Elite: Dangerous, Space Combat Open-World Dengan Tujuan 150 Ribu Rasi Bintang

Elite merupakan salah satu franchise penting dalam pengembangan genre space combat. Selain space combat simulation, Elite juga sebuah game open-world yang dicintai di masanya. Bagaimana dengan sekuelnya kali ini?

Elite: Dangerous, Space Combat Open-World Dengan Tujuan 150 Ribu Rasi Bintang

Elite: Dangerous, Space Combat Open-World Dengan Tujuan 150 Ribu Rasi Bintang

  • Platform: PC Mac
  • Developer: Frontier Developments
  • Release Date: Akhir tahun 2014

Elite juga merupakan salah satu franchise terpenting dalam peletakan batu pertama jenis game open-world. Kenapa bukan space combat? Elite mengawali keduanya. Selain space combat simulation, Elite juga sebuah game open-world yang sangat dicintai di masanya. Kali ini sekuel legendarisnya telah berhasil mendapatkan pendanaan patungan di Kickstarter, terima kasih oleh para backer yang menjadi penggemar lawas Elite.

Elite: Dangerous, Space Combat Open-World Dengan Tujuan 150 Ribu Rasi Bintang

Game ini tidak banyak berbeda dengan Star Citizen. Selain komponen space combat-nya, kalian juga akan menemui unsur-unsur seperti penjelajahan, eksplorasi, perdagangan, dan pemburuan harta berhadiah. Kesungguhan mengembangkan ide yang ambisius ini diimbangi dengan para penulis sewaan sang developer, Frontier Developments, yang berasal dari para penulis novel yang bertanggung jawab untuk menggambarkan keseluruhan sistem politik dan faksi yang akan beraksi di Elite: Dangerous. Bahkan disebutkan jika akan ada 150.000 rasi bintang yang tersedia untuk dijelajahi para pengarung luar angkasa nantinya. Rasi bintang tersebut diadaptasi dari data astronomi yang sudah eksis di dunia nyata, dan witampilkan dalam skala 1:1. Menunjukkan aspek open-world-nya, sisa dari dunia dalam game, sekitar empat ratus milyar bintang banyaknya, planet-planet dan bulannya, akan dibentuk secara prosedural menurut model ilmiahnya untuk menghasilkan kesan yang nyata.

Elite: Dangerous menjadi pola dasar dari game sebelumnya, sehingga di sini pun kalian mamulai permainan sebuah pesawat luar angkasa, dan sedikit uang, sebagai bekal mengarungi galaksi, mengembangkan pesawatmu entah dengan cara legal atau ilegal, melalui perdagangan, memburu hadiah, membajak, atau pembunuhan. Settingnya sendiri diambil pada tahun 3300, atau sekitar 50 tahun setelah event dari Frontier: First Encounters, prekuel game ini. Karena kontinuitas cerita, maka figur seperti alien Thargoids dari game sebelumnya juga akan kalian temui kembali.

Elite: Dangerous, Space Combat Open-World Dengan Tujuan 150 Ribu Rasi Bintang

Selain daripada sistem bintang utama yang  berkoloni dan memiliki hukum-nya sendiri, akan ada bagian luar angkasa yang bisa diexplorasi oleh pemain untuk selanjutnya bagi para penemunya diberikan wewenang memberi nama dunia baru itu, mengklaim sumber daya yang ada didalamnya, atau bahkan tetap menyembunyikan keberadaannya agar tak ada pemain lain yang akan datang. Pemain juga diberikan kesempatan mendaratkan pesawatnya di stasiun luar angkasa. Untuk mendaratkan pesawat tersebut juga akan ada teknik tersendiri, untuk memberikan sensasi realistisnya. Pertama, pemain perlu menghubungi pusat komunikasi stasiun untuk memohon izin pendaratan, lalu pemain akan dibimbing untuk mendarat dengan sempurna di tempatnya.

Elite: Dangerous, Space Combat Open-World Dengan Tujuan 150 Ribu Rasi Bintang

Banyak yang bisa dilakukan nantinya di stasiun luar angkasa ini. Selain menjalin hubungan dengan para pengarung luar angkasa lainnya, pemain juga bisa melakukan perbaikan, upgrade, mencari pekerjaan, dan banyak lainnya. Untuk urusan kustomisasi pesawat sendiri, berbagai jenis komponen yang unik hadir untuk kelengkapan kendaraan luar angkasa pemain. Misalnya, ada scanner untuk melacak apa yang pesawat lain bawa. Terkadang komponen-komponen unik ini hanya efisien untuk jenis kapal tertentu. Misal lagi, untuk Combat Specialist, bisa memilih persenjataan fixed-position, senjata berdaya rusak lebih, atau ada persenjataan yang memiliki fungsi auto-target tapi kurang memiliki daya rusak. Masih banyak lagi kedetilan kehidupan luar angkasa yang dirancang dengan sangat luar biasa oleh sang developer.

Elite: Dangerous, Space Combat Open-World Dengan Tujuan 150 Ribu Rasi Bintang

Hukum juga berlaku di luar angkasa Elite: Dangerous. Memang Player vs Player (PvP) ada, namun hal ini tidak direkomendasikan karena adanya hukum yang mengatur wilayah-wilayah di langit berkoloni ini. Ketika pemain memutuskan melakukan serangan di wilayah dengan hukum yang ketat, maka pihak otoritas akan datang menghadang pesawat pemain. Kalau kalian mencobanya lagi di area yang mungkin jarang ada patroli, penambahan nilai buruan untuk kepala kalianlah yang akan bertambah. Kalian malah akan jadi buruan banyak pemain. Satu-satunya cara yang disediakan untuk menghilangkan nilai buronan kalian adalah membayar denda ke federasi pilot. Pastinya tidak dengan harga yang murah.

Elite: Dangerous, Space Combat Open-World Dengan Tujuan 150 Ribu Rasi Bintang

Untuk saat ini, Elite: Dangerous telah hadir dalam versi alpha dan hingga tulisan ini ditulis, versi sempurna game ini belum dirilis. Rencana untuk menawarkan opsi user-created content (konten game yang dibuat oleh pemain sendiri) juga masih dalam pertimbangan. Juga sama dengan Star Citizen, game ini akan mendukung pengendalian melalui Oculus Rift.

Elite: Dangerous Teaser

[youtube id="XGHM6wu1WY4"]

Elite: Dangerous Cobra Teaser

[youtube id="Xg9k7E4ngFw"]

Elite: Dangerous Capital Ship Battle Video

[youtube id="VE8B4KptyVI"]

Elite: Dangerous E3 2014 Trailer

[youtube id="ISR4ebdGlOk"]

Elite: Dangerous Beta Trailer

[youtube id="mx9io7bFR64"]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU