Oscura Second Shadow: Tidak Lebih Baik Dari Platformer Lain

s

Surprise Attack Games membawa sekuel Oscura, game mereka yang telah lama ditarik dipasar. Oscura  Second Shadow ini kembali membawakan suasan gelap khas Oscura sekaligus tetap menjaga temanya yang terdahulu. Kalian akan disuguhi berbagai set  level baru, jebakan baru, dan juga musuh-musuh baru yang harus kalian hindari.

BqV7AiqCAAA3Fc8

Oscura Second Shadow mengambil tempat di daerah bernama Driftlands, sebuah daratan gelap yang memiliki banyak unsur bahaya akibat pencurian batu Aurora, sebuah relik kuno yang terletak di Great Lighthouse. Tujuan kalian sangatlah mudah, memegang kendali Oscura kalian harus menjelajahi Driftlands dan mengambil kembali pecahan batu Aurora untuk memberikan cahaya kembali ke dunia. Kekuatan modal Oscura hanya satu, kekuatan untuk memperlambat waktu.

Dengan genre platfomer sederhana, kemampuan untuk mengendalikan waktu menambah sedikit intrik dalam kesederhanaan tersebut. Oscura harus mengumpulkan power-up untuk mengisi meteran waktu. Meteran ini yang akan menjadi tolak ukur seberapa banyak kalian bisa mengeluarkan kemampuan utnuk  memperlambat jalannya waktu. Kalian harus bijaksana menggunakan kekuatan ini. Sayang tidak banyak hal baru lainnya yang bisa menambah kedetilan gameplay di Oscura Second Shadow, tidak lebih baik dari berbagai platformer lainnya.

Oscura-Second-Shadow-iPad-Screen-02-e1403797502553

Tidak banyak hal lainnya. Kemampuan Oscura terbatas hanya di pengendalian waktu dan double jump saja. Hal-hal standar yang banyak ditemukan di game sejenis seperti mendorong platform, melompati lubang, dan sejenisnya menjadikan permainannya kurang menarik. Replayability-nya sangat kurang. Kalau kalian suka yang perfect, mungkin bisa meluangkan sedikit waktu untuk mengoleksi setiap achievement yang bisa kalian peroleh di setiap level. Benar setiap level di desain sangat cantik, tapi hal tersebut tidak akan terlalu memuaskan bagi para pecinta genre platformer hardcore.

Mungkin memang satu-satunya nilai plus di game ini adalah visualnya yang cantik dan mengambil inspirasi dari game platformer Limbo yang lebih populer sebelumnya. Musik dan berbagai desain musuh yang ada menjalankan tugasnya sangat baik dan cocok ketika dipasangkan dengan Driftlands yang terkesan dark. Surprise Attacks Game mungkin berhasil dalam sisi ini, namun kurang dalam membedakan game mereka dengan platformer lainnya.

oscura1

Selain dari isu-isu kecil seperti kontrolnya dan juga konten yang sedikit, mungkin tidak banyak lagi hal yang mengecewakan dari Second Shadow. Game ini cukup menyenangkan dan cocok sekali dimainkan di waktu luang. Bisa dibilang strategi sang pengembang agar pemain tetap memainkan Oscura ada didalam grafisnya. Bagi kalian yang suka dengan tema dark mungkin Oscura Second Shadow bisa menjadi tambahan aplikasi di smartphone kalian.

Oscura: Second Shadow sudah tersedia di Google Play Store, dan dijual dengan harga Rp. 14, 063. Sedangkan di iOS kalian bisa mendapatkannya melalui Apple App Store dengan harga yang lebih murah, yaitu Rp. 12,000.

  • Dapatkan Oscura: Second Shadow versi iOS melalui Apple App Store. Membutuhkan iOS minimal versi 4.0 dan jatah storage 51.9 MB.
  • Dapatkan Oscura: Second Shadow versi Android melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 2.3 dan jatah storage 27 MB.

Oscura Second Shadow: Tidak Lebih Baik Dari Platformer Lain

Dibalik kegelapan tema dan visualnya, Oscura Second Shadow kurang untuk dapat mendongkrak kembali performa 'gelap' pendahulunya. Oscura Second Shadow tidak tampil lebih baik dari game-game platformer sejenis.

Abaikan


SHARE
Previous articleDetail Alur Cerita Captain America 3 Terungkap!
Next articleSatu Petarung Lagi Siap Bergabung dalam Mortal Kombat X
Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.