“Fun’iki” Kacamata Pintar dari Jepang yang Siap Bersaing dengan Google Glass

ogp

Wearable devices memang sedang banyak dibicarakan, teknologi ini bentuknya berbagai macam, ada yang bentuknya jam tangan pintar, berwujud kacamata, gelang,  dan lain-lain. Seperti halnya Google yang telah mengeluarkan google glassproduk kacamata pintarnya.

Pada dasarnya wearable device merupakan perangkat komputer atau elektronik yang dimasukkan ke dalam pakaian atau aksesoris serta nyaman saat dipakai oleh bagian tubuh kita. Fungsi perangkat ini nyaris tak ada bedanya dengan komputer dan smartphone.

Produk wearable device umumnya memang lebih di dominasi oleh vendor-vendro besar. Akan tetapi tidak untuk sebuah perusahaan rintisan asal Jepang yang ikut berinovasi membuat wearable device untuk kacamata pintar, serta membuat beberapa perbedaan dari produk pesaingnya.

Diberi nama Fun’iki Ambient Glasses, kacamata pintar ini memiliki diferensiasi dari google glass, yaitu dengan dipasangnya speaker serta lampu LED multi warna. Speaker yang terdapat pada kacamata ini dapat berfungsi untuk mendengarkan musik digital. File musik tersebut bisa disimpan di dalam memori internal di gagangnya.

Sementara lampu LED yang dimiliki bisa menunjukkan notifikasi tertentu dengan kedipan dan warna yang berbeda. Notifikasi dengan warna itu akan ditampilkan di lensa kacamata.

Menariknya, bagi para pengguna bisa memasangkan kacamata pintar ini dengan perangkat iPhone yang dimilikinya. Dengan adanya aplikasi iOS tersendiri yang bisa diunduh dari Apple App Store, dapat berfungsi untuk mengatur warna atau suara notifikasi tertentu sesuai dengan keinginannya.

Selain menampilkan notifikasi warna, kacamata pintar ini juga terdapat fitur text-to-speechyang berfungsi untuk membaca pesan masuk. Sehingga pengguna tak perlu repot lagi membuka pesan, karena dengan sendirinya kacamata pintar ini yang akan membacakan pesan untuk mereka.

Kelebihan lainnya dari produk ini, untuk para calon penguna dapat memesan jenis lensa sesuai dengan resep dokter mata mereka. Selain itu, terdapat SDK (Software Development Kit) bagi pengembang yang ingin membuat aplikasi sendiri dengan Fun’iki.

Menurut Phone Arena (10/8/2014), saat ini, perusahaan rintisan Jepang tersebut telah mengumpulkan biaya lebih dari 30 ribu Dollar AS, dan perangkat pertama yang diproduksi akan mulai dikirim pada akhir tahun ini.

Fun’iki Ambient Glasses bisa dipesan melalui website resminya, dengan dibanderol harga sekitar 230 Dollar AS.

“Fun’iki” Kacamata Pintar dari Jepang yang Siap Bersaing dengan Google Glass

Setelah google glass, kini muncul Fun'iki Ambient Glasses, produk buatan dari perusahaan rintisan asal Jepang yang ikut berinovasi membuat wearable device untuk kacamata pintar, serta membuat beberapa perbedaan dari produk pesaingnya. Seperti apa perbedaannya, silakan simak ulasan berikut.

Abaikan


SHARE
Previous articleMahardika, Board Game Tentang Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
Next articleAkhirnya, Harapan “iPhone” Menggunakan OS Android Terwujud Melalui Galaxy Alpha
Dunia game adalah dunianya, terutama dengan game PC Action War merupakan favoritnya. Perangkat gadget, bermain mobile games adalah hobi sampingan, dia juga suka merakit computer biar bisa ngerasain performance yang maksimal waktu main game.