Galaxy Note 4 Diluncurkan 3 September, Kini Dengan Layar Melengkung dan Kamera Buatan Sony

Galaxy-Note-4-1

Selain akan menjadi mesin utama Galaxy Alpha, chipset baru Samsung, Exynos 5433 pertama kali terdengar juga akan digunakan untuk penerus phablet Galaxy Note. Seperti halnya Alpha, sejauh ini eksistensi Galaxy Note 4 baru sekadar rumor. Namun sudah banyak dugaan jika kode yang akan digunakan nanti adalah Samsung SM-N910 atau N915 untuk varian Snapdragon (Galaxy Note 3 menggunakan basis kode SM-N9xxx), dan Samsung sendiri berencana mengumumkannya awal September 2014 mendatang. Berikut kami kompilasikan apa yang sudah kami ketahui mengenai Galaxy Note 4 tersebut:

Galaxy-Note-4-2
Bukan Galaxy Note 4. Di atas merupakan salah satu contoh penerapan layar OLED YOUM.
  • Samsung berencana menerapkan form factor baru untuk Galaxy Note 4 atau Galaxy S6. Ide mereka adalah mengimplementasikan jenis layar OLED baru, yaitu YOUM. Jika bukan untuk keseluruhan tipe Galaxy Note 4, bisa jadi varian ber-YOUM ini terpisah dari versi internasionalnya, atau versi khusus seperti Galaxy S5 Prime / Galaxy S5 LTE-A.
  • Rencana form factor baru tersebut melahirkan dugaan jika layarnya akan menggunakan jenis melengkung seperti pada Galaxy Round. Untuk yang satu ini juga masih berupa kemungkinan, karena jelas akan membuat pengoperasiannya makin tidak nyaman.
  • Namun jika benar seperti dicontohkan melalui video demo YOUM di bagian bawah artikel ini, bisa jadi layar Galaxy Note 4 akan tetap datar, sedangkan bagian melengkungnya di kedua sisi sampingnya. Hal ini sejalan dengan sebuah paten mengenai konsep smartphone yang pernah didaftarkan Samsung. Sebuah smartphone yang memiliki kedua sisi melengkung, dimana layar YOUM akan menunjukkan kelebihannya dan bisa mengisi bidang yang melengkung. Kedua sisi melengkung tersebut, seperti ditampilkan dalam konsep, akan diisi fitur user interface atau shortcut setting dan aplikasi.

Galaxy-Note-4-YOUM

  • Resolusi layarnya seperti Galaxy S5 Prime / Galaxy S5 LTE-A, yaitu Quad HD 1440 x 2560-pixel.
  • Ukuran layarnya sendiri masih sama, 5.7-inchi dengan kerapatan 515-ppi.
  • Jika benar ukuran layarnya sama, maka Samsung untuk pertama kalinya mempertahankan ukuran layar phablet-nya, mengingat dari Note 1 hingga 3, dimensi layarnya masing-masing bertambah melebar 0.2-inchi.
  • Dan seandainya benar menggunakan layar YOUM yang melengkung pada kedua sisinya, maka seharusnya layar Note 4 akan lebih lebar dari Note 3. Dimana tampilan utama tetap pada bidang 5.7-inchi, sedangkan banyak jalan pintas atau command lainnya ditempatkan pada sisi melengkungnya.
  • Banyak konfigurasi hardware-nya sama seperti Galaxy S5 Prime (dan bahkan Galaxy S5).
  • Fitur hardware-nya ada yang mengadaptasi Galaxy S5, dan sejak awal kita mendengar Galaxy Note 4 bakal anti debu dan air.
  • Galaxy S5 banyak mengajukan fitur olahraga dan kesehatan melalui banyak sensornya. Demikian juga dengan Galaxy Note 4, yang akan menjadi smartphone pertama di dunia yang menerapkan sensor ultraviolet (UV), dan fungsinya akan menyatu di dalam aplikasi Samsung S Health. Sensor tersebut bisa digunakan untuk mengukur radiasi sinar ultraviolet dan memberi saran kepada penggunanya agar menghindari paparan matahari yang tidak sehat menurut ukuran sensor, untuk mencegah pengguna Galaxy Note 4, yang terparah bisa menderita kerusakan kulit, penuaan dini, atau meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Melalui sensor UV, aplikasi S Health bakal memberi rekomendasi berdasarkan tingkat nilai UV saat itu.

Lanjut ke halaman 2…

1
2

SHARE
Previous articleLionsgate Rilis Trailer Final dari The Expendables 3
Next articleKini Google Now Launcher Dibuka Untuk Semua Android
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.