TGS 2014: Jepang Kedatangan “Mesin Uap” Dari Alienware

TGS-2014-Alienware-Alpha-1

Redaksi Duniaku juga mendapatkan press release lainnya dari Tokyo Game Show 2014. Sebelumnya produk yang cocok untuk para gamer hardcore, dan kali ini tidak jauh beranjak dari cakupan core gamer. Setidaknya, tidak terlalu berbau Jepang, karena namanya jelas dari Barat.

Adalah Alienware, salah satu produsen PC gaming yang juga merupakan anak perusahaan Dell, memanfaatkan ajang TGS 2014 di Tokyo untuk mengenalkan lebih jauh konsol game Steam Machine mereka. Sebelumnya kita sudah mengetahui ketika varian Steam Machine diungkapkan Valve awal tahun ini, bahwa Alienware menjadi salah satu yang akan berkontribusi mendukung platform tersebut. Namun saat itu belum ketahuan seperti apa modelnya. Baru ketika E3 2014 berlangsung Juni 2014 kemarin, Alienware membawa seperti apa desain final dari Alienware Alpha tersebut. Sedangkan kesempatan kedua di event Internasional, dipilih selama TGS 2014, dan kali ini pihak Alienware akan menampilkannya dengan lebih besar.

TGS-2014-Alienware-Alpha-2

Menurut press release-nya, selama event user bisa mengakses hingga 500 game (Steam) melalui Alpha, mulai dari yang berkelas indie hingga game blockbuster dari developer besar. Game-game tersebut dibuat playable dimainkan selama TGS  bulan depan. Kemudian untuk pre-order konsol game khusus game-gamenya Steam tersebut akan mulai dibuka di wilayah Jepang melalui Amazon.co.jp. Belum diketahui berapa harganya untuk wilayah Jepang dan kapan akan dirilis. Namun menurut website resmi mereka, Alpha akan ditawarkan dengan konfigurasi hardware yang berbeda, mulai dari US $549 yang termurah dengan 4th Generation Intel Core i3 Processor dan RAM 4 GB, hingga US $899 dengan 4th Generation Intel Core i7 Processor serta RAM 8 GB. Dell sendiri akan mulai mengirimkannya kepada setiap pemesan awal mulai akhir November 2014 mendatang.

Valve sebagai penyedia Steam OS, dan juga pencipta platform Steam Machine sebenarnya mengalami keterlambatan memenuhi target tahun 2014 ini menyiapkan OS mereka. Steam OS dan juga Steam Controller baru siap awal tahun 2015 mendatang. Keadaan itu membuat Alienware yang justru lebih cepat dari Valve, memutuskan merilis Steam Machine mereka, Alpha tetap sesuai jadwal selama liburan akhir tahun nanti. Sebagai ganti kontrolernya yang belum siap, mereka akan memaketkan setiap pembelian Alpha dengan satu kontroler wireless Xbox 360. Toh sudah banyak game Steam dan PC yang mendukung kontroler dari Microsoft tersebut. Kemudian untuk OS-nya, Alienware memilih meluncurkan PC berkedok mesin game tersebut dengan Windows 8.1 yang di-custom. Kita lihat saja selama TGS 2014 nanti, bagaimana respon publik Jepang untuk “konsol baru” keluarga platform Steam Machine, yang sudah digadang-gadang mampu mengganggu kelangsungan hidup konsol game sejati seperti PlayStation 4 dan Xbox One.

TGS-2014-Alienware-Alpha-3

Tokyo Game Show akan kembali berlangsung tahun ini pada tanggal 18 hingga 21 September 2014 mendatang. Seperti tahun lalu, Duniaku kembali mendapat kehormatan menjadi salah satu media resmi Tokyo Game Show 2014, dan kami akan melaporkan salah satu event game bergengsi tersebut langsung dari Makuhari Messe.

Sumber: Press Release, Official Site


SHARE
Previous articleTGS 2014: Ultimate Game Environment for Winter
Next articleEvent Lucky Code dalam Roadshow Swordsman Online Indonesia Berhadiah Motor!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.