Spesial Kemerdekaan: Merdeka! Bersama Google’s Doodle

Duniaku - Google - 1

Bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaannya semenjak dibacakannya teks proklamasi oleh Soekarno pada 17 Agustus 1945. Banyak cara untuk merayakan hari jadi negara ini. Para siswa sekolah dan pegawai negeri sipil memperingatinya dengan mengadakan upacara. Di lingkungan perumahan diadakan lomba-lomba khas 17-an seperti panjat pinang, lomba balap karung, lomba makan kerupuk, dan lain sebagainya. Untuk yang menjalani bidang bisnis, kadangkala mengadakan diskon khusus untuk produk atau jasa mereka khusus hari kemerdekaan Indonesia menarik minat publik. Dilihat dari cara-cara ini, begitu banyak cara unik untuk memperingati hari kemerdekaan negara ini.

Begitu juga dengan di dunia maya. Mesin pencari yang terkemuka, Google, tak luput merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Semenjak tahun 2009, mereka membuat doodle khusus saat tanggal 17 Agustus tiba. Hal ini tentu menjadi cara Google merayakan hari jadi negara Indonesia dengan cara yang unik, sebagaimana mereka juga membuat doodle-doodle khusus untuk merayakan hari tertentu.

Tahun ini, 2014, Google merayakan kemerdekaan RI berupa doodle anak-anak yang tampak mengadakan upacara. Terlihat 2 anak berseragam SD mengibarkan bendera merah putih. Beberapa anak dari berbagai macam suku dan ras melakukan penghormatan kepada sang saka merah putih. Terlihat juga seekor kucing  di sana untuk mempermanis suasana. Dan pada latar belakang, terlihat beberapa rumah adat khas daerah di Indonesia, seperti Rumah Gadang, Rumah Musalaki, Rumah Tongkonan, dan lainnya.

2014

Seperti yang dijelaskan pada halaman ini, Google’s doodle ini merupakan karya dari Tommy Chandra. Google juga memperlihatkan beberapa sketsa ide Tommy Chandra untuk Google’s doodle Hari Kemerdekaan RI ke 69.

indonesia-independence-2014-concept-01 indonesia-independence-2014-concept-02

Google’s doodle ini hanya akan tampak di region Indonesia saja, dan pada halaman Google region lainnya akan terlihat seperti biasa.

Berikut adalah Google’s doodle hari Kemerdekaan RI sejak tahun 2009.

2009

2009

 

2010

2010

2011

2011

2012

2012

2013

2013


SHARE
Previous articleAFAID 2014: Wawancara Khusus Dengan Kanae “Yui” Ito, Ternyata Keduanya Sama-sama Ingin Tahu!
Next articleGamescom 2014: Arena of Fate Cocok Menjadi MOBA Untuk Newbie
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.