Inilah yang Membuat Foursquare Baru Lebih Baik Dari Swarm, atau Versi Sebelumnya

Foursquare-2

Setelah merilis aplikasi pendamping Foursquare, yaitu Swarm pertengahan Mei 2014 lalu, Foursquare berjanji jika mereka memiliki alasan khusus memisahkan fitur check-in yang selama ini banyak disukai para pemburu badge dan mereka yang ingin tetap eksis selama hang out melalui aplikasi Foursquare ke dalam Swarm. Alasan tersebut akhirnya kami ketahui setelah kemarin mereka merilis Foursquare dengan desain barunya, dengan fokus lebih banyak memberikan rekomendasi akan tempat-tempat terbaik dalam database Foursquare yang ada di sekitar lokasi kalian saat ini.

Foursquare-3

Memang agak ribet ketika kita dipaksa meng-install dan menjalankan dua aplikasi bersamaan hanya untuk mendapatkan dua fungsi yang sebelumnya ada dalam satu paket. Seperti bagaimana Path memisahkan fungsi chat melalui Talk. Namun selain untuk eksis di media sosial karena dianggap menguasai jalanan melalui fitur check-in, atau memiliki koleksi badge yang lengkap sebagai achievement, dulu Foursquare juga banyak dijadikan referensi oleh mereka yang ingin mencari, dan juga mengetahui  review pengguna lainnya dari suatu tempat, biasanya sih, tempat makan atau hang out. Dan Foursquare menarget para pengguna seperti itu untuk versi baru aplikasi mereka ini. Karena jelas, lebih bisa “dijual.”

Foursquare-3

Bayangkan saya, ketika kalian bosan tempat makan yang itu-itu saja, masuk ke Foursquare baru, mencari tempat baru terdekat dengan posisi saat ini, ternyata ada satu referensi yang nongol dengan data lengkap berserta banyak foto seperti apa suasana di dalam tempat makan tersebut. Dan kami yakin, monetasi bisa diraup Foursquare dengan cara menawarkan pada mereka yang ingin tempat mereka menjadi priritas muncul di halaman utama pengguna Foursquare yang berada dekat di tempat tersebut.

Foursquare-4

Foursquare baru memberi kita rekomendasi tempat, dan tempat tersebut bukan sekadar muncul di layar utama, karena disarankan berdasarkan kata kunci yang sudah kita tentukan sebelumnya. Dengan demikian, menemukan tempat baru bukan sekadar apa yang dilakukan teman-teman di dalam lingkup follower kita. Namun hal itu bukan berarti Foursquare sudah menanggalkan unsur sosialnya (yang kini kalian dapatkan melalui Swarm dengan fungsi check in-nya). Kita masih bisa follow orang lain yang mungkin seleranya sama dengan kita, melalui tips yang dia berikan di tempat tersebut.

Foursquare-5

Tidak ada badge di sini, dan harapannya juga tidak ada pengguna yang iseng sekadar check in saja meskipun dia tidak berada di lokasi tersebut. Achievement kini diberikan dalam wujud expertise, semacam pengakuan akan pengetahuan kalian dalam memberikan tips / review yang kalian tinggalkan selama melakukan check in menggunakan Swarm, atau ketika langsung browse tempat tersebut melalui Foursquare.

Foursquare baru kini lebih ditujukan pada “mau kemana kita selanjutnya,” bukan “kita sekarang sedang berada di sini.”

Sementara ini, baru versi iOS dan Android saja yang mendapatkan update terbaru ini. Pengguna Windows sepertinya masih harus menunggu. Belum ada kepastian kapan kedua platform Microsoft bakal mendapatkannya.

Inilah yang Membuat Foursquare Baru Lebih Baik Dari Swarm, atau Versi Sebelumnya

Setelah merilis aplikasi pendamping Foursquare, yaitu Swarm pertengahan Mei 2014 lalu, Foursquare merilis desain baru Foursquare, yang memberikan rekomendasi akan tempat-tempat terbaik dalam database mereka.

Abaikan


SHARE
Previous articleClass Swordman Buka Ekspansi Pertama Fantasy Saga Online Indonesia
Next articleDimulainya Misi Baru Misi Skipper, Kowalski, Rico dan Private
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.