Mari Stalking Rumah Gebetan Dengan Google Streetview

google_auto_street_view_ba1_google

Akhir-akhir ini sedang ramai di timeline jejaring sosial saya mengenai fitur Google Maps yang mungkin sudah agak lama sebenarnya, tetapi saya sendiri baru menjajalnya dalam waktu dekat ini, yakni Streetview. Streetview adalah fitur yang memungkinkan kalian mengamati secara virtual jalan-jalan yang ada dikota-kota kalian. Terkadang kalian bahkan bisa menulusuri gang-gang yang mungkin saja ada rumah dari kerabat teman-teman. Jadi sebenarnya bagaimana kah cara kerja Streetview?

Tentu saja sebelumnya, mari kita lihat tampilan awal dari Google Maps. Dalam contoh saya memasukkan Surabaya untuk ditampilkan.

surabaya

Di bagian kiri atas terlihat tiga gambar dengan masing-masing terdapat label Photo Tours, Photo, dan Street View. Kalian tinggal menekan Streetview untuk langsung masuk mode ini. Sayangnya kalau tidak muncul pilihan Street View, berarti Google belum mengambil foto untuk daerah tersebut. Untuk awal ini, saya ingin mencari rumah singgah saya di Surabaya, maka saya masukkan nama jalan di kolom pencarian lalu masuk Street View. Tada! Saya sudah sampai.

2

Berhubung banyak yang mem-pos pencarian ini di jejaring sosial, mungkin langkah selanjutnya bisa ‘pamer’ foto rumah kalian (kalau dilewati, kebetulan kediaman sementara saya tidak terlewati) di halaman sosial pribadi masing-masing. Dari beberapa yang saya lihat sendiri, banyak yang berkomentar bahwa Google telah berhasil melanggar privasi orang. Saya pribadi mungkin lebih netral, ya untuk sekedar mempopulerkan tren pamer rumah sekaligus jalan-jalan ke luar negeri. Yup, kalian bisa berjalan-jalan murah meriah dengan Street View. Sebagian kota besar bisa diamati dan kita terasa berjalan-jalan di sana lho. Cukup tekan di mouse ke arah-arah yang ingin kita lalui, maka Street View akan melangkah jauh dari posisi kita awal semula menuju yang kita pilih. Foto selanjutnya saya sedang mengintip gerbang Tokyo University dan Freedom Tower di USA.

Gerbang Tokyo University
Gerbang Tokyo University

Tampilan besar adalah Freedom Tower di tahun 2013 dan di kotak kecil sebelah kirinya diambil tahun 2014

Tampilan besar adalah Freedom Tower di tahun 2013 dan di kotak kecil sebelah kirinya diambil tahun 2014

 Jadi bagaimana dengan teman-teman? Apakah sudah mencari rumah kalian di Google? Atau mungkin mencari alamat dari gebetan baru kalian? Sudahkah dipamerkan di media sosial kesayangan?


SHARE
Previous article50 Episode Anime Tenchi Muyo Siap Rilis Oktober
Next article6 Mainan Doraemon Siap Menemanimu Bersantap Happy Meal!
Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.