Klub Liga Inggris Gunakan Football Manager untuk Berbelanja Pemain

duniaku-fm2015-1
Data pemain yang tampil dalam FM 2014 lalu

Menjelang dimulainya musim baru di sebagian besar liga di Eropa, klub-klub pun meramaikan bursa transfer dengan aktivitas jual beli pemain. Beberapa nama besar berganti kostum tahun ini, seperti sosok kontroversial Luis Suarez (dari Liverpool menuju Barcelona), top skor Piala Dunia 2014 James Rodriguez (AS Monaco menuju Real Madrid), dan Toni Kroos (Bayern Muenchen menuju Real Madrid). Selain agen pemain dan juga direktur klub, para pemandu bakat (scout) klub pun juga dibuat sibuk untuk menentukan siapa pemain yang pas untuk direkrut klub mereka. Namun scout, terutama scout dari klub-klub Liga Inggris sebentar lagi akan semakin mudah, karena akan dibantu oleh game Football Manager yang dikembangkan oleh Sports Interactive!

Ya, Sports Interactive sudah menandatangi kontrak kerja sama dengan Prozone Recruiter, yang selama ini memberikan data analisis untuk klub-klub Liga Inggris mengenai pemain incaran mereka. Kerja sama ini membuat Sports Interactive memberikan data-data yang mereka miliki kepada Prozone, yang lantas dianalisa dan diberikan kepada klub-klub peserta Liga Inggris. Database ini berisi berbagai macam data yang berharga seperti biografi pemain, status kontrak, hingga detail posisi pemain yang biasanya digunakan Sports Interactive di seri Football Manager.

Prozone Recruiter
Prozone Recruiter

“Database ini sangat akurat dan merupakan sumber daya yang berharga,” ungkap CEO dari Prozone Tomas Schmider seperti dikutip dari pernyataan resminya. “Data ini akan meningkatkan kualitas layanan rekruitmen yang kami sediakan,” lanjutnya. “Selama bertahun-tahun, kami mendengar banyak kisah dari para manajer dan scout di dunia nyata yang menggunakan data kami untuk membantu mereka dalam proses rekrutmen pemain,” ungkap Miles Jacobson, Studio Director dari Football Manager. “Mulai saat ini, semuanya menjadi resmi. Manajer klub di seluruh dunia bisa menemukan dan membandingkan pemain menggunakan data dan sistem pencarian yang sebelumnya familiar di kalangan pemain Football Manager,” lanjutnya.

Football Manager sepertinya sudah menjadi game simulasi manajer sepak bola paling realistis yang ada di muka bumi. Banyak kita sudah mendengar kisah manajer maupun scout yang memanfaatkan game tersebut untuk membantu mereka. Bahkan salah satu pemain Football Manager, Vugar Huseynzade bisa menjadi manajer klub bola dunia nyata, FC Baku akibat kemampuannya memainkan game tersebut. Sports Interactive sendiri sudah mengkonfirmasikan seri baru dari game ini, Football Manager 2015 yang menurut rencana akan dirilis untuk PC, Mac dan Linux bulan November 2014 mendatang.

[Sumber: BBC/VG247]


SHARE
Previous articleLost Saga National Championship (LSNC) 2014 Regional Makasar Berhasil Mendapatkan Juarannya
Next articleDragon Nest National Championship 2014 Selesaikan Babak Penyisihan di 3 Kota Pertama
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.