IGS 2014: Indonesia dan Malaysia Berkolaborasi untuk Membuat Belajar Kimia Lebih Menyenangkan!

duniaku-igsartoncode-1

Selain mengumumkan kolaborasi dengan Vandaria lewat novel Winterflame dan game mobile Winterflame Awakens, Artoncode Indonesia juga memberikan gebrakan lainnya dalam IGS 2014 ini. Mereka mengumumkan kolaborasi dengan sebuah studio asal Malaysia, Ace Adventure untuk mengembangkan sebuah cara yang lebih menyenangkan untuk mempelajari Kimia, apa lagi kalau bukan lewat sebuah game. Dari kolaborasi antara Indonesia-Malaysia inilah yang akhirnya menelurkan sebuah edukasi Kimia yang dibalut dengan RPG (educational RPG) berjudul ChemQuest.

duniaku-igsartoncode-2

Perjanjian kerja sama ini sendiri sudah ditanda tangani pada tanggal 15 Agustus, dimana mereka bekerja sama dalam hal pengembangan game secara bersama-sama. Syeikh Falih, Chairman dari Ace Adventure sendiri sempat mengungkapkan alasan di balik terpilihnya Artoncode sebagai partner mereka. Awalnya, Syaikh sudah masuk ke industri game Indonesia sejak 2005 karena ingin membuat Asian Game Competition. Pada saat itu, Syaikh sempat membandingkan kualitas industri game di Indonesia dengan beberapa negara seperti Dubai, Iran dan Singapura. Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya Syaikh menganggap bahwa Indonesia lebih cocok untuk menjadi partner mereka. Selain itu, faktor negara tetangga juga mempengaruhi agar lebih mudah untuk berkolaborasi. Mengenai terpilihnya nama Artoncode, dia menyebutkan bahwa Artoncode dipilih karena memiliki kombinasi passion game dan bisnis yang bagus untuk berkembang bersama mereka.

duniaku-igs-artoncode-3
Syaikh Falih, Chairman Ace Adventure Malaysia

Karena bekerja sama dalam pengembangan, mereka pun saling membagi tugas. Seluruh aset dan trailer dikembangkan oleh Ace Adventure di Malaysia, sedangkan Artoncode sendiri lebih bertugas ke arah coding. Selain itu, mereka juga menggandeng Noriko Hibino, salah satu komposer papan atas Jepang yang sudah terlibat banyak pengembangan proyek game, seperti beberapa serial Metal Gear Solid dan Zone of Enders untuk membuat sound effect dari game ini. Plus tidak lupa, mereka juga menggandeng beberapa ahli dalam bidang kimia, yang sudah berpengalaman lebih dari dua puluh tahun mengajar mata pelajaran tersebut untuk membuat gameplay ini agar menjadikan game ini lebih mendidik.

Indra juga mengungkapkan, bahwa mereka berharap ke depannya bisa lebih banyak lagi hasil yang bisa dibuat dan bisa menguntungkan kedua pihak. Indra percaya bisa menawarkan platform baru agar anak-anak bisa belajar kimia dengan bermain game melalui ChemQuest ini. Sehingga nantinya ChemQuest bukan hanya fun untuk dimainkan, tetapi juga pemain bisa mendapatkan pengetahuan juga dengan memainkannya. Indra juga berharap Mudah-mudahan dengan game ini Kimia bukan menjadi pelajaran yang menakutkan lagi bagi anak sekolah.

duniaku-igsartoncode-4

ChemQuest sendiri menurut rencana akan dirilis untuk iOS, Android dan juga PC dengan jadwal rilis sekitar bulan Maret 2015 yang akan datang. Sudah tidak sabar belajar Kimia dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan lewat RPG ala ChemQuest?