Mempersembahkan X-Tactics RPG dari Veteran Square Enix, Sega, dan Capcom!

xtactics

Saat membaca proyek penggalangan dana di Indiegogo, salah satu judul yang menarik minat saya adalah X-Tactics. Iming-iming nama veteran dari studio besar dunia semacam Square Enix, Sega, dan Capcom membuat saya melanjutkan membaca kampanye X-Tactics. Ternyata tebakan saya untuk melihat sesuatu yang baru benar sekali. X-Tactics tidak gameplay semacam mengoleksi kartu maupun puzzle yang banyak ditelurkan oleh developer-developer Jepang pada umumnya. Jadi sepertinya X-Tactics akan menjanjikan hal baru dari negeri matahari terbit.

RPG ini menawarkan sistem episodik untuk perilisannya. Sepertinya model episodik semacam ini semakin populer saja. Kalau kita analisis secara sederhana, model episodik ini memberikan keuntungan bagi pengembang untuk mendapatkan masukan dari fans dalam mengembangkan episode-episode selanjutnya, Hal ini tentu saja membangun kedekatan antara fans dengan developer, hal yang selama ini mungkin sangat diabaikan oleh developer-developer besar. X-Tactics (dibaca Cross Tactics) menjadi salah satunya dan menurut janji tim Gamkin sendiri bahwa mereka memastikan bahwa masukan fans akan menjadi pertimbangan untuk mengembangkan episode sekuel.

X-Tactics, menurut halaman kampanye Gamkin, didefinisikan sebagai sebuah episodic tactical RPG, yang mencampurkan mekanik tactical game dengan fighting game untuk memberikan angin baru ke genre tersebut, dan menawarkan pengalaman explorasi urban online dengan memanfaatkan GPS dan data dari dunia nyata lainnya. Dokumen teknikal menyebutkan dua genre yang diterapkan, Tactical RPG dan Urban Exploration. Oke, jadi saya menjadi sedikit bingung dengan istilah Urban Exploration.

70% dari hasil penggalangan dana akan digunakan untuk pengembangan
70% dari hasil penggalangan dana akan digunakan untuk pengembangan

Urban Exploration ini ada tiga jenis yang dirancang khusus untuk para pemain mobile, untuk para pemain PC harus bersabar. Jadi sepertinya untuk definisi X-Tactics yang “menawarkan pengalaman eksplorasi urban” tidak berlaku untuk versi PC game ini. Kalau seperti itu, berarti memang lebih baik memainkan versi mobile-nya daripada harus setengah-setengah menikmati fitur game yang juga terinspirasi dari Final Fantasy Tactics dan Valkyria Chronicle ini. Anyway, tiga jenis fitur urban exploration antara lain adalah Location Mission Based, Geocaching and Urban Treasure Hunting, dan Real-World Data Sources.

Jadi yang pertama memungkinkan kita mendapatkan misi berdasarkan lokasi kita berada. Untuk yang kedua, GPS akan difungsikan untuk menginvestigasi area sekitar dan berburu harta. Sedangkan yang terakhir menjelaskan bagaimana X-Tactics akan menggunakan data-data seperti cuaca, siklus siang dan malam, serta fase-fase bulan untuk mengaktifkan berbagai event dalam game. Karakter-karakter dalam game  juga beberapa akan terpengaruh dengan perubahan-perubahan yang terjadi dengan data-data real-world tersebutSiap-siap saja untuk selalu aktif memainkannya, kali-kali kalian melewatkan event yang hanya bisa terjadi sekali waktu.

Oiya, untuk berbagai setting mengenai dunia X-Tactics sendiri, dunia dalam game terinspirasi dari dunia nyata dimana banyak agensi rahasia milih pemerintah dan komunitas rahasia yang berjuang mempertahankan world order yang berlaku. Pemain akan berperan sebagai agen pemerintah, pemburu harta, dan petualang yang mempertaruhkan nyawanya untuk menjaga semuanya berjalan tanpa masalah. Banyak teori konspirasi dan legenda urban yang menginspirasi cerita dalam game. Jadi mungkin kalau kalian penyuka keduanya, X-Tactics bisa menjadi pemuas dahaga kalian. Teori-teori semacam illuminati mungkin akan menghiasi cerita-cerita di game ini.

Tidak lama lagi kita bisa menikmati game ini, sekitar akhir tahun ini tepatnya. Kalian pengguna Android, iOS, dan Kindle Fire bisa menjajal fitur-fitur Urban Exploration X-Tactics lebih awal. Versi PC dan Google Glass sendiri akan hadir tahun depan. Menarik, Gamkin sudah merencanakan untuk versi Google Glass, namun tidak akan ada mode Campaign untuk versi ini. Selama ini saya masih belum menemukan game-game Jepang yang akan rilis di Google Glass, apa mungkin game dengan grafik anime ini yang pertama?


SHARE
Previous articleRobin Williams Diduga Tewas Bunuh Diri
Next articleSebentar Lagi, Kamu Bisa Memainkan League of Legends di Dalam Dota 2!
Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.