AllWinner A33, Prosesor Quad-Core 50 Ribuan, Target Utamanya Tablet Berlayar 7 dan 8-inchi!

AllWinner-64-bit-1

Minggu lalu produsen chipset Tiongkok AllWinner mengumumkan langkah maju mereka menarget silikon kelas atas dengan mengajukan prosesor berteknologi 64-bit pertamanya. Memang beda dari apa yang biasa mereka tawarkan. Namun seperti yang sudah membuat mereka dikenal luas di ranah tablet kelas bawah, AllWinner tidak melupakan chipset terjangkau. Mereka juga mengkonfirmasikan chipset murah lainnya, Allwinner A33, yang diklaim menjadi chipset pertama di dunia yang harganya hanya US $4 saja, atau setara dengan Rp. 50 ribuan saja. AllWinner juga mengatakan jika chipset dengan prosesor quad-core tersebut sudah diproduksi masal.

Seperti tipikal chipset mereka sebelumnya, AllWinner A33 ini menarget tablet dengan layar 7 hingga 8-inchi dengan rentang harga US $30-$60 (sekitar Rp. 350 – 700 ribuan). Jika itu harga di Tiongkok sana, bisa diasumsikan jika dijual ke negara lain akan berharga sekitar Rp. 1 jutaan. Mengacu prinsip “kualitas berbanding lurus dengan harga,” maka jangan harap empat inti chipset baru ini bakal bisa sekencang yang ditawarkan produsen chipset lainnya.

AllWinner-A33

Untuk konfigurasinya, AllWinner A33 dibangun menggunakan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 serta didukung dengan GPU Mali-400 MP2 yang memiliki dua core. Secara teori mendukung resolusi layar hingga 800 x 1280-pixel, dan juga sudah mampu memutar video 1080p pada 60fps. Fitur tambahan seperti SmartColor akan membantu menjaga komposisi warna pada foto dan video agar tetap seperti aslinya dan juga memberi konsumsi daya yang lebih kecil.

AllWinner bahkan mengklaim jika desain prosesor mereka lebih efisien dalam hal kebutuhan daya dibandingkan kompetitor yang juga menggunakan konfigurasi quad-core Cortex-A7. Ketika diterapkan pada sistem dengan baterai 4,000-mAh, mampu membuat baterainya bertahan hingga 300 jam atau lebih untuk standby, dan 6 jam atau lebih ketika memutar video 1080p, 6 jam memainkan game 3D (referensinya Fishing Joy) dan 8 jam untuk memutar musik.

Seperti sebelumnya, AllWinner juga membuat konektor AllWinner A33 ini kompatibel dengan chipset mereka sebelumnya, AllWinner A23 (yang memiliki dua core prosesor ARM Cortex-A7), sehingga produsen bisa dengan mudah mengupgrade hardware mereka dengan chipset baru ini.

AllWinner A33, Prosesor Quad-Core 50 Ribuan, Target Utamanya Tablet Berlayar 7 dan 8-inchi!

Selain prosesor 64-bit yang langsung identik sebagai chipset premium, AllWinner juga mengkonfirmasikan chipset baru yang menarget gadget kelas bawah, dan mereka menjualnya dengan harga hanya Rp. 50 ribu!

Abaikan

Sumber: AllWinner


SHARE
Previous articlePara Superhero DC pun Ber-Selfie Ria pada Selfie Cover Variant!
Next articleFlappy Bird Kembali, Kini Bisa Dimainkan Dua Orang Sekaligus!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.