LG G3 Stylus Dikonfirmasikan. Bukan Versi Chubby LG G3, dan Jelas Bukan Rival Galaxy Note 4

LG-G3-Stylush-1

Sebelumnya LG sempat kecolongan karena video promosi yang mereka siapkan untuk event IFA 2014 awal September 2014 nanti bocor. Di salah satu bagiannya tampil satu Android mereka yang belum resmi dikonfirmasikan, yaitu LG G3 Stylus. Melihat dimensi tubuhnya, dan stylus built-in, banyak yang menduga jika benar spesifikasinya sekadar LG G3 yang diperbesar, akan sangat cocok disandingkan sebagai rival Galaxy Note 4. Namun ternyata dugaan tersebut salah, dan G3 Stylus tidak lebih dari kloning lain dari LG G3, yang sekali lagi juga menderita penurunan kelas.

LG memang ingin mengeksploitasi kesuksesan tubuh seksi LG G3 dengan mengkloningnya menjadi banyak tipe lain untuk mengisi semua kelas. Ya, sepertinya LG belajar banyak dari Samsung untuk yang satu ini, dan membawa desain serta interface dan software yang mereka kenalkan melalui G3 ke tipe lainnya, sampai tipe yang menyasar kelas menengah. Mulai dengan kloning LG G3 tipe tertingginya, LG G3 Cat 6 yang sejauh ini eksklusif Korea, atau G3 Beat (disebut G3 S di Eropa) yang menjadi solusi mereka pencari fitur fokus laser dengan harga lebih murah, atau bisa juga mencari G3 A yang juga hanya tersedia di Korea (pada dasarnya spesifikasi G2 dengan kostum G3). Dan terakhir, G3 Stylus juga sama, kalian akan melihatnya sekadar G3 yan diperbesar badannya, diturunkan spesifikasinya, serta mendapatkan stylus yang layak memasukkannya ke ranah phablet. Dengan kata lain, ini adalah penerus LG G Pro Lite, Android berlayar 5.5-inchi berbadan bongsor yang tahun lalu dipasarkan dengan harga 3 jutaan oleh LG.

LG-G3-Stylush-2

G3 Stylush mengajukan chipset dengan prosesor quad-core 1.3 GHz, sedikit lebih tinggi dibandingkan G3 Beat, 1 GB RAM, 8 GB internal storage, layar 5.5-inchi dengan resolusi qHD alias 540 x 960-pixel (yang akan bermasalah karena kerapatan pixel-nya pasti terlalu rendah, dan bisa terlihat jelas pixel-nya oleh mata kita), kamera utama 13-megapixel seperti G3, namun tanpa sistem Laser Autofocus, kamera depan 1.3-megapixel seperti G3 Beat, dan baterainya 3,000-mAh seperti G3. Perhatikan perbandingkan antara G3, G3 Beat dan G3 Stylus di bawah.

LG-G3-Stylush-4

Stylus-nya sendiri tampaknya juga sama seperti yang diterapkan pada G Pro Lite. Jadi kalian jangan berharap di layarnya ada lapisan digitizer yang sensitif merespon tekanan yang diberikan melalui tombol seperti pada S-Pen-nya keluarga Galaxy Note, atau bahkan semacam teknologi yang diterapkan nVidia melalui tablet terbarunya, yaitu DirectStylus — memaksimalkan GPU dari chipset Tegra 4 dan memungkinkan gadget ber-DirectStylus bisa menganalisa data dari sensor sentuhan, entah itu sentuhan ujung stylus, jari, penghapus atau telapak tangan (sehingga kita bisa menulis pada layar menggunakan ujung kecil pada stylus, dan ujung sisi lainnya yang lebih lebar dan bahannya berbeda, bisa digunakan untuk menghapus tulisan tersebut).

LG-G3-Stylush-3

Awalnya banyak yang menduga G3 Stylus adalah jawaban LG untuk Galaxy Note 4. Namun ternyata bukan, kelas mereka berbeda jauh, apalagi phablet Samsung dirumorkan juga mengimplementasikan teknologi stylus baru yang menggunakan gelombang ultrasonik. LG sendiri menyebut stylus mereka Rubberdium, yang pada dasarnya juga sama seperti stylus capacitive berujung karet yang bisa kalian beli di toko-toko aksesoris gadget. Stylus ini dipaketkan langsung bersama G3 Stylus, dan sudah disediakan silo khusus untuk menyimpannya yang bisa diakses dari sisi kanan-atas. Menggunakan stylus tersebut, setidaknya aplikasi bawaan interface LG, seperti QuickMemo bisa lebih berguna karena kalian bebas menggambar di kanvas virtual tersebut menggunakan stylus tersebut. Selain itu, G3 Stylus juga mendapatkan beragam gimmick software khas LG G3, seperti Dual Window, Knock Code, Smart Keyboard, dan juga mode pemotretan yang mempermudah melakukan selfie, Gesture Shot.

LG G3 Stylus yang akan didemokan selama IFA 2014 ini nanti bakal dijual pertama kali di Brasil bulan depan, dan diikuti negara Asia, Timur Tengah, Afrika dan negara-negara yang mencakup wilayah CIS.

Spesifikasi LG G3 Stylus

  • Chipset: 1.3 GHz Quad-Core
  • Display: 5.5-inch qHD IPS (960 x 540)
  • Memory: 8 GB / 1 GB RAM / MicroSD slot
  • Camera: Rear 13MP / Front 1.3MP
  • Battery: 3,000mAh (removable)
  • Operating System: Android 4.4.2 KitKat
  • Size: 149.3 x 75.9 x 10.2mm
  • Weight: 163g
  • Network: 3G
  • Colors: Black / White / Gold
  • Other: Stylus Pen

Sumber: LG Mobile


SHARE
Previous articleSTGCC 2014: Lenneth XVII, Cosplayer yang Tidak Mementingkan Gender
Next articleLyto Membuka Kesempatan untuk Para Gamers Menjadi Volunteer di LYTO Game Festival (LGF) 2014
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.