Gamescom 2014: Sekuel Tomb Raider Hanya untuk Xbox, Apa Alasannya?

duniaku-riseoftombraider-1

Gamescom 2014 baru akan dibuka untuk umum mulai hari ini Rabu, 13 Agustus 2014. Namun sejak dua hari lalu, beberapa developer dan publisher sudah mengadakan konferensi pers untuk mengkonfirmasikan detail-detail baru dari judul yang tengah mereka kembangkan. Salah satunya adalah Crystal Dynamics, yang memberikan detail baru untuk sekuel Tomb Raider, Rise of the Tomb Raider bersamaan dengan konferensi pers Microsoft yang sudah dilaksanakan semalam, 12 Agustus 2014.

Detail baru untuk Rise of the Tomb Raider yang pertama kali dikonfirmasikan pada E3 2014 lalu seharusnya akan menjadi kabar gembira bagi penggemar Lara Croft. Namun sayang, Crystal Dynamics sedikit memberikan “kabar duka” untuk pemilik PlayStation dan PC. Ya, sesuai dengan judul di atas, Crystal Dynamics sudah mengkonfirmasikan bahwa sekuel ini adalah judul eksklusif untuk Xbox! Artinya, kamu hanya bisa melanjutkan petualangan Lara Croft ini di Xbox 360 dan Xbox One.

Gamescom 2014: Sekuel Tomb Raider Hanya untuk Xbox, Apa Alasannya?

Hari pertama perhelatan Gamescom 2014 diisi beberapa kejutan. Salah satunya datang dari Crystal Dynamics, yang mengkonfirmasikan bahwa sekuel Tomb Raider hanya untuk Xbox One dan Xbox 360. Apa alasannya?

Abaikan

“Tujuan kami adalah untuk selalu memberikan sesuatu yang sangat spesial dengan Rise of The Tomb Raider. Pengumuman hari ini bersama dengan Microsoft adalah satu langkah untuk membantu kami meletakkan Tomb Raider di puncak game Action Adventure,” ungkap Darrel Gallagher, CEO dari Crystal Dynamics seperti dikutip dari pernyataan resminya. “Rekan-rekan kami di Microsoft selalu melihat potensi yang besar di Tomb Raider, dan selalu mempercayai visi kami saat pertama kali memperkenalkannya di panggung E3 2011 lalu. Kami tahu, mereka akan berada di balik layar game ini lebih dari semua dukungan yang sudah kami dapat dari mereka di masa lalu,” lanjut Gallagher.

Gallagher menyadari, bahwa eksklusifitas ini mungkin akan mengecewakan pemilik PC dan PlayStation. Namun, dia mengatakan bahwa hal ini tidak serta membuat Crystal Dynamics melupakan pemilik dua platform tersebut. “Keduanya adalah sistem yang hebat, dengan partner hebat dan komunitas yang mengagumkan. Kami memiliki Lara Croft and the Temple of Osiris yang akan hadir di platform tersebut Desember ini, serta Tomb Raider: The Definitive Edition yang sudah tersedia untuk PS4. Kami tahu, akan ada banyak pertanyaan mengenai hal ini. Kirimkan pertanyaan tersebut kepada kami, dan kami akan menjawabnya sebisa mungkin,” janji Gallagher.

duniaku-riseoftombraider-2

Bos Xbox sendiri, Phil Spencer juga sangat antusias menyambut eksklusifitas ini, dan menganggap kerja sama ini akan menjadi solusi yang saling menguntungkan untuk kedua belah pihak. Crystal Dynamics sendiri belum memastikan, apakah eksklusifitas ini akan berlangsung selamanya, ataukah nantinya ada kemungkinan akan dirilis di platform lainnya. Namun saat konfirmasi kemarin, mereka hanya memastikan bahwa game ini tidak akan hadir untuk PlayStation dan PC saat dirilis pada pertengahan 2015 yang akan datang.

[Sumber: CVG[2]/VG247/Xbox]