Malu dengan Aktivitas Gaming-mu? Sembunyikan dengan Client Steam Versi Terbaru!

Mata uang di Steam

Saat bermain game, kamu tentunya memiliki beberapa hal yang menjadi “kebanggaan” dan ingin teman-temanmu mengetahui hal tersebut. Contohnya saja jumlah Gamerscore yang tinggi, atau mendapatkan achievement yang cukup sulit. Namun ada kalanya kamu ingin “menyembunyikan” beberapa aktivitas yang mungkin kamu anggap “memalukan” jika sampai terlihat teman-temanmu. Contohnya, mungkin kamu baru saja membeli sebuah game untuk anak kecil, atau mungkin baru memainkan satu game untuk dewasa yang sebenarnya kamu belum cukup umur untuk memainkannya.

Beruntung, Valve menyadari hal tersebut dan memberikan sebuah update baru untuk client Steam yang bisa membuatmu menyembunyikan hal-hal tersebut! Saat memasuki client Steam yang baru memasuki fase Beta ini, kamu bisa memasukkan daftar game yang ingin kamu sembunyikan tersebut dengan menggunakan filter Hidden yang tersedia. Game-game yang berada dalam kategori Hidden ini tidak akan tampak dalam Library-mu, tetapi kamu tetap bisa memainkan mereka seperti biasa.

Sayangnya, fitur baru dari Steam ini baru sebatas untuk menyembunyikan game dari Library saja, dengan kata lain pengguna Steam lain masih bisa melihat game-game tersebut saat melakukan browsing ke profil kita. Fitur ini baru bisa menyembunyikan game dari Library untuk melindungimu dari seseorang yang mungkin tengah melihatmu dari belakang saat kamu bermain game.

Lantas, bagaiman cara mengaktifkan fitur Hidden ini? Simak langkah-langkah berikut, dengan asumsi kamu sudah mengaktifkan mode Beta-nya ya.

1. Klik kanan pada salah satu game yang ada di Library, dan pilih Set Categories

duniaku-hidesteam-1

2. Terdapat sebuah check box “Hide this game in your Library” dalam window pop up yang muncul. Beri centang pada check box ini untuk menyembunyikan game tersebut.

duniaku-hidesteam-2

3. Game-game yang sudah “disembunyikan” ini bisa kamu akses dengan mengeklik tab Games di sebelah kolom Search dan memilih Hidden di menu drop down yang muncul.

duniaku-hidesteam-3

4. Jika kamu ingin memunculkan kembali game yang disembunyikan, kamu tinggal menghilangkan tanda centang check box yang ada di langkah 2.

Selain menambahkan fitur hidden, client Steam Beta versi baru ini juga menambahkan beberapa fitur lain seperti beberapa bug fixing serta sedikit pengubahan antarmukanya. Karena update-update ini masih dalam tahap Beta, maka kamu bisa memilih apakah ingin menggunakannya atau tidak dalam client Steam yang ter-install di PC-mu.

[Sumber: Steam/VG247/Crave]


SHARE
Previous articleLagi-Lagi Indonesia Memperoleh Gelar Juara 3 Dunia !
Next article10 Keunggulan Lenovo K920 Vibe Z2 Pro yang Perlu Kalian Ketahui
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.