Spesial Kemerdekaan: Google Play “Made In Indonesia”, Cara Baru Google Rayakan Kemerdekaan Indonesia

Spesial Kemerdekaan Google Play 2

Merdeka! Masih terdengar kah teriakan lantang seperti itu di suasana rumah kalian pada 17 Agustus kemarin? Mungkin perlombaan yang melambangkan perjuangan pahlawan Indonesia yang biasanya ada di sekitar kita pun sudah jarang. Zaman memang sudah berubah dan kita tidak boleh menyalahkannya. Lebih baik kita ikuti dan turut berperan dalam perkembangan zaman tersebut tapi dengan tujuan yang sama seperti yang pahlawan kita lakukan dulu.

Google saja punya cara sendiri melakukan hal tersebut, sudah 6 tahun Google merayakan 17an dengan Google’s Doodle mereka. Tahun 2014 ini Google memilih karya buatan orang Indonesia sendiri yang dipajang di halaman utama Google pada 17 Agustus 2014 lalu. Ialah Tommy Chandra, ilustrator yang membuat doodle spesial Kemerdekaan Indonesia ke-69.

Google Doodle 2014

Ternyata, bukan hanya Doodle-nya saja. Google pun sepertinya melihat potensi yang dimiliki Indonesia di bidang aplikasi mobile. Tahun ini, Google lewat Google Play-nya menyediakan tempat khusus untuk aplikasi karya anak bangsa demi menyambut Kemerdekaan Indonesia.

Dengan latar gambar Monas dan Candi Borobudur yang dipadukan dengan robot Android, featured spesial dengan nama “Made In Indonesia” tersebut menyediakan 18 aplikasi + game buatan anak bangsa yang bisa dikategorikan terbaik di Google Store. Diantaranya ada game dari Touchten, Agate Jogja, Aruline Studio, Altermyth dan lain-lain, serta tidak ketinggalan aplikasi Picmix dari PT. Inovidea Magna Global. Berikut kami beri penjelasan singkat empat aplikasi + game teratas dalam featured tersebut.

Ramen Chain (Touchten)

Ramen Chain

Bisa dibilang salah satu game mobile lokal yang bisa dibanggakan. Ramen Chain, game yang mengharuskan pemain membuat ramen sesuai dengan pesanan tamu secepat mungkin ini pernah berada di Top 1 Free App di Singapore, Filipina, dan sudah pasti Indonesia. Bahkan, game ini berhasil meraih 30,000 download dalam waktu 48 jam sesudah di rilis pertama.

Picmix (PT. Inovidea Magna Global)

PicMix-5

Aplikasi berbagi foto ini cukup bisa bersaing dengan aplikasi sejenis lainnya. Picmix bisa dibilang sebagai Instagram lokal. Pertama kali dirilis pertengahan tahun 2012 lalu, dan berasal dari kata Picture serta Mixing. Dengan fungsi utama pengolah gambar atau foto, namun banyak menekankan pada proses “mixing,” melalui penggabungan beberapa foto menggunakan frame, efek, ornamen-ornamen seperti sticker yang kemudian bisa langsung dibagikan ke Facebook, Twitter, ataupun BlackBerry Messenger. Karya PT. Inovidea Magna Global ini tercatat sudah memiliki 10 juta pengguna per April 2013.

Tebak Gambar

Tebak Gambar

Sudah pasti ini buatan lokal. Caranya ya cukup menebak gambar. Bedanya, Tebak Gambar ini menguji imajinasi, logika dan nalar kalian. Permainan Tebak Gambar adalah permainan asah otak ringan, kumpulan gambar disusun sedemikian rupa sehingga bisa menimbulkan sebuah kosakata baru yang diadaptasi dari istilah sehari-hari, ungkapan unik dan lucu, ataupun berupa isu dan peristiwa yang sedang terjadi.

Geograpiea Indonesia

Geograpiea Indonesia

Bermain sambil belajar, salah satu ciri khas dari Agate Studio dalam membuat game (educational game). Kali ini gamenya dibuat oleh Agate Jogja, dengan judul Geograpiea Indonesia. Game akan mengajarkan kita mengenal letak geografis Indonesia layaknya sebuah peta buta. Geograpiea Indonesia terdiri dari sekumpulan pertanyaan yang harus kamu jawab secara cepat karena dibatasi oleh waktu. Game yang memiliki 4 level ini dibuat dengan grafis yang lucu dan berwarna agar mudah menarik anak-anak.

Seperti yang kami katakan, masih ada beberapa aplikasi dan game lain, seperti Countastic (Aruline Studio), Football Champ (Altermyth), Lava Runner (Amagine Interactive), Kucing Sumput (Manticore Studio), dan lain sebagainya yang Google Play kumpulkan dalam featured spesial Kemerdekaan Indonesia ini.

Spesial Kemerdekaan Google Play 3

Masing-masing orang punya cara tersendiri dalam merayakan kemerdekaan. Bahkan, pihak luar seperti Google pun melakukannya dengan sangat baik. Maka seharusnya kita pun aktif berpartisipasi dalam memajukan perkembangan kreasi anak bangsa. Karena menikmati hasil karya negeri sendiri merupakan cara termudah untuk merayakan kemerdekaan.


SHARE
Previous articleFinal Fantasy Explorers, Persembahan Hunting Game Square Enix!
Next articlePT Kreon Akan Menjadi Publisher Bagi Game Echo of Soul (EOS)
Lulusan Politeknik Negeri Jakarta yang belum puas kuliah, tapi udah sering nulis di media online. Suka game dari kecil, tapi gak pernah fokus. Alhasil, cuma bisa nge-PES doang. Namun, dunia jurnalistik membawanya ingin mengetahui semua hal di dunia, terutama Game dan Sepak Bola. Dan sekarang, Ia coba mewujudkannya!