Intel Atom Dapatkan Unity 3D, Siap Dapatkan Dukungan Lebih Banyak Mobile Game

Intel-Mobile-2

Tampaknya chipset Intel akan makin diterima sebagai salah satu pilihan chipset mobile, karena kemarin CEO Unity Technology, David Helgason mengumumkan rencana kolaborasi pihaknya dengan Intel, dan menambahkan dukungan x86 pada engine populer di platform game mobile dan PC, yaitu Unity 3D. Kabar ini disampaikan selama keynote speech dalam acara Unite 2014 game developers conference, selain juga renana dukungan Unity 3D untuk Smart TV-nya Samsun dan AndroidTV-nya Google.

Unity

Baik Unity 4 dan 5 bakal di-update sehingga bisa dijalankan secara langsung menggunakan perangkat mobile berbasis prosesor Intel Core dan Intel Atom. Hal itu memungkinkan developer membangun varian dari aplikasi dan game mereka untuk prosesor ARM dan x86 tanpa banyak kesulitan. Sebagai langkah awal, Unity akan menyediakan versi beta Unity 4 pada Oktober 2014 mendatang, dan update serupa untuk Unity 5 bakal bergulir pada November 2014.

Dengan tambahan dukungan Unity 3D, Intel bisa dikatakan mendapatkan tambahan dukungan dari hampir 3 juta developer Unity yang kini bisa membuat produk mereka secara langsung ke jenis silikon yang digunakan Intel. Dengan Intel yang akhir-akhir ini terus berjuang keras dalam mempertahankan posisinya di tengah persaingan chipset mobile, hingga mereka bisa mendapat rekan yang pas dengan Asus melalui seri Zenfone-nya yang cukup sukses di pasaran karena harganya yang murah (atau karena chipset Intel yang dibundling murah untuk menekan harga jual Zenfone?). Chipset terbaru Intel pun terus berkembang, dan kinerjanya bisa mengekor Qualcomm serta nVidia.

Namun meskipun Intel sebagai produsen chipset tersebut mampu mendongkrak kemampuan prosesor mereka, tidak dengan para developer game yang sepertinya lebih nyaman dengan kemudahan port untuk arsitektur chipset lainnya yang sudah jelas banyak penggunanya. Kini dengan Intel didukung Unity, dan kenyataan bahwa mayoritas game mobile menggunakan Unity 3D, jelas akan mempermudah developer langsung merilis game tersebut agar bisa dijalankan di prosesor Intel. 

Unite 2014 – Keynote

Intel Atom Dapatkan Unity 3D, Siap Dapatkan Dukungan Lebih Banyak Mobile Game

Chipset Intel akan makin diterima sebagai salah satu pilihan chipset mobile, karena kemarin Unity Technology mengumumkan rencana kolaborasi dengan Intel, dan menambahkan dukungan prosesor x86 untuk Unity 3D.

Abaikan

Sumber: Marketwire, Intel


SHARE
Previous article3 Alasan Untuk Mengisi Liburan di Acara Akhir Pekan @ Museum Nasional
Next articleSatu Lagi Game Assassin’s Creed akan Hadir Tahun Ini Selain Unity dan Rogue
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.