Tablet Windows 8.1 Berprosesor Intel Bay Trail-T Akan Dijual Dengan Harga 1 Jutaan!

Kingsing-W8-2

Selama BUILD 2014 Conference awal April 2014 lalu, Microsoft mengatakan bahwa mereka akan memberikan gratis Windows OS untuk OEM yang mau mengembangkan perangkat Windows dengan ukuran layar kurang dari 9-inchi. Langkah tersebut diambil Microsoft, karena mereka sepertinya sangat serius dalam merebut pangsa pasar tablet yang saat ini masih dikuasai Apple dan Google. Dengan strategi tersebut, Microsoft bertujuan untuk memangkas harga tablet Windows dengan cukup besar dengan cara menggratiskan lisensi Windows untuk OEM.

Kingsing-W8-3

Dan langkah tersebut membuahkan hasil. Setidaknya sudah ada satu OEM Tiongkok bernama Emdoor yang menyambut bola dengan mengkonfirmasikan tablet dengan OS Windows yang harganya hanya US $100 saja. Dan akhir Juli kemarin bertambah lagi OEM Tiongkok lainnya, yaitu Kingsing, yang menawarkan tablet Windows dengan harga hanya US $99 saja, atau sekitar Rp. 1,2 jutaan. Tablet tersebut menggunakan chipset Intel Baytrail-T CPU dengan prosesor quad-core, serta menjalankan OS Windows 8.1. Berikut spesifikasinya:

Kingsing-W8-4

  • Layar: 8-inchi, resolusi 800 x 1280 material LCD IPS dengan 5-point capacitive multitouch
  • Prosesor: Quad-core Intel Baytrail-T (kecepatan 1.8GHz) dengan GPU Intel HD
  • Memory/Storage: 1GB DDR3L RAM, 16GB storage + bisa diperbesar melalui slot SDHC/SDXC
  • Kamera: 2-MP di depan dan belakang
  • Network: 802.11b/g/n + BT 4.0 dan 3G (WCDMA/EVDO/TD-SCDMA)
  • Koneksi: microUSB data/charging, HDMI port
  • Baterai: 4500mAh Li-ion dengan klaim waktu pengoperasian 6-8 jam
  • Dimensi: 207.5mm x 122.6 x 10mm
  • Speaker mono
  • OS: Windows 8.1

Emdoor-EM-i8080

Emdoor EM-i8080 dikonfirmasikan awal Juni 2014 lalu, dan menawarkan spesifikasi yang tidak berbeda jauh dibandingkan Kingsing. Perbedaannya sendiri ada pada speakernya yang sudah stereo, serta baterainya yang juga lebih besar, pada 5,000-mAh. Prosesornya sama seperti yang ditawarkan Kingsing, ada empat core pada kecepatan 1.33GHz (1.83GHz pada kecepatan Intel Burst Technology, yang hanya terbuka jika dibutuhkan oleh software) serta GPU Intel HD pada kecepatan 311MHz (646MHz dengan mode Burst).

Toshiba-Encore-7

Selain Emdoor, nama lain yang dikenal, yaitu Toshiba juga sudah menyiapkan tablet murahnya sendiri. Toshiba Encore 7 yang diumumkan bersama Emdoor, mengajukan spesifikasi hardware yang sama, namun dengan bidang layar 7-inchi, dan harganya sedikit lebih mahal pada US $150. Mampukah kampanye tablet Windows 8.1 murah dari Microsoft tersebut mampu merubah pangsa pasar tablet yang saat ini masih dikuasai Apple dan Google?

Sumber: Gizmochina


SHARE
Previous articleComic-Con 2014: Seri Mass Effect Selanjutnya Akan Terfokus Kepada Elemen Eksplorasi Area
Next articlePara Superhero DC pun Ber-Selfie Ria pada Selfie Cover Variant!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.