Gamescom 2014: Begini Jadinya Jika Hideo Kojima dan Guillermo del Toro Berkolaborasi Membuat Game

duniaku-silenthill-1

Hideo Kojima sejak lama dikenal sebagai “Bapak” dari serial Metal Gear. Lewat tangan dinginnya, Metal Gear menjadi salah satu franchise paling populer di dunia. Saat ini, Kojima juga tengah disibukkan dengan proyek Metal Gear Solid (MGS) V: The Phantom Pain yang siap dirilis tahun depan. Di sisi lain, Guillermo del Toro adalah salah satu sutradara papan atas Hollywood. Hasil karyanya juga disukai banyak penggemar film, sebut saja Pan’s Labyrinth, Quantum of Solace, hingga Pacific Rim yang ditayangkan tahun lalu. Pernah membayangkan bagaimana jika keduanya berkolaborasi membuat sebuah game?

Jawabannya adalah Silent Hills, game baru yang dikonfirmasikan dalam perhelatan Gamescom 2014 kali ini! Ya, Silent Hills adalah proyek pertama kolaborasi mereka berdua dalam game setelah masing-masing sudah menyatakan kekagumannya satu sama lain. Keduanya memang dikenal sangat akrab, contohnya saja saat Pacific Rim tahun lalu, Hideo Kojima mendapatkan kehormatan untuk menonton film tersebut lebih awal, dan menyatakan kekagumannya dengan hasil karya del Toro tersebut lewat beberapa posting Twitter-nya. Kekaguman tersebut akhirnya “dibayar lunas”, saat del Toro juga menyatakan kekagumannya terhadap MGS V: The Phantom Pain lewat sebuah testimoni yang ditampilkan di website resmi MGS V, serta menyebut narasi yang ditampilkan Kojima dalam game tersebut sangat hebat.

kolaborasi del toro dan kojima - silent hills

Gamescom 2014: Begini Jadinya Jika Hideo Kojima dan Guillermo del Toro Berkolaborasi Membuat Game

Bagaimana jadinya jika dua nama dari game dan Hollywood ini berkolaborasi membuat game? Jawabannya bisa kamu dapatkan dalam Silent Hills yang dikonfirmasikan dalam Gamescom 2014 ini!

Abaikan

Dalam Silent Hills, keduanya akan berkolaborasi dengan satu nama top Hollywood lainnya, Norman Reedus yang notabene merupakan pemeran Daryl dalam serial televisi The Walking Dead. Selain akan mengisi suara karakter utama, Reedus sepertinya juga akan “menyumbangkan” wajahnya sebagai model. Game yang akan menjadi penerus franchise dari Silent Hill ini awalnya sudah “tercium” dari sebuah sebuah trailer interaktif disebut P.T (Playable Teaser), yang bisa di-download dan dimainkan melalui PlayStation Store. Sesuai “ciri khas” dari Kojima, Playable Teaser tersebut penuh dengan konten “tipuan”, seperti nama developer yang diplesetkan menjadi 7780s Studio. Namun saat kamu sudah menyelesaikan trailer interaktif tersebut, di scene akhir barulah muncul nama Kojima dan del Toro.

kolaborasi del toro dan kojima - silent hills

Gamescom 2014: Begini Jadinya Jika Hideo Kojima dan Guillermo del Toro Berkolaborasi Membuat Game

Bagaimana jadinya jika dua nama dari game dan Hollywood ini berkolaborasi membuat game? Jawabannya bisa kamu dapatkan dalam Silent Hills yang dikonfirmasikan dalam Gamescom 2014 ini!

Abaikan

Silent Hills dikembangkan dengan menggunakan Fox Engine, engine yang sama dengan yang dipakai untuk mengembangkan MGS V. Belum ada detail lain mengenai jadwal rilis maupun detail gameplay dari game ini. Namun Konami mengkonfirmasikan, bahwa game ini akan dirilis untuk PS4, tanpa ada keterangan mengenai platform lainnya. Sony juga mengkonfirmasikan bahwa apa yang ditampilkan dalam Playable Teaser ini tidak ada hubungan dengan game utamanya nanti.

Sebenarnya, Silent Hills ini bukanlah kali pertama del Toro terlibat dalam pengembangan sebuah game. Sebelumnya, del Toro dikabarkan terlibat dalam pengembangan sebuah game horor trilogi berjudul Insane. Sayangnya, publisher dari Insane saat itu, THQ mengalami masalah hingga terpaksa gulung tikar dan menghentikan proyek tersebut. Silent Hill sendiri menjadi salah satu game favorit dari Kojima. Bahkan, sekitar dua tahun lalu Kojima mengungkapkan keinginannya untuk membuat satu seri Silent Hill menggunakan Fox Engine.

Menarik untuk ditunggu, bagaimana hasil jadi dari kolaborasi dua “master” dari dunia game dan film ini. Menilik Kojima sudah menyiapkan waktu khusus untuk menyelenggarakan panel khusus untuk MGS V di Gamescom 2014 ini, kita harap dalam panel tersebut Kojima juga membuka beberapa detail dari Silent Hills.

[Sumber: Kotaku/CVG]


SHARE
Previous articleGamescom 2014: Hellblade, Satu Lagi Karya dari Developer DmC dan Enslaved
Next article4 Menu Utama Selain “I Love Anisong” di AFA ID 2014
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.