Menunggu Sensasi Satu Jam Berebut “Siomai” Seharga 1,5 Juta!

Redmi-1S-1

Seperti yang sudah kami ulas sebelumnya, Indonesia menjadi salah satu negara target go internasional produsen smartphone Android asal Tiongkok, Xiaomi. Dan juga sudah dipastikan sejak Juli lalu jika dua tipe terlarisnya, Redmi 1S serta Redmi Note yang akan dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Hugo Barra, Vice President of International Xiaomi yang datang langsung ke Indonesia memastikan kemulusan akses kedua smartphone fenomenal Tiongkok tersebut melanggeng mudah di negara kita. Dan seperi sistem penjualannya di negara asalnya, Xiaomi lebih suka memasarkannya secara online, dimana kalian mendaftar di web mereka, dan ketika persediaan sudah siap untuk dijual, kalian tinggal memesannya langsung melalui website resminya, atau reseller yang ditunjuk. Kerjasama dengan ecommerce lokal tersebut sepertinya menjadi salah satu regulasi yang ditetapkan pemerintah Indonesia, karena biasanya Xiaomi menjualnya langsung melalui situs resminya.

Redmi-1S-4

Namun hingga detik ini, sejak sertifikat penjualannya disahkan oleh Postel Indonesia awal Juni 2014 lalu, belum ada tanda-tanda situs resmi Xiaomi Indonesia menawarkan smartphone mereka, sehingga kami pun memperkirakan jika Xiaomi, seperti halnya Motorola Moto G dan Huawei Honor 3C, akan memilih bekerjasama dengan ecommerce lokal untuk menekan harga penjualan (dengan cara memangkas rantai distribusi).

Redmi-1S-5

Hasilnya, kemarin mendapatkan kabar ternyata ecommerce yang menawarkannya tidak lain sama seperti yang menjual eksklusif Motorola Moto G dan Huawei Honor 3C, yaitu Lazada. Batch awal yang ditawarkan adalah Xiaomi Redmi 1S. Dan harganya tidak tanggung-tanggung “merusak pasaran” Android yang harganya 1 hingga 2 jutaan lebih mahal. Redmi 1S resmi akan dijual dengan harga hanya Rp. 1,499,000 saja! Bandingkan dengan harga Redmi 1S yang sejak awal dijual di Singapura pertengahan Februari 2014 lalu masih bertengger di harga Rp. 1,6 juta. Padahal Xiaomi Indonesia pun langsung menawarkan Redmi 1S versi upgrade dengan prosesor Snapdragon 400, prosesor quad-core Cortex-A7 1.6 GHz, GPU Adreno 305 dan 8 GB storage (sebelumnya MediaTek 6589 Turbo 1.5GHz quad-core, GPU PowerVR SGX544 dan storage 4 GB).

Redmi-1S-6

Lazada tidsak menyebutkan apakah harga Rp. 1,5 juta tersebut harga promo, namun yang jelas harga tersebut lebih murah dari versi Singapura dan Malaysia, yang ditawarkan Rp. 1,6 juta, meskipun lebih mahal dari versi India yang hanya Rp. 1,150 juta saja!

Dengan harga tersebut, kita bisa berasumsi jika Redmi Note, sebuah smartphone dengan prosesor octa-core MediaTek MT6592 yang juga akan dibawa masuk resmi ke Indonesia harganya pun tidak akan lebih, atau sedikit di atas Rp. 2 jutaan saja.

Redmi-1S-7

Dan yang makin membuat penulis antusias, harga tersebut jelas akan “mengganggu harga” smartphone lain yang spesifikasinya sekelas dengannya, dan bahkan yang harganya jauh berada di atasnya. Apalagi pamor Xiaomi yang terus meningkat, di Tiongkok pun pangsa pasarnya berhasil menggeser Samsung dan Apple. Tinggal menunggu waktu sampai produsen lain mempertimbangkan standar harga mereka agar setara dengan Xiaomi.

Berikut penampakannya. gan! Xiaomi dengan garansi distributor yang sudah bermunculan sejak 2 minggu lalu!
Berikut penampakannya. gan! Xiaomi dengan garansi distributor yang sudah bermunculan sejak 2 minggu lalu!

Terkuaknya harga resmi Xiaomi ini sekaligus juga akan membuat para distributor dan importir lokal lainnya ketar-ketir. Ketika kedua Redmi tersebut pertama kali dipasarkan di Tiongkok, atau setidaknya di negara terdekat Singapura dan Malaysia, di Indonesia pun sudah banyak yang menawarkannya melalui jalur tidak resmi. Harganya pun terdongkrak naik. Redmi 1S bisa mencapai 3 jutaan, dan Redmi Note 4 jutaan, meskipun perlahan turun di rentang 2,3 serta 3,3 jutaan. Bahkan sejak dua minggu yang lalu, penulis sudah mendapati banyak Xiaomi berserakan di pusat perdagangan HP Jakarta dan Surabaya, dan mengaku sudah dilabeli garansi resmi (dari distributor), ada kartu dan alamat service center untuk meyakinkan konsumen. Namun ketika diamati bagian dusnya, ternyata label di sana jelas menunjukkan produk yang dipasarkan di Tiongkok, Malaysia atau Singapura, bahkan tanpa dilengkapi stiker Postel Indonesia (biasanya ada label DJPT di dusnya). Harganya justru sedikit lebih murah dari yang ditawarkan importir individu, sekitar Rp. 2,1 untuk Redmi 1S dan 2,7 untuk Redmi Note. Sedangkan Redmi 1S resmi Xiaomi yang dijual melalui Lazada ini, juga sudah didukung dengan jaringan service center di banyak kota besar Indonesia, yang bisa kalian unduh alamatnya dari tautan berikut.

Redmi-1S-9

Meskipun sudah diberi embel-embel garansi, namun tetap saja lebih tinggi dari standar harga yang ditetapkan Xiaomi. Dan dengan mulai dibukanya masa pendaftaran untuk pemesanan online Redmi yang memang resmi dari Xiaomi di Lazada, dengan harga yang memang sudah sesuai standar Xiaomi, penulis sendiri berharap harga tersebut akan direvisi nantinya. Karena penulis yakin, seperti pemesanan online Xiaomi di negara lainnya, jumlah yang ditawarkan selama pemesanan online yang bisa kalian lakukan di website Lazada tidak begitu banyak, dan bisa saja langsung ludes hanya dalam hitungan menit ketika dijual 4 September mendatang (Lazada sendiri memberi kesempatan pembelian Redmi 1S selama 1 jam saja, dari jam 11-12 siang!).

Redmi-1S-10

Selama 1 jam saja, waktu yang diberikan untuk memperebutkan Xiaomi (atau, yang oleh komunitas penggemarnya di Indonesia juga sering disebut sebagai “siomai”). Apakah kalian siap rebutan Siomai, ups… salah, Xiaomi?

Spesifikasi Xiaomi Redmi 1S

  • Network: GSM 3G WCDMA (SIM 1), 2G EDGE (SIM 2)
  • Processor: Qualcomm MSM8228 Snapdragon 400, quad-core Cortex-A7 1.g GH
  • GPU: Qualcomm Adreno 305
  • Display: 4.7-inch HD IPS (720 x 1280), kerapatan 312 ppi, dilindungi Corning Gorilla Glass 2
  • RAM: 1GB DDR2 RAM
  • Storage:  8GB  eMMC ROM, bisa ditambah melalui slot microSD hingga 64 GB
  • Battery: 2,000-mAh
  • Operating System: MIUI, berbasis Android 4.3 (Jelly Bean)
  • Camera: Main (Rear): 8.0-megapixel dengan bukaan lensa ƒ/2.2 aperture, lensa 28mm wide angle, sensor 1.4ųm yang besar, dan ada 5 lapisan lensa elemen. Kamera secondary (Front) 1.3-megapixel
  • Communication: Bluetooth (BT 4.0) / USB / WiFi (802.11 a/b/g) / micro USB dengan USB OTG
  • Dimensions: 137 x 69 x 9.9 mm dan berat 158 gram
  • Colors: White, Black
  • Other: Kamera merekam video full HD 1080p, audio Dirac yang mampu beradaptasi dengan tipe headset yang kamu gunakan, antar muka MIUI yang kaya fitur dan begitu dalam polesan software-nya (plus ribuan theme untuk menghiasainya)

Redmi-1S-2 Redmi-1S-3

Sumber: Xiaomi Indonesia, Lazada


SHARE
Previous articleApa Jadinya Pokemon di Tangan Pengembang Tekken?
Next articlePara Pokemon Juga Ikut Beradu Skill dalam Arena Dota 2!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.