Para Pokemon Juga Ikut Beradu Skill dalam Arena Dota 2!

duniaku-dotamon-1

Kamu tidak salah membaca judul di atas. Ya, sebentar lagi para keluarga Pokemon akan ikut juga bertanding di arena Dota 2. Apakah Valve sudah bekerja sama dengan The Pokemon Company untuk menghadirkan para Pokemon ini untuk bersanding dengan Tidehunter, Tiny, Sven dan yang lainnya dalam Dota 2? Ternyata tidak!

duniaku-dotamon-2

Berbeda dengan Pokken Tournament yang merupakan kerja sama resmi, DotaMon adalah sebuah mod baru yang kini tengah dikembangkan oleh salah satu modder Dota 2 yang memiliki akun reddit bernama Sma11P1ays. Lewat mod ini, nantinya kamu bukan memainkan Pokemon sebagai salah satu hero, melainkan memainkan sebuah gameplay ala Pokemon yang berbeda dengan gameplay standar MOBA ala Dota. Cara kerja gameplay-nya seperti ini. Terdapat dua tim yang terdiri dari masing-masing lima pemain, sama seperti pertandingan Dota 2 standar. Setiap pemain mengontrol seorang trainer (atau hero) yang memiliki 6 kemampuan yang bisa dikustomisasi, dimana mereka bisa menggunakan kemampuan-kemampuan tersebut untuk menangkap, men-summon atau menggunakan Pokemon (atau disebut dengan DotaMon dalam mod ini) mereka untuk bertarung melawan trainer lain.

duniaku-dotamon-3

Sang modder sendiri mengaku, bahwa dirinya ingin menghadirkan sekitar 151 Pokemon dalam mod DotaMon ini yang bisa ditangkap dan digunakan untuk bertanding. DotaMon memiliki kemampuan untuk mengakses empat kemampuan aktif dan satu kemampuan pasif. Kamu akan menemukan banyak DotaMon bertebaran di map dengan level awal yang bervariasi, mulai dari level 1 hingga level 7. Kamu sendiri bisa menaikkan level mereka hingga maksimal 10. Semakin lama game berjalan, maka level awal dari DotaMon yang bisa kamu tangkap akan semakin tinggi pula. DotaMon juga bisa berevolusi di beberapa level tertentu dengan menggunakan elemental stone yang berbeda-beda. Meskipun ada dua trainer yang memiliki DotaMon sama, namun statistik dan kemampuan dari keduanya tidak akan bisa sama persis.

duniaku-dotamon-4

Mod ini diakui sudah selesai 95%, baik secara gameplay maupun dari segi map yang akan dihadirkan. Bahkan, sang modder sudah mengimplementasikan seluruh 151 DotaMon dalam mod ini. Namun, mod ini sendiri belum sempat diluncurkan di Steam Workshop karena sang modder masih terkendala dalam hal coding untuk masing-masing skill DotaMon yang jumlahnya memang tidak sedikit ini. Bayangkan saja, ada 151 DotaMon, masing-masing memiliki empat kemampuan aktif dan satu kemampuan pasif yang bisa beraneka ragam. Tentu modder harus menyiapkan lebih dari 1000 coding berbeda untuk keperluan ini.

duniaku-dotamon-5

Tertarik untuk mengikuti perkembangan dan bertanya apapun mengenai mod ini? Kamu bisa menyimak halaman Reddit resmi dari DotaMon. DotaMon ini menjadi satu mod kreatif lain dari para modder, setelah sebelumnya ada seorang modder yang “mencampur” League of Legends ke dalam Dota 2 lewat sebuah mod bernama Defence of the Legends.

[Sumber: Kotaku/Reddit]


SHARE
Previous articleMenunggu Sensasi Satu Jam Berebut “Siomai” Seharga 1,5 Juta!
Next articleHello Kitty Bukan Kucing. My Whole Childhood Was a Lie!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.