem milikmu hanya untuk membuka item. Sebab, item-item ini bisa kamu buka dengan cara berlatih. Lebih lama memang, namun hal ini lebih baik daripada kamu harus menghabiskan gem-mu untuk hal-hal yang kurang penting.

5. Letuskan Balon Untuk XP Tambahan

Clumsy-Ninja-1

Bila kamu ingin mendapatkan XP yang jumlahnya lebih  banyak, maka jawabannya adalah dengan meletuskan balon saat berlatih. Balon yang memiliki XP paling tinggi adalah Sky Balloon yang bewarna biru. Namun untuk membuka Sky Balloon, kamu harus membayar sebesar 4 gem.

Tips dan Trik Bermain Clumsy Ninja

Jika virtual pet biasanya berwujud hewan, maka yang satu ini berbeda, karena kalian mengendalikan seorang ninja amatir yang digembleng untuk menjadi ninja yang hebat, melalui proses latihan yang tidak biasa.

Abaikan


SHARE
Previous articleTips dan Trik Bermain CastleStorm Free to Siege
Next articleGame Paling Ditunggu yang Batal dan Tertunda Perilisannya
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.