Final Fantasy Explorers, Persembahan Hunting Game Square Enix!

1403261258-final-fantasy-explorer-logo-white-mage

Kalau Final Fantasy XI dan XIV adalah cara Square Enix (SE) menjajal pasar konsol online, maka Final Fantasy Explorers adalah percobaan mereka kembali mencoba ranah handheld online, wilayah dimana Capcom lebih dulu meraih kesuksesan besar dengan Monster Hunter  (MH)-nya. Hal yang sebenarnya biasa di industri game, mencoba menggunakan kesuksesan yang lain untuk diterapkan dengan game buatan sendiri. Apalagi Nintendo 3DS hingga saat ini, pendapat pribadi saya, masih belum ada judul Action RPG yang bisa disejajarkan MH.

895281178cad55e0ca71bcd807874f9e1408471569_full

 

Dari majalah Famitsu sendiri, berita terbarunya adalah penjelasan profil terbaru dua job yang akan hadir di FF: Explorers, Paladin dan Hunter. Dua dari 20 job yang akan hadir, selain yang telah dikonfirmasikan sebelumnya, yakni: Knight, Monk, White Mage, Black Mage, Red Mage, Dragon Knight, Thief, Ninja, Time Mage, dan Bard. Mungkin bagi kalian yang memainkan game FF klasik pasti sudah tidak asing dengan job-job ini.

final-fantasy-explorers

 

Grafiknya sendiri mengingatkan saya ke FF: Crystal Chronicle di konsol NDS yang tidak terlalu banyak meraih perhatian penggemar. Game yang dideskripsikan sebagai versi lite FF: XI dan FF:XIV ini saya rasa bisa diberikan perhatian lebih, berhubung SE menjanjikan pengalaman bermain yang mencapai 200 jam lebih. Ini berarti bakal ada banyak konten menarik yang tidak akan membuat kalian bosan memainkan FF: Explorers. 

Selain permainan co-op sesama pemain, akan ada fitur memelihara monster. Hingga 4 slot kosong yang disediakan untuk diisi dengan monster-monster yang telah kalian jadikan teman. Sebuah tim kombinasi monster dan human tentu akan jauh menarik. Selain itu, pemain juga akan diberikan 8 kombinasi tombol yang masing-masing dapat dipasangkan ability milik job-job yang telah dikuasai. Job yang telah memperoleh predikat master akan otomatis dapat digunakan ability-nya ketika kita berpindah job. Gauge sihir yang dibutuhkan juga menyesuaikan job yang sedang digunakan.

Final Fantasy Explorers, Persembahan Hunting Game Square Enix!

Square Enix tidak ingin ketinggalan dengan Monster Hunter. Mereka membawa Final Fantasy ke ranah Action RPG ala game milik Capcom tersebut dengan Final Fantasy Explorer mereka. Berita terbarunya, Famitsu telah merilis profil terbaru dua job FF: Explorer.

Abaikan

Trailer diatas memperlihatkan akan hadirnya summon-summon semacam Ramuh, Shiva, dan Ifrit. Menurut berita terbaru, Shiva menjadi musuh yang harus dilalui pemain. Ini menimbulkan tanda tanya apakah monster-monster ini bisa memperbantukan karakter kita atau hanya menjadi boss dalam permainan.

cb01ff905f548b17e75621dbd0bf6b2e1403533023_full

70fd84a1138a14ca3a59e6df7fe1f9921403532902_full

Meskipun belum ada tanggal pasti perilisan versi translasinya, Square Enix telah mengisikan paten game ini di badan paten di Amerika dan Eropa. Jadi kalian tidak perlu khawatir karena FF: Explorers akan hadir bagi teman-teman yang tidak memiliki kemampuan bahasa Jepang.