Samsung Siapkan Galaxy Alpha. Gunakan Mesin Galaxy Note 4, Casingnya Berbahan Metal

Galaxy-Alpha-1

Di Indonesia, sepertinya Galaxy S5 tidak disambut antusias seperti kakaknya Galaxy S4. Hingga saat ini, flagship Samsung tersebut seakan kewalahan menghadapi rival sekelasnya yang ditawarkan lebih murah, dan memaksa distributor lokal mendiskon harganya. Pertama kali ditawarkan Rp. 8,5 jutaan, kini ada beberapa retailer yang menjualnya Rp. 8 juta pas, dengan bonus Galaxy Fame atau Galaxy Gear. Secara halus, itu sama saja mendiskon harganya dan bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp. 6,5 juta saja! Biar cepat laku karena Samsung punya rencana lain, mungkin dengan menyiapkan tipe baru yang lebih kuat? Bisa jadi, karena pertengahan Agustus nanti, Samsung dikabarkan bakal mengkonfirmasikan seri smartphone baru yang sementara ini disebut sebagai Galaxy Alpha.

Galaxy-Alpha-2

Selain Samsung yang sibuk menyiapkan beberapa smartphone unggulan baru, Apple juga dikabarkan memilih September 2014 mendatang untuk meluncurkan iPhone 6. Dan melihat kenyataan tahun-tahun lalu, Samsung selalu ingin mengganggunya. Satu nama yang muncul diajukan adalah Galaxy Alpha, yang justru bukan kelas yang lebih premium, yaitu Galaxy F/Galaxy S5 Prime yang sejuah ini baru eksis di Korea Selatan saja. Atau, bisa jadi karena Galaxy S5 Prime masih mengajukan desain yang sama seperti Galaxy S5, dan Samsung merasa pasar sudah “bosan” dengan penampilannya. Karena itulah, Galaxy Alpha yang bebereapa kali muncul foto tidak resminya, terlihat menggunakan casing berbahan metal.

Galaxy-Alpha-3

Bukan keseluruhan tubuhnya menggunakan casing metal. Setidaknya material aluminium terlihat memperkuat bagian frame Alpha (ya, hanya pinggirnya saja), sementara untuk sisi belakang masih menggunakan material plastik mirip kulit. Di sisi spesifikasi, Galaxy Alpha juga duduk di antara Galaxy S5 dan Galaxy S5 mini. Ada layar 4.7-inchi dengan resolusi HD 720 x 1280-pixel, atau setara dengan Galaxy SIII. Kemudian smartphone yang diprediksi akan menggunakan kode SM-G850F ini juga dipercaya akan menggunakan chipset terbaru Samsung, Exynos 5433, yang memiliki prosesor octa core, dengan konfigurasi empat core prosesor ARM Cortex-A7 dan empat core ARM Cortex-A15, dalam pengaturan ARM big.LITTLE. Sebenarnya sama dengan Exynos 5422 yang digunakan Samsung pada Galaxy S5, hanya saja GPU-nya yang berbeda. Dalam Exynos 5433 digunakan Mali-T760, dibandingkan Mali-T628 pada Exynos 5422. Selain itu, clock speed-nya juga lebih tinggi.

Galaxy-Alpha-6

Exynos 5433 merupakan chipset yang sama yang akan digunakan Samsung dalam Galaxy Note 4. Dan berdasarkan hasil benchmark, bahkan terlihat mampu mengungguli Qualcomm Snapdragon 805. Apalagi diterapkan untuk Galaxy Alpha yang resolusi layarna hanya 720p (dibandingkan Galaxy Note 4 yang sudah quad HD alias 1440 x 2560-pixel). Spesifikasi lain dari Galaxy Alpha, seperti jatah RAM-nya yang disiapkan 2 GB, kamera utamanya 12-megapixel dengan flash LED, kamera sekunder 2-megapixel, akan menggunakan SIM card model nano, seperti tipikal iOS, sensor detak jantung dan sidik jari, dan makin membuatnya mirip seperti tipikal iPhone, tidak ada slot micro SD untuk ekspansi storage di sini (internalnya 32 GB).

Galaxy-Alpha-5

Samsung dikabarkan akan mengkonfirmasikannya 13 Agustus nanti, dan Galaxy Alpha ini akan mencuri spotlight lebih awal dari peluncuran Apple iPhone 6 yang rumornya akan berlangsung sebulan kemudian.

Sumber: AllAboutSamsung, Sammobile


SHARE
Previous articleFlappy Bird Kembali, Kini Bisa Dimainkan Dua Orang Sekaligus!
Next articleLionsgate Rilis Trailer Final dari The Expendables 3
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.