SNK Cari Duit, Korban Pertamanya Square Enix

0zE2kZpUps, dua nama besar dari game Jepang ternyata saat ini sedang dalam masa panas! Mereka adalah Square Enix dan SNK, masalahnya sebenarnya bukan murni karena game, namun karena judul komik yang diterbitkan oleh Square Enix yang berjudul High Score Girl. Komik yang sangat populer di Jepang ini memberikan cerita yang memang menarik, tentang seorang anak kecil kelas 6 SD yang selalu datang ke arcade untuk bermain game, dan ternyata di sana ia bertemu dengan Akira, gadis yang sangat populer di kelasnya, dan ternyata ada gamer yang sangat handal. Secara terbuka akhirnya SNK menuntut Square Enix atas terbitnya komik ini.

Apa salahnya dengan judul ini? Yah, sebenarnya tidak ada, hanya saja judul ini mengambil karakter-karakter dan judul dari perusahaan game lain seperti SNK dan Capcom tanpa ada ijin dari pihak yang bersangkutan. SNK melihat bahwa komik ini menghadirkan karakter-karakter dari King of Fighters dan Samurai Showdown secara terang-terangan tanpa meminta ijin dari SNK dan komik ini dijual dalam bentuk komersil.

Hi-Score-Girl-Square-SNK-Case-001-20140806
Terang-terangan memasukkan logo KoF 94 beserta Yuri dan Ryo

Atas komplain dan tuntutan dari SNK ini, Square Enix akhirnya terpaksa memberhentikan komik ini secara sementara, namun anime dari komik ini masih akan terus dikerjakan. Mungkin kamu berpikir mengapa doujinshi atau komik-komik buatan fans tentang game-game SNK tidak dikomplain oleh SNK namun komik yang sangat populer ini justru di komplain? Alasannya bisa jadi karena publisher-nya adalah Square Enix yang langsung ataupun tidak langsung menjadi saingan dari SNK. Selain itu memang bisa dikatakan geliat SNK saat ini sangat minim, game besar terakhirnya adalah KoF XIII, itupun tidak terlalu membuahkan hasil yang fenomenal, apakah dengan ini SNK berarti cari-cari duit dengan menuntu Square Enix? Bisa jadi, karena pihak sebelah (Capcom) yang kena lebih banyak referensi dalam game ini, tidak melakukan tindakan apapun. Cukup aneh memang padahal referensi SNK yang diambil untuk komik ini tidak sebesar Capcom.

Bagaimana menurut kalian? Apakah tindakan SNK ini berlebihan? Kalau dilihat memang komik ini benar-benar mengambil referensi tanpa malu-malu sih. Lihat saja gambar di bawah ini yang menampilkan Akira diatas Zangief. Semoga SNK benar-benar menuntut atas dasar tidak cari duit ya.

high-score-girl-anime

Sumber: Square Enix Official

 


SHARE
Previous articleBersiaplah Digempur 4 Pop! Vinyl Figure Attack on Titans!
Next articleLost Saga National Championship (LSNC) 2014 Regional Makasar Berhasil Mendapatkan Juarannya
Penggemar berat Roger Federer, Jouji Nakata, Sho Hayami, dan Suwabe Junichi. Wota iDOLM@STER dan juga seorang penikmat game yang memiliki karakter laki-laki 30 tahun ke atas. Silahkan lihat kegalauan saya di twitter: ryofucha