Main Air Es Tanpa Basah ala Komikus dan Animator Indonesia!

alsa_logo1

Demam “mandi air es” lewat tantangan ALS Ice Bucket Challenge semakin mewabah di Indonesia. Dari selebriti hingga CEO perusahaan papan atas sudah merasakan dinginnya diguyur air es untuk kegiatan amal ini. Rupanya bukan cuma tokoh-tokoh dunia nyata saja yang mendapat dan menjawab tantangan ini, melainkan juga beberapa tokoh fiktif, baik dari game, komik maupun animasi. Contohnya beberapa hari lalu, kami sudah menuliskan dua karakter game dari Warframe dan Destiny sudah mendapatkan giliran menjawab tantangan ALS Ice Bucket Challenge.

Kali ini, giliran karakter-karakter fiktif dari dalam negeri yang menjawab tantangan tersebut lewat Ice Bucket Characters. Ide dari Ice Bucket Characters untuk para karakter fiktif Indonesia ini datang dari dua orang, yaitu Haryadhi dari KOSTUM (Komik Strip untuk Umum) dan Chandra Wijaya Setiawan, Associate Product Manager dari Jotter Production. “Awalnya saya dan mas Haryadhi ngobrol iseng, pengen bikin Ice Bucket Challenge untuk karakter yang terinspirasi dari komunitas tetangga,” ungkap Chandra saat dihubungi oleh Duniaku. “Kebetulan saya kan ikutan komunitas Line Sticker Creator Thailand. Mereka disana sudah rame bikin Ice Bucket Challenge antar karakter buatan mereka,” lanjutnya.

Sampai saat ini, sudah ada beberapa karakter dari komik dan animasi yang sudah mengikuti Ice Bucket Challenge ini baik dengan video maupun komik kocak, seperti PiPoYa, Roco the Crocodile, dan Si Juki. “Kalau dari urutan publish, mas Haryadhi duluan yg publish,” ungkap Chandra mengomentari siapa yang awalnya “menyulut” tantangan Ice Bucket Challenge ini di kalangan karakter fiktif. Berikut ini adalah beberapa komik dan video-nya.

KOSTUM

duniaku-kostum-1

PiPoYa

Main Air Es Tanpa Basah ala Komikus dan Animator Indonesia!

Para animator dan komikus Indonesia mengikuti Ice Bucket Challenge tanpa harus basah dan kedinginan lewat Ice Bucket Character. Simak komik dan animasi lucu hasil karya mereka di dalam!

Abaikan

Roco the Crocodile

duniaku-roco-1

Tuti (Tuti and Friends)

duniaku-tuti-1Kyuri (Tuti and Friends)

duniaku-kyuri-1

Si Juki

duniaku-juki-1

Lucu-lucu dan kreatif ya para komikus dan animator kita dalam membuat Ice Bucket Character ini! :D

Seperti yang sudah kami tuliskan sebelumnya, kegiatan ini pertama kali dicetuskan oleh ALS Association untuk meningkatkan awareness sembari mengumpulkan sumbangan sukarela dan menarik dukungan publik terhadap penyakit  ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis), atau juga dikenal dengan Lou Gehrig’s disease. Tantangannya pun cukup unik, dimana Pete Frates, Advocate dari ALS menantang sukarelawan untuk menyiram air es satu ember penuh di atas kepalanya. Agar lebih seru, sukarelawan yang sudah menerima tantangan tersebut diharuskan me-mention tiga orang lainnya agar melakukan hal yang serupa.

Orang (atau karakter fiksi dalam Ice Bucket Character)yang mendapatkan mention, harus melakukan tantangan serupa dalam jangka waktu 24 jam, dan me-mention tiga orang lain untuk melanjutkan tantangan tersebut, begitu seterusnya. Bagi yang tidak melakukan tantangan setelah mendapatkan mention, bisa memberikan sumbangan kepada ALS. Tetapi bagi yang sudah menyelesaikan tantangan, boleh juga kok ikut memberikan sumbangan. Dalam Ice Bucket Character ini, komikus dan animator tidak perlu basah-basahan dan kedinginan, tapi sebagai gantinya mereka mendapatkan tugas ekstra untuk menggambar komik dan membuat animasi pendek ini. :D

Kira-kira, siapa lagi ya tokoh fiktif yang akan muncul dalam komik dan video lucu Ice Bucket Character ini? Kita tunggu saja!


SHARE
Previous articleCosplayer Setengah Telanjang Ini Ternyata Adalah Yoshi Sudarso!
Next articleDesire 510 Menjadi Smartphone 64-bit Pertama HTC, Juga Bisa Berjalan di Jalur 4G
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.